MENU
icon label
image label
blacklogo

2024 Apple Car akan Diproduksi Dengan Teknologi Baterai Terbaru

DEC 23, 2020@21:30 WIB | 909 Views

Salah satu projek terbesar Apple yang sudah terdengar beberapa waktu lalu, sepertinya sudah terlihat titik terangnya. Menurut laporan terbaru dari Reuters, Apple dapat memulai produksi kendaraan listriknya pada 2024.

Kendaraan “Self-Driving” ini juga menyertakan teknologi baterai inovasi yang dapat mengurangi biaya baterai dan meningkatkan kemampuan jangkauan keseluruhan dari satu kali pengisian.

Desain baterai ‘monocell’ memungkinkan Apple dapat memasukan lebih banyak materi ke dalam produk sehingga mampu menempuh jarak lebih jauh tanpa perlu diisi ulang. Salah satu sumber mengatakan bahwa teknologi ini merupakan tingkatan yang berbeda, seperti pertama kali melihat iPhone.

Selain itu, Apple juga menjajaki kemungkinan menggunakan bahan kimia baterai lithium iron phosphate (LFP). Meskipun tidak sekeras jenis baterai lainnya, sel daya LFP tidak terlalu padan dan tidak memerlukan kobalt.

Mobil listrik ini kemungkinan juga akan dilengkapi beberapa sensor LiDAR untuk memahami lingkungan sekitarnya. Apple akan menggunakan kembali sensor LiDAR yang dibuat untuk iPhone 12 Pro dan iPad Pro.

Menurut laporan yang diberikan, Projek Titan yang didirikan pada 2014 belum banyak mengalami kemajuan, sementara terjadi penurunan pekerja sejak saat itu. Walau begitu, Apple dikabarkan sedang memproduksi kendaraan pribadi untuk pasar sangat kontras dengan saingannya Alphabet Inc’s Waymo, yang telah membuat robo-taxis untuk mengangkut penumpang dengan layanan tanpa pengemudi.

Dalam laporan juga mengabarkan rencana Apple untuk mengerahkan mitra manufaktur untuk membantunya merakit mobil daripada mendirikan pabrik mobilnya sendiri.

Apple akan memasuki industri yang lebih kompetitif, dimana pasar ini sudah dipimpin terlebih dahulu Tesla yang sudah berkecimpung sejak tiga tahun lalu.

Namun, sepertinya produksi ini dapat mengalami penundaan akibat pandemi hingga 2025. Dan memang belum tahu pasti mengenai seperti apa hasil dari mobil listrik dan tanggal perilisannya, tapi yang jelas Apple sedang mengerjakan beberapa jenis teknologi mobil listrik untuk perkembangan proyeknya. [geo/asl/timBX]

Tags :

#
apple car,
#
teknologi baterai terbaru,
#
teknologi baterai,
#
teknologi inovatif