MENU
icon label
image label
blacklogo

All-New BMW Z4 - Interpretasi Modern Roadster Klasik

APR 26, 2019@18:00 WIB | 697 Views

Kalau Anda memang sedang hunting sports car di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, Anda pasti tidak akan melewatkan roadster yang satu ini. Selain karena warnanya yang mencolok, mobil ini ada di booth pabrikan kenamaan Jerman.

Ya, inilah All-New BMW Z4 yang menawarkan kelincahan yang luar biasa, performa yang dinamis dan handling presisi, didukung oleh mesin dan sasis yang lebih canggih. Tampak dari luar, konsep roadster telah berevolusi - jelas terlihat dari proporsi kendaraan.

All-New BMW Z4 memiliki penampilan sporty dan kompak dilihat dari sudut manapun. Selain itu, kendaraan juga hadir dengan berbagai fitur terbaru, termasuk bahasa desain yang baru, material interior premium, mesin BMW TwinPower Turbo 4-silinder terbaru, dan BMW Live Cockpit Professional.

Inovasi paling menarik dari sebuah roadster terbaru ini adalah atap soft-top dari material berkualitas tinggi yang dapat dikontrol sepenuhnya secara elektronik. Selain sukses memberikan kesan berkelas, proses buka-tutup yang mudah - hanya memakan waktu 10 detik – seluruh proses tersebut dapat dioperasikan hingga pada kecepatan 50 km/jam.

Semua fitur ini menjadikan All-New BMW Z4 terbaru sebagai masa depan segmen roadster, kenikmatan berkendara dengan atap terbuka yang tak tertandingi. Posisi duduk khas roadster, pusat gravitasi rendah dan berat minimal (1,505kg), serta distribusi bobot ideal 50:50, juga berkontribusi terhadap kedinamisan yang luar biasa dari All-New BMW Z4.

Apron depan diukir tegas dengan intake udara besar BMW kidney grille yang rendah dan lebar, serta lampu depan diposisikan di tepi untuk memperkuat tampilan depan. Kidney grille hadir dengan desain baru - gabungkan pola honeycomb yang terinspirasi dari lintasan balap dengan struktur tiga dimensi, elemen-elemennya memiliki susunan vertikal yang mengingatkan pada kidney grille tradisional.

Headlight hadir dengan dua sumber cahaya diposisikan menumpuk satu di atas yang lain untuk pertama kalinya. Desain vertikal tersebut diangkat lebih jauh oleh lampu sein diagonal. All-New BMW Z4 dilengkapi dengan lampu depan LED dengan high-beam assistant sebagai standar.

Sementara itu, kap yang memanjang dengan garis-garis kontur berbentuk panah yang diarahkan ke kidney grille melewati lengkungan roda dengan karakteristik gaya "clamshell" dari mobil sport klasik. Desain kap mesin yang terintegrasi dengan fender, menajamkan garis sisi samping hingga ke lampu belakang.

Garis karakter kedua muncul dari Air Breathers besar di belakang fender depan. Spoiler yang terintegrasi secara harmonis dengan pintu bagasi dan lampu ramping yang tersusun secara horizontal dalam L shape memberikan All-New BMW Z4 tampilan lebar dan “memeluk jalan”.

Masuk ke kabin All-New BMW Z4 ini merupakan penggambaran kenikmatan berkendara yang sempurna. Detail electroplated menambah suasana canggih - khas roadster - sementara tombol pengaturan kontrol yang ergonomis memusatkan perhatian lebih pada pengalaman berkendara.

Desain panel pintu terinspirasi dari bentuk sayap, terlihat secara dari luar di sisi samping kendaraan, menekankan harmoni desain eksterior dan interior.

Pengemudi dan penumpang duduk di sports seats khusus dengan sandaran kepala terintegrasi. All-New BMW Z4 sDrive30i menggunakan sports seats bespoke dengan Vernasca leather sebagai standar yang juga dilengkapi contrast stitching, piping khusus dan seatbelt dengan motif khas BMW M.

BMW Live Cockpit Professional terbaru adalah langkah menuju digitalisasi dan memberi penekanan pada interior modern. Pengemudi diberikan informasi yang sesuai dalam situasi dan kondisi yang tepat, pada Control Display dan cluster instrumen yang sepenuhnya digital beresolusi tinggi - keduanya hadir dengan ukuran 10,25 inci.

Interaksi multimoda yang intuitif antara pengemudi dan kendaraan juga telah ditingkatkan lebih lanjut dan memungkinkannya untuk memilih antara touch control menggunakan Control Display, iDrive Touch Controller, tombol kontrol pada setir, dan voice control “Hey BMW!”, tergantung kebutuhan pengemudi dan aman digunakan baik dalam keadaan kendaraan statis atau berjalan. 

Tak lengkap rasanya kalau sebuah roadster modern tidak memakai mesin yang jumawa. Makanya, ada mesin bensin 4 silinder dengan teknologi BMW TwinPower Turbo. Kelihatannya nama teknologi tersebut sudah tak asing lagi di telinga.

Namun  yang membedakan, BMW TwinPower Turbo Technology kini mencakup sistem High Precision Injection yang tekanan maksimumnya telah ditingkatkan menjadi 350 bar. Kendaraan ini dilengkapi dengan transmisi Steptronic Sport 8-percepatan sebagai standar dan memberikan output maksimum 258 hp antara 5.000 dan 6.500 rpm, sementara torsi puncak 400 Nm tersedia mulai 1.550 hingga 4.400 rpm. Hasilnya adalah waktu sprint 0 hingga 100 km/jam dapat dicapai hanya dalam waktu 5,4 detik.

Selain penyebaran rasio yang lebih luas, versi terbaru dari transmisi otomatis Steptronic 8-percepatan yang tersedia di BMW Z4 terbaru juga tawarkan perpindahan gigi yang lebih sporty. Rasio yang lebih pendek untuk gigi rendah, sekaligus tingkatkan akselerasi dan efisiensi mesin, memungkinkan perpindahan gigi yang lebih efektif.

Agar semua tenaga tersebut mengigit ke aspal, All-new BMW Z4 sudah dilengkapi dengan velg alloy double-spoke style 798M sebesar 18 inci dengan warna Orbit grey dan ban performa tinggi lebar 18x9, 18x10 untuk semakin meningkatkan traksi. 

Nah, kalau BlackPals masih penasaran dengan mobil seharga Rp. 1.459.000.000 ini, bisa datangi BMW Group Pavilion di IIMS 2019 dari 25 April hingga 5 Mei 2019 mendatang. Selain melihat jajaran lengkap BMW di BMW Group Pavilion, BlackPals juga memiliki peluang untuk mengetahui lebih lanjut tentang BMW dengan test drive beberapa line-up nya. [bil/timBX]

Tags :

#
bmw,
#
bmw indonesia,
#
z4,
#
all-new bmw z4,
#
roadster,
#
bmw twinpower turbo,
#
auto review,
#
indonesia international motor show 2019,
#
iims 2019