MENU
icon label
image label
blacklogo

Debut Dunia All New Kawasaki KLX230 di Jakarta Fair 2019

MAY 23, 2019@12:46 WIB | 709 Views

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) baru saja memperkenalkan sebuah motor dirty bike, dual purpose yang cukup ringan, bertenaga dan mudah bermanuver. KMI  membuat All New KLX 230 secara khusus untuk konsumen pecinta petualang (adventure) di Indonesia.

Apa yang menjadi keunggulan All New KLX 230 ini?

Didesain frame baru untuk dirt-riding, terlihat dari all new perimeter frame, untuk memberikan kestablian handling. Desain rangka yang ringan, dan desain mesin yang simple, mengkombinasikan dirty bike yang ringan di berbagai medan.

Desain jok yang flat, memberikan kebebasan bergerak, saat berkendara di trek. Desain jok yang lebar dan tebal membuat nyaman saat touring melewati medan sulit, dengan sudut-sudut ekstrim sekalipun. Ini yang ditunggu-tunggu pecinta trabaser, adventure dan turing.

Mudahnya berakselerasi didukung dengan wheelbase 1380 mm, ground clearance 265 mm dan seat height 885 mm. Kapasitas tangkinya mampu menampung 7.5 liter, berat kosong hanya 132 kg untuk varian standar dan 133 kg untuk varian special edition.

KLX230 memiliki desain mesin yang simple, 233 cm3, SOHC2 dengan katup berpendingin udara. Lebih ringan dari mesin berpendingin cair. Hal itu membuat sasis menjadi ringan dan kompak. Tenaga dari mesin satu silinder ini menghasilkan tenaga 18 hp pada putaran mesin 7600 rpm dan torsi sebesar 19,8 Nm pada putaran mesin 6100 rpm. Tenaga dan torsi didistribusikan menggunakan transmisi 6 percepatan, dengan shifting yang lembut.

Sistem pengereman depan menggunakan gaya petal disk pada single cakram berdiameter 241 mm, sedangkan cakram belakang berdiameter 186 mm, membuat pengereman menjadi lebih pakem disegala kondisi.

All New KLX 230 memiliki karakter yang cocok untuk pemula sekalipun. Itu dibuktikan dengan performa torsi di level low-mid yang kuat, itu memudahkan melewati rintangan apapun. Respons tarikan kuat, namun dengan kontrol low speed yang ringan.

Performa mesinnya juga didorong teknologi fuel injection, memberikan efek respon yang presisi dan mudah dikontrol. Karakter mesin ini cukup diminati pecinta dirty bike di level beginner.

Desain lampu depan yang baru, tetap mempertahankan lampu konvensional. Desain housing asimetris 5 sisi, ini mengadopsi dual purpose dengan tingkat pencahayaan cukup variatif.  

All New KlX 230 telah menggunakan panel instrument dengan layar LCD yang lebar, dan informatif cukup dalam satu lirikan. Mencakup speedometer, odometer, dual trip meter, pengukur bensin, jam dan indikator lampu.

Bagaimana dengan suspensinya. All New KLX 230 menggunakan teleskopis, sedangkan bagian belakang menggunakan suspensi monoshock dengan swingarm unitrak.  Teknologi ini sudah banyak digunakan untuk kelas balap endurance atau full kompetition, meski All New KLX 230 belum terlahir untuk itu. 

All New KLX230 ditawarkan dalam dua varian standar dan spesial edition. Varian standarnya ada dua pilihan warna lime green dan Ebony/Black. Sedangkan varian spesial edition menggunakan warna oriental blue dan firecracker red.

Lantas apa yang menjadi perbedaan antara versi standar dengan varian Spesial Edition. Pertama Velg  SE berbahan alumunium dan berfinishing hitam, sedangkan standarnya chrome. Kedua  stang dan riser stang SE lebih tinggi, Ketiga, bagian bawah mesin telah dimplankan mudguard.  Keempat bagian main frame menggunakan karet pelindung di tuas utama.

Harga yang ditawarkan untuk KLX230 Standar Rp39.900.000,- dan KLX230 SE Rp42.300.000,-. Harga tersebut merupakan harga launching dan berlaku untuk booking order hingga akhir Juni 2019. Sedangkan harga aslinya KLX230 Standar Rp42.500.000 sedangkan varian KLX230 SE dibandrol dengan harga  Rp44.900.000,-.

Selain itu, Kawasaki juga memajang salah satu KLX230 yang telah dimodifikasi, dengan stripping warna yang lebih bagus Bagi Black Pals yang ingin meminangnya karena tertarik dengan potongan harga, silahkan untuk datang ke Jakarta Fair 2019 di JI Expo Kemayoran, di booth Kawasaki. Pecinta enduro juga bisa datang ke dealer Kawasaki untuk booking order hingga waktu ahir Juni 2019.[Ahs/timBX]

Tags :

#
kawasaki,
#
kawasaki klx,
#
all new kawasaki klx230,
#
kawasaki motor indonesia,
#
trabaser,
#
trail,
#
offroad,
#
dual purpose