MENU
icon label
image label
blacklogo

Kawasaki Versys-X 250 Tourer - Kapan Saja Dimana Saja

NOV 22, 2018@12:00 WIB | 772 Views

Apa yang membuat sebuah motor adventure itu jadi bagus? Apakah cuma semata soal merk? Atau tampilan saja? Atau mesin tertentu yang mungkin harus memiliki sekitar seratus fitur yang membantu rider yang berbeda? Kami menanyakan beberapa orang dan jawaban umum yang didapat adalah motor adventure yang baik itu harus mudah diperbaiki, ringan, nyaman dengan suspensi yang enak dan harus memiliki konsumsi bahan bakar yang baik juga.

Nah ada banyak motor yang memenuhi semua kriteria tersebut, dan yang terbaru adalah ini - Kawasaki Versys-X 250 Tourer. Saya harus akui agak bersemangat untuk menjajal motor ini, karena dia bukan salah satu dari motor-motor Anda biasa bilang cantik, dan tidak juga sangat kuat.

Ini hanya Kawasaki hijau sederhana yang fungsional dengan suspensi dan jok yang tinggi.

Saya senang karena ini adalah motor yang memberi sinyal bahwa semuanya baik-baik saja di industri sepeda motor dan pabrikan menciptakan lebih banyak model untuk memenuhi meningkatnya permintaan.

Motor adventure dengan harga kurang dari Rp 100 juta, siapa yang akan membayangkan kita akan memiliki sepeda seperti ini 10 tahun yang lalu. Ini adalah ide cemerlang, yang memberi hampir semua orang kesempatan memiliki motor yang bagus.

Anda tahu, hanya dengan Rp 73 juta (tipe Tourer), Versys-X 250 sekarang menjadi motor adventure termurah di pasar saat ini. Motor ini juga cukup besar, tinggi dan dapat dianggap sebagai motor turing full-size.

Namun, kesampingkan ekspektasi terlebih dahulu. Sebagai awal, mesin Versys-X bukan yang terkuat, sama sekali. Dia hanya menawarkan 31 hp pada 11.500 rpm dan 21.7 Nm torsi pada 10.000 rpm. Ini berarti dia memiliki mesin putaran tinggi, dan akselerasi biasa saja, dan motor ini bisa melesat ke kecepatan tertinggi 150 km/jam kalau dibejek. Saya berhasil meraih angka 161 km/jam tetapi kondisi lintasan saat itu menurun, jadi agak curang, lah.

Pijakan kaki bergetar terlalu keras pada kecepatan tinggi, membuatnya tidak nyaman dan membuat kaki Anda berdengung selama 10 menit setelah turun dari sepeda. Tetapi itu saja, kekurangan Versys-X. Lainnya tentang dia sudah cukup baik.

Dan dengan lebih banyak orang yang mengandalkan kendaraan roda dua untuk berpergian dan berpelesir, Versys-X 250 adalah satu-satunya motor yang berpotensi menawarkan semuanya - menambahkan beberapa boks dan Anda akan memiliki ruang penyimpanan yang cukup, dia memiliki daya jelajah yang bagus dan murah untuk dibeli. Ini adalah motor yang mampu membawa Anda keliling dunia besok jika Anda mau. Sudah dipersiapkan, dan bahkan dilengkapi dengan ban dalam, sesuatu yang mudah diperbaiki di mana saja.

Posisi duduknya mirip dengan Versys 650. Jok telah dipinjam dari kakaknya yang lebih besar itu dan terasa nyaman di Versys-X, cukup baik untuk perjalanan jauh ke Selatan Sukabumi pada kenyataannya. Pengendara dengan postur tinggi akan menyukai posisi duduknya, yang mirip dengan motor adventure yang lebih besar, minus beratnya. Berbicara tentang berat, motor ini punya bobot di timbangan hanya 173 kg, yang dapat dianggap sebagai ultra-ringan di dunia sepeda motor touring / adventure / dual purpose.

Mesin 249cc, meskipun tidak ada yang spektakuler, dirancang untuk menyeimbangkan antara daya dan konsumsi bahan bakar. Tangki bensin 17 liter menawarkan jangkauan sekitar 260-300 km, sesuatu yang sangat dihargai oleh orang-orang yang gemar turing. Mesinnya adalah unit berpendingin cairan dengan cam (DOHC), delapan katup dengan silinder ganda yang dipasang paralel.

Sebagian besar daya yang dihasilkannya berada di putaran bawah dan tengah-tengah band rpm dan putaran puncak antara 10.000 - 11.500 rpm, dan karena inilah Anda perlu menurunkan gigi saat riding di kecepatan tinggi jika Anda membutuhkan banyak tenaga; soalnya cuma ada sedikit daya akselerasi di roda gigi tinggi.

Tapi gigi dengan rasio rendah dan karakter revving tinggi inilah yang membuat Versys-X punya kapabilitas bagus buat off-roading. Rute menuju Ciletuh, Jawa Barat, membawa kami melewati perkebunan, dan karena hujan, pasir telah berubah menjadi lumpur yang membuat grip ban jadi minim, tapi itu sangat menyenangkan dengan karakter mesin dan bobot ringan, Versys-X benar-benar menjadi hidup di sini.

Gigi berasio rendah berarti Anda harus menggunakan gigi pertama atau kedua untuk melalui permukaan yang licin dan memberi Anda akses ke daya di seluruh putaran yang tinggi. Dan jarak pijak 180 mm memastikan bagian bawah tidak pernah bertemu lumpur, dan dengan berat hanya 173 kg, dia stabil melalui titik-titik rawan dan lumpur tebal, bagian di mana motor yang lebih berat akan kesulitan. Saya harus mengakui bahwa Versys-X 250 ini menyenangkan dan lincah untuk seorang rookie off-roader seperti saya.

Versys-X jelas dirancang untuk mengatasi tarmac dan off-road. Sasis trailis frame baru dirancang khusus untuk menangani guncangan eksternal seperti guncangan keras yang Anda dapatkan saat berkendara off-road. Itu juga dirancang untuk membuat motor kokoh saat membawa pembonceng dan barang di kedua boksnya.

Suspensi juga cukup bagus bagi saya dengan diameter suspensi 41mm di bagian depan yang dirancang untuk menyerap guncangan semua jalan yang dilewati dan suspensi uni-trak, bermuatan gas dengan pra-load yang dapat disesuaikan di bagian belakang. Garpu depan terhubung ke velg jari-jari aluminium 19-inci sementara roda belakang di 17 inci.

Ukuran roda yang bervariasi dan garpu panjang memberikan handling yang bagus pada motor, meskipun ada beberapa pendapat yang berpikir velg 21 inci akan lebih baik, handling di kecepatan rendah dan tinggi juga sudah cukup mumpuni.

Versys-X 250 adalah motor yang cukup menyenangkan untuk dikendarai. Anda tidak dapat mengatakan seberapa bagus motor hanya dengan melihatnya, dan Versys-X 250 Tourer tidak dapat dinilai hanya dengan cara yang terlihat.

Kenyataannya dia memiliki potensi yang lebih besar daripada itu, kendaraan yang bersedia pergi ke mana saja, kapan saja dan mampu melakukannya dengan baik. PT Kawasaki Motor Indonesia turut menambahkan panel LCD multi-fungsi yang secara jelas menunjukkan kecepatan, rpm, dan bahkan indikator posisi gigi, yang memberi sentuhan berteknologi tinggi pada motor ini dan tidak membuat Anda merasa asing.

Kawasaki Versys X-250 terbukti menjadi alat serba guna yang enak untuk dikendarai setiap hari. Selain Honda CRF 250 Rally yang sudah hadir di pasaran, Versys-X seperti tanpa ada kompetitor lain, dan sulit untuk tidak merekomendasikannya kepada mereka yang menginginkan motor adventure sederhana tanpa kerumitan sebuah mesin yang besar. [bil/timBX]

Tags :

#
kawasaki,
#
kawasaki motor indonesia,
#
versys-x 250 tourer,
#
autoreview