MENU
icon label
image label
blacklogo

Mobil Bergetar Saat Sedang Diam? Inilah Penyebab dan Cara Memperbaikinya

JUN 14, 2022@19:00 WIB | 160 Views

Saat menghidupkan kendaraan, mesin seharusnya berjalan dengan lancar dan tenang. Namun, setelah bertahun-tahun menempuh jarak bermil-mil, kendaraan mungkin mulai bergetar dan menjadi berisik. Ada beberapa penyebab paling umum yang mengapa mobil bergetar saat keadaan diam, namun tenang saja, masalah ini biasa diperbaiki. Berikut ini adalah alasan mengapa mobil bergetar pada saat sedang diam dan cara memperbaikinya: 

1. Dudukan Mesin Aus

Jika mobil Anda adalah Ferrari F50, maka mesin tidak langsung berada di sasis. Pada mobil kebanyakan, untuk meminimalkan getaran, dudukan mesin ditempatkan di antara sasis dan mesin.

Dudukan mesin ini biasanya terbuat dari karet semi-fleksibel, yang bisa aus dalam jangka waktu tertentu yang bisa menyebabkan peningkatan getaran mesin saat mobil sedang dalam keadaan diam.

Mengganti dudukan mesin ini bukanlah tugas yang mudah, jadi kami sarankan untuk membawa kendaraan ke dealer atau mekanik terdekat. Pilih OEM atau suku cadang aftermarket berkualitas tinggi agar tidak perlu menggantinya lagi dalam beberapa tahun.

2. Masalah Dengan Sistem Pengapian

Setiap silinder menggunakan satu atau dua busi untuk menyalakan campuran udara-bahan bakar, dan seiring waktu kinerja sistem pengapian ini akan berkurang sehingga campuran udara-bahan bakar ini tidak lagi menyala dengan benar.

Apakah mobil Anda memiliki satu atau beberapa koil pengapian, ini juga harus diperiksa. Bisa jadi koil pengapian ini mungkin tidak memberikan tegangan yang cukup ke busi, yang menyebabkan lemahnya pembakaran. Kabel busi dan unit koil pengapian juga bisa rusak, jadi harus diperiksa juga.

Jika Anda tidak pernah memperbaiki sistem pengapian dengan benar pada kendaraan yang sudah berumur, sekaranglah saatnya untuk melakukannya. Mulailah dengan mengganti busi dan minta mekanik memeriksa keadaan koil, kabel, dan unit kontrol. 

3. Kompresi kurang baik

Ketika mesin berjalan, campuran udara-bahan bakar yang menyala mengembang, dan piston dipaksa ke bawah, memutar crankshaft. Tetapi jika satu silinder bocor, hal ini akan menghasilkan kompresi yang kurang baik, yang pada gilirannya menyebabkan kinerja mesin tidak seimbang dan akan meningkatkan getaran.

Memperbaiki masalah ini sedikit lebih ‘ribet’ dan mungkin memerlukan prosedur turun mesin, tetapi seringkali, hanya mengganti paking kepala dapat menyelesaikan masalah ini.

Kami juga menyarankan agar Anda memeriksa keadaan katup dan ring piston dan menggantinya dengan suku cadang yang berkualitas. 

4. Injektor bahan bakar rusak

Ini adalah bagian penting dari mesin yang mengirimkan jumlah bahan bakar yang tepat ke dalam silinder, tetapi karena penggunaan yang ekstensif dan kontaminan, injektor ini akhirnya tidak bekerja dengan benar. Hal ini menyebabkan mesin yang tidak seimbang atau silinder macet, yang mungkin menjadi penyebab getaran pada saat mobil sedang diam.

Injektor dapat dibersihkan menggunakan beberapa jenis bahan aditif, tetapi ini hanya solusi sementara. Komponen ini perlu diperiksa oleh seorang profesional dan diperbaharui atau diganti. Sayangnya, terutama pada mesin diesel, fuel injector harganya mahal.

5. Masalah pada kopling

Jika mobil Anda memiliki gearbox manual, kopling mungkin terseret atau tidak sepenuhnya terlepas. Ini mungkin disebabkan oleh kebocoran hidrolik, kabel yang aus, atau master silinder yang rusak.

Hal ini akan menghasilkan beban ekstra pada mesin sehingga menyebabkan peningkatan getaran saat mobil dalam keadaan diam. Diperlukan pemeriksaan menyeluruh pada sistem kopling, yang juga dapat menyebabkan penggantian beberapa komponen di sistem kopling.

Getaran mesin yang terjadi pada saat mobil sedang diam mungkin juga disebabkan oleh komponen lain, tetapi 5 hal berikut ini adalah masalah paling umum yang menyebabkan getaran yang mengganggu ini.

kesimpulannya, kendaraan yang lebih tua membutuhkan lebih banyak perhatian daripada kendaraan baru. Untuk menghindari perbaikan yang memakan banyak biaya, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah memeriksa mesin secara rutin dan mengganti suku cadang yang aus segera setelah gejala pertama muncul. [fdlh/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
auto tips,
#
tips mobil,
#
getaran mesin,
#
kopling,
#
kompresi,
#
busi mobil,
#
engine mount