MENU
icon label
image label
blacklogo

Musk Tegaskan Tesla dan Ford Jadi Produsen Mobil AS Anti Bangkrut

MAR 09, 2021@11:00 WIB | 339 Views

Menciptakan perusahaan mobil yang sukses tidaklah mudah dan ini adalah sesuatu yang sangat dipahami oleh kepala eksekutif Tesla Elon Musk. Dia juga tahu betapa jarangnya para pembuat mobil menghindari kebangkrutan. Mengambil dari Twitter akhir pekan lalu, Musk memberi tahu 48 juta pengikutnya bahwa Tesla dan Ford adalah satu-satunya produsen mobil Amerika yang belum bangkrut setidaknya selama ada keberadaan mereka. Menurut Musk, "prototipe itu mudah, produksi sulit & arus kas positif itu menyiksa." Kepala eksekutif Ford Jim Farley dengan cepat menanggapi Musk di Twitter, hanya dengan menyatakan "Hormat".

Musk menambahkan bahwa berminggu-minggu kerja panjang dari dirinya dan karyawan menyelamatkan Tesla agar tidak berakhir seperti kebanyakan pembuat mobil lain di AS. Pengusaha yang blak-blakan pertama kali mengungkapkan pada November 2020 bahwa Tesla hanya sebulan lagi dari kebangkrutan karena berusaha memasukkan Model 3 ke dalam massa produksi. Terlebih lagi, perusahaan mengalami kesulitan lagi dengan kebangkrutan pada tahun 2008 tetapi diselamatkan setelah mendapatkan dana $ 40 juta (Rp 577 miliar) dari investor.

“Saya memasukkan uang terakhir saya, meskipun saya pikir kami masih akan gagal. Tapi, entah itu atau kematian pasti untuk Tesla. Sangat sulit untuk mengumpulkan uang untuk memulai mobil listrik (dianggap sangat unik saat itu), sementara pendukung seperti GM & Chrysler bangkrut,” kata Musk saat itu. Maju cepat ke awal 2021 dan Elon Musk tertawa sampai ke bank dengan kekayaan bersih sekitar $ 156,9 miliar (sekitar Rp 2.263 triliun), menjadikannya orang terkaya kedua di dunia setelah Jeff Bezos dari Amazon. [ibd/timBX]

Tags :

#
elon musk,
#
tesla,
#
ford