MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Toyota Vios Custom Coupe, The One and Only in Indonesia

NOV 28, 2023@12:00 WIB | 2,124 Views

Skena modifikasi memang tak pernah berhenti berinovasi, baik dalam konsep atau hingga eksekusi. Termasuk para pelaku modifikasi di Tanah Air tercinta Indonesia ini.

Salah satunya adalah bro Eko, owner dari Toyota Vios gen 1 yang kami bahas detail dalam Drive IT Youtube BlackXperience ini. Ya, kami katakan doi antimainstream.

Bayangin deh, Toyota Vios yang lo tau Blackpals atau sekedar lo sering temuin di jalanan ya berbentuk sedan dengan empat pintu penumpang. Nah Mobil bro Eko satu ini gokil, ya sedan yang terkenal irit dan bermesin badak ini dimodifikasi jadi coupe alias hanya dua pintu penumpang.

"Ide gue modif Vios ini jadi dua pintu tuh pengen modif yang ekstrem, tapi tetap proper untuk dipakai. Memang awalnya enggak senyebur ini, dapet saran dan diskusi sama temen coba yuk bikin Vios coupe alias pintu dua yang selama ini belum ada," tutur bro Eko mengungkapkan latar belakang konsep modif gokilnya ini.

Setelah konsep matang terencana, tentunya eksekusi pun dimulai. Bukan perkara waktu sebentar, bro Eko benar-benar ikut terjun langsung dalam proses modifikasinya ini.

Yang paling pertama dilakoni tentu mengcustom body, khususnya sektor pintu dan pilar b dan c yang tersentuh custom dan ditarik mundur.

"Untuk body gue custom abis, dan bagian pilar b dan c gue geser. Jadi tadinya ini empat pintu, gue bikin empat pintu. Pintu depan gue panjangin sekitar 30cm, pakai bahan mobil eks asuransi,"tambah cowok yang juga hobi utak atik motor ini.

Bukan hanya itu Blackpals, badan Toyota Vios generasi awal atau gen satu ini juga dibuat gambot dengan sentuhan widebody dan bodykit custom yang terinspirasi dari BMW M3. Untuk membuat tampilan kian eye cacthing, atap pun terpasang sunroof dan sekujur body dibalut kelir burgundy.

Tak puas hanya bagian body saja, bro Eko juga total nih terbukti setup undercarriage ikut dibuat 'hedon'. Mulai dari pemasangan air suspension, BBK dan pasokan velg terbilang rare.

"Balik lagi kekonsep awal, gue mau ekstrem. Makanya kaki-kaki gue total juga, pakai air suspension dua titik terus rem pakai BBK Brembo enam titik. Velg pakai Varrstoen Staggered ES9 ring 18 lebar 9,5-10,5,"selorohnya tim BX temui di Bekasi, Jawa Barat.

Dengan kondisi full custom body kayak gini Blackpals, tim BX yakin urusan performance enggak bakal dibiarkan standart. Tentunya bobot mobil akan jauh lebih berat, dikombo dengan velg berukuran gambot yang tentu menguras tenaga saat berakselerasi apalagi mobil ini bertransmisi automatic.

Namun bro Eko enggak pusing dan punya jalan keluarnya, langsung saja ia melakukan upgrade performa. Mesin original 1NZ-FE ini pun dicekoki dengan piston kit dari Toyota Camry berkapasitas 2.400cc.

"Pas mobil ini udah jadi kan otomatis jadi jauh lebih berat ya, waduh enggak ada larinya apalagi ini mobil matic. Akhirnya gue custom pasangin piston kit Camry 2.4, wah sekarang sih enak banget tenaganya,"tutup Eko.

Buat lo yang pastinya penasaran pengen lihat lebih detail, langsung aja cek di Drive IT Youtube BlackXperience, [Aziz/timBX].

Tags :

#
toyota vios,
#
modifikasi toyota vios,
#
custom coupe