MENU
icon label
image label
blacklogo

Aki Soak, Begini Cara Melakukan Jumper Aki

JUN 28, 2022@20:00 WIB | 392 Views

Jumper aki mobil biasanya digunakan ketika aki mobil dalam keadaan soak agar mobil bisa dihidupkan kembali. Jumper aki aki yang bertugas untuk memberikan tenaga pada aki yang soak.

Agar aman dikala menggunakan jumper aki mobil, perhatikan langkah-langkah berikut ini ketika menggunakan jumper aki mobil:

1. Persiapkan peralatan jumper aki

Saat akan melakukan jumper aki, persiapkan dulu peralatan yang dibutuhkan. Peralatan ini biasanya terdiri dari kabel untuk menyambungkan jumper dengan aki mobil. Selain itu, agar jumper aki berjalan optimal, gunakan aki mobil dengan voltase yang lebih besar daripada aki mobil yang soak.

2. Matikan kelistrikan mobil

Sebelum melakukan jumper aki, sebisa mungkin usahakan seluruh sistem kelistrikan mobil dalam keadaan mati dengan cara mencabut kontak. Setelah dipastikan kelistrikan mobil dalam keadaan mati, jumper aki mobil sudah bisa dilakukan. Selain itu, pastikan bahwa aki jumper dan posisi mobil dalam berdekatan.

3. Sambungkan aki jumper dengan aki mobil yang soak

Setelah memastikan bahwa kelistrikan mobil sudah mati, hubungkan aki mobil jumper dan aki mobil yang soak menggunakan kabel jumper. Saat menghubungkan kabel jumper, ketahui mana yang kutub positif dan mana yang kutub negatif dari kedua aki yang tersambung ini. Jangan lupa untuk memastikan kabel jumper ini ditempatkan dengan baik di kedua aki.

4. Hidupkan mesin mobil

Hidupkan mesin mobil jumper setelah menyambungkan aki jumper dan aki mobil yang soak. Setelah mesin mobil jumper menyala, barulah nyalakan mesin mobil dengan aki soak. Tunggulah sampai arus listrik dari aki jumper mencapai aki yang soak. Jika aki mobil yang soak sudah bisa menyala kembali, berarti proses jumper aki bisa dikatakan berakhir.

5. Lepas kabel jumper

Setelah aki yang soak menyala, kabel jumper yang menghubungkan kedua aki sudah bisa dicabut. Cabutlah kabel kutub negatif yang terhubung ke aki soak terlebih dulu setelah itu cabut kabel kutub negatif aki jumper. Setelah itu, cabut kabel positif pada aki yang soak lalu pada aki jumper. [fdlh/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
auto tips,
#
aki,
#
jumper aki,
#
aki mobil