MENU
icon label
image label
blacklogo

Microsoft Resmi Suntik Mati WordPad Setelah 30 Tahun Beroperasi

JAN 08, 2024@16:00 WIB | 649 Views

Microsoft akhirnya secara resmi menyuntik mati aplikasi editor teks WordPad. Aplikasi yang sudah hadir selama kurang lebih 30 tahunan ini sudah tidak tersedia lagi dalam update baru Windows 11 Insider Build 26020.

Melansir Gizmodo, Senin (8/1/2023), disebutkan bahwa selain tidak akan hadir di update Windows 11 selanjutnya, aplikasi ini tidak bisa di install ulang oleh pengguna. Microsoft menyebut bahwa WordPad sudah tidak mendapat update terbaru dalam beberapa tahun terakhir.

Memang sudah lama dugaan kalau WordPad bakal disuntik mati oleh Microsoft. Salah satu indikasinya adalah tidak adanya update mode gelap seperti kebanyakan aplikasi lainnya. Bahkan NotePad justru mendapat beberapa fitur baru seperti mode gelap, tab, notifikasi, hingga penyimpanan otomatis.

Setelah WordPad dipensiunkan, Microsoft sejatinya sudah menganjurkan penggunanya beralih ke format file teks lainnya. Diantaranya seperti .doc, .rtf, hingga Notepad untuk penggunaan format teks .txt.

Buat yang belum tahu, WordPad merupakan salah satu aplikasi legendaris yang dimiliki oleh Microsoft. Hadir pertama kali di tahun 1995, WordPad menggantikan posisi Microsoft Write. Fungsi WordPad sendiri mirip dengan Microsoft Word yang lebih berfokus pada mode edit teks dengan tampilan yang unik.

Selain WordPad, Microsoft sejatinya juga  menyuntik mati satu aplikasi lainnya yaitu Microsoft People. Microsoft melakukan hal tersebut karena sebagian besar fiturnya yang berkaitan dengan mengelola kontak akan dipindahkan ke aplikasi Microsoft Outlook. [edo/timBX]

Tags :

#
microsoft,
#
wordpad,
#
aplikasi,
#
teks,
#
windows 11