MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Kenali Sumber Bau Tidak Biasa pada Mobil Anda

MAR 11, 2018@14:00 WIB | 519 Views

Pernahkah Anda merasakan mobil anda mengeluarkan bau yang tidak biasa. Lalu bau tersebut tidak bisa Anda ketahui secara langsung.  Bau di mobil menyebabkan Anda merasa tidak nyaman dalam berkendara.

Langkah paling cepat mengatasinya adalah mencari-cari sumber bau tersebut. Jika tidak ditemukan, segera bawa ke bengkel terdekat, bila Anda mulai menyerah. Sebenarnya  kemungkinan bau berasal dari kondisi mobil seperti di bawah ini.

Masalah AC

Jika Anda menyalakan AC, kemudian tercium bau apek, bisa jadi AC mobil Anda berjamur. Jamur ini dihasilkan dari kelembaban yang menggumpal di evaporator. Selain itu, penyumbatan tabung pembuangan air AC, bisa masuk ke dalam mobil dan menetes di karpet mobil. Hal ini juga menyebabkan bau apek.

Masalah Kelistrikan

Pada kasus sistem kelistrikan, mungkin tercium bau gosong.  Itu bisa jadi ada korsleting listrik di mobil Anda. Memang tidak menyebabkan kebakaran langsung, namun komponen yang sudah terbakar bisa menyebabkan kerusakan yang lebih lanjut. Segera konsultasikan hal ini pada service center terpercaya.

Bau Tidak Sedap

Bau busuk  bisa disebabkan karena kemungkinan ada sisa makanan yang terselip di interior mobil. Coba cari dibawah mobil, karpet, atau di sela-sela bangku. Gunakan vakum, dan semprot dengan pembersih anti bakteri.

Bau Terbakar

Biasanya ini terjadi pada kopling yang panas. Penyebab kopling yang panas ini karena ketika mobil terjebak di kemacetan atau di jalan menanjak, pengemudi menekan kopling setengah, sehingga kopling menyentuh pressure plate. Seperti yang ini tidak perlu panik. Kuncinya anda hanya perlu memarkirkan mobil anda, sembari menunggu kopling dingin. [pram/timbx]

Tags :

#
auto tips,
#
sumber bau mobil