MENU
icon label
image label
blacklogo

All New Mazda MX-5 - Your Daily Roadster

JAN 04, 2018@11:21 WIB | 2,114 Views

Anda tahu betul apa ini - inilah Mazda MX-5, mobil yang sejak 25 tahun yang lalu, membuat berkendara itu sebuah hal yang menyenangkan. Dan sekarang sudah memasuki generasi keempat, dan tetap saja paket dasarnya belum berubah. Sama sekali. Tidak ada peranti turbo modis atau sistem hibrida yang trendi, tidak ada gearboks kopling ganda, bahkan atap elektrik sekalipun (meski unit yang bisa Anda beli hanya model atap elektrik Rectractable Fastback). Hanya dua kursi soft-top sederhana dengan mesin kompak empat silinder 2,0 liter) dan gearboks otomatis enam percepatan.

Jangan mengira juga ini adalah Mazda yang lamban. Bukan hanya MX-5 ini seluruhnya benar-benar baru dari bawah ke atas (sasis, suspensi, mesin, kabin, bodi, semuanya), tapi ini melawan paradigma tren mobil baru dengan menjadi lebih kecil dari versi sebelumnmya, ketimbang lebih besar, dan yang paling mengesankan, dia lebih ringan 100 kg.

Styling mungkin memiliki sedikit agresi sebagai bagian dari tema disain KODO (kami tidak yakin dengan lampu depan yang menyipit), namun kabinnya bagus. Adalah kualitas dan ergonomi yang menyapa Anda terlebih dahulu. Bagaimana benda-benda yang ada di sini begitu mudah dioperasikan, dan terletak di tempat yang Anda harapkan bisa menemukannya.

Kursinya nyaman, lampu depannya kuat, navigasi (jika Anda memilihnya) cukup intuitif dan ada lebih banyak ruang di kokpit daripada yang Anda bayangkan. Bahkan rasanya disatukan dengan baik dari bahan yang bagus kalau sentuh. Ini adalah langkah maju, terutama saat Anda mulai memilih skema warna yang kontras.

Dengan postur 182 cm, saat saya di dalam MX-5 memang pas-pasan, tapi saya menemukan ruang kaki yang cukup untuk memberi senyum di wajah saya bersama generasi baru ini. Ruang bagasi pun masih dermawan dengan kapasitas 130 liter, dan setidaknya Anda bisa memuat tas golf atau barang belanja mingguan di sini.

Dalam keadaan standar All New MX-5 ini memiliki atap kanvas yang buka tutupnya dilakukan secara manual namun tetap sangat mudah. Beberapa fitur modern juga hadir di generasi ini. Sebut saja audio Bose dengan speaker di sandaran kepala, sistem konektivitas MZD Connect yang kompatibel dengan berbagai ponsel pintar dan iPhone, Lane Departure Warning, keyless smart key dengan tombol start, dua mode berkendara. Lampu depan belakang pun juga sudah menggunakan LED.

Mazda hanya fokus pada hal-hal yang sangat penting dengan MX-5 baru. Hal-hal penting seperti pengendaraan. Dan, dia memang bagus? Kami tahu apa yang Anda pikirkan, "hanya ada mesin 2.0 liter dengan 155 hp, tidak cukup tenaga segitu untuk roadster seperti ini". Tapi di dalam mobil yang beratnya kurang dari satu ton, kami menjanjikan itu sudah cukup. Mesin SKYACTIV-G cukup berotot, terdengar bagus dan begitu terintegrasi dengan sasis.

Jadi apakah roadster yang diimpor oleh PT Eurokars Motor Indonesia ini menyenangkan untuk dikemudikan? Pastinya. Dan semua seimbang: posisi mengemudi itu enak dan memindahkan giginya dari balik kemudi dengan presisi. Cocok untuk harian. Semua tentang kesenangan sederhana di sini. Tidak ada mode driving yang ribet, ada indikator rpm besar di depan mata kita, dan atap konvertibelnya manual, terbukanya hanya beberapa detik tergantung kekuatan manusia yang membukanya.

Dengan bobot rata-rata antara 975 kg dan 1.000 kg tergantung spesifikasi, All New MX-5 menjadi salah satu roadster paling ringan di kelasnya. Itu berarti performa yang kuat, bahkan dengan daya 155 HP.

Saat Anda memilih mode Sport di bawah tuas persenelingnya, mesin berputar dengan penuh emosi sampai ke 7.500 rpm, jadi pengemudinya diberi hadiah karena memilih satu gigi secara konsisten dan memberikan tenaga saat keluar tikungan. Namun, untuk meraih hal itu, Anda arus benar-benar perlu mengatur temponya untuk mendapatkan yang terbaik darinya, jadi Anda akan sering mengganti gigi paddle-shift untuk menjaga mesin tetap emosional. Syukur, gearboks SkyActiv Drive-nya sama bagusnya saat digeser ke mode otomatis.

Suspensinya lentur, jadi ada sedikit bodi roll di tikungan, tapi itu hanya menambah rasa interaksi antara pengemudi dan mobil saat Anda bergerak cepat, dan meningkatkan kenyamanan saat Anda melakukan sesuatu dengan mudah. Kemudinya ringan tapi sangat akurat, sementara penyebarang tenaganya begitu bagus untuk kondisi stop n’ go seperti di Ibukota.

MX-5 dibangun di sekitar mesin 2.0 liter - dan di jalan yang berkelok-kelok, Anda bisa tahu karena dia memungkinkan Anda menjelajahi batasnya dengan aman. Di rute di mana Anda bisa memacu mesinnya, mesin 2.0 liternya ini adalah faktor utama yang membuat saya senang. Jika Anda perlu menyalip mobil lebih sering atau lebih memilih tenaga mid-range, ini adalah mesin yang tepat.

Jangan berpikir itu berarti Anda harus menjadi Ken Block untuk menikmati mobil ini. Justru sebaliknya, sebenarnya. Model 2,0 liter memiliki perangkat limited-slip differential, yang membantu meningkatkan traksinya saat melesat keluar dari tikungan. Dan dengan stability control dimatikan, membuatnya sedikit lebih mudah untuk menggerakkan ekornya.

Perilaku seperti itu sesuai dengan peran MX-5 di planet ini, meski Mazda tetap melakukan upaya untuk tidak mengubah karakter roadster-nya yang mudah untuk dikendarai. Dia bisa menari di sepanjang jalan yang sulit. Oke, kami ingin setir lebih banyak bisa memberikan feedback kalau saya benar-benar selektif, tapi sasisnya sendiri begitu komunikatif, pengendaraannya bagus dan lebih halus dari yang Anda kira. Dia membuktikan ada kegembiraan dibalik hal yang sederhana. Bahkan memindahkan gigi jadi kebahagiaan tersendiri.

Meski memiliki bentuk eksotis, MX-5 tidak lebih mahal untuk dioperasikan daripada, katakanlah, Mazda 3 hatchback - keduanya berbagai komponen, jadi parts pengganti seharusnya mudah diganti dan harganya relatif terjangkau. Bagi sebagian besar pembeli di dunia, mungkin ini bukanlah mobil yang praktis. Hanya ada dua jok, dalamnya sempit dan tentu saja ini bukan mobil yang ramah bagi keluarga.

Tapi dengan MX-5 Anda mendapatkan mobil yang membawa Mazda ke moto "zoom zoom" yang baru dan memberikan kesenangan yang bisa Anda jangkau dengan sportscar terbuka. Menurut pendapat saya, Anda tidak bisa mengalahkan sensasi jelajah alam terbuka MX-5 di sepanjang jalanan yang berkelok-kelok pada suatu hari yang cerah. Dan itulah impian sebenarnya yang bisa Anda wujudkan. [bil/timBX]

Spesifikasi All New Mazda MX-5

Dimensi 3,915 mm/ 1,735 mm/ 1,230 mm

Sumbu roda 2,310 mm

Mesin SkyActiv-G 4 cylinder DOHC

Kapasitas 1,998 cc

Tenaga 155 HP @ 6,000 rpm

Torsi 200 Nm @ 4,600 rpm

Transmisi SkyActiv Drive 6-speed Automatic

Berat 1,057 kg

Suspensi Double Wishbone / Multi-link (depan & belakang)

Ban 205/45 R17

Harga Rp 660 juta

Tags :

#
all new mazda mx-5,
#
mazda mx 5,
#
roadster,
#
autoreview