MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Mengatasi Error Pada Saat Update Aplikasi Di Android Auto

JUN 10, 2022@17:00 WIB | 221 Views

Salah satu kelebihan Android Auto adalah aplikasinya yang beragam, yang pada dasarnya memungkinkan pengemudi untuk menjalankan perangkat lunak navigasi, pemutar musik, atau berbagai alat lain langsung di head unit.

Google berusaha untuk menghadirkan lebih banyak aplikasi ke Android Auto dengan membawa pengembang pihak ketiga untuk memasukkan aplikasi navigasi dan alat pengisian daya mobil listrik ke Android Auto, dan menurut Google sendiri, ada beberapa dari mereka yang sudah mengerjakan pembaruan tersebut. Ini kabar baik bagi semua orang, termasuk pengguna dan Google, tetapi seperti yang sering terjadi, terkadang aplikasi ini tidak berfungsi persis seperti yang diharapkan di Android Auto.

Dan salah satu kesalahan yang mungkin ditemui saat mencoba meluncurkannya di aplikasi Android Auto terlihat seperti ini: “Could not install or update [nama aplikasi].” Sepintas, ini adalah error message yang cukup aneh karena tidak mengatakan apa-apa tentang masalah dengan aplikasi yang digunakan, tetapi sebenarnya, ini menandakan masalah dengan layanan Google Play Store.

Error message

Android Auto terintegrasi dengan semua layanan Google, termasuk Google Play, dan juga aplikasi lain, seperti Google Assistant dan Google Maps. Jadi agar semuanya berfungsi dengan benar, Google Play Store harus selalu diperbarui sepenuhnya, dan inilah alasan mengapa muncul error message seperti yang disebutkan di atas. Google juga mengkonfirmasi bahwa error message ini muncul karena Google Play Store tidak di-update.

Jika Anda melihat pesan kesalahan 'Could not install or update XXX app' saat meluncurkan aplikasi Android Auto, Anda mungkin perlu memperbarui Play Store di ponsel Anda terlebih dahulu untuk menginstal/memperbarui aplikasi seperti aplikasi Google, Google Maps, Google Play Music berfungsi dengan Android Auto,” jelas Google.

Bagaimana cara memperbaiki error message ini?

Sebenarnya solusinya dari error message ini cukup sederhana, dan satu-satunya hal yang perlu dilakukan adalah dengan memperbarui aplikasi Google Play Store. Dan untuk melakukan ini, hentikan sambungan smartphone dari head unit dan kemudian buka aplikasi Google Play Store di perangkat.

Selanjutnya buka Play Store di smartphone android anda,

1. Ketuk ikon menu di sudut kiri atas dan ketuk pengaturan

2. Lalu buka bagian Build version atau Play Store version di bagian bawah halaman. Di sana akan terlihat pesan yang bertuliskan "Versi baru Google Play Store akan diunduh dan diinstal," cukup tekan tombol OK dan tunggu sampai proses ini selesai.

Setelah selesai, hubungkan kembali smartphone ke head unit, dan kali ini Android Auto akan menjalankan dengan benar semua aplikasi kompatibel yang ingin digunakan. Jika diperlukan, versi terbaru bisa diunduh secara otomatis, dan error message yang disebutkan di atas seharusnya tidak lagi ada. [fdlh/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
tips,
#
android auto,
#
head unit,
#
auto tips,
#
apple carplay,
#
blackauto