MENU
icon label
image label
blacklogo

Transformasi All New Toyota Veloz, Mixing Desain Elegan Sporty Fitur Safety pun Mumpuni

DEC 04, 2021@16:00 WIB | 5,732 Views

Toyota Motor Monitoring Indonesia akhirnya memproduksi sendiri Low MPV yang punya track record paling laris di market domestik. All New Toyota Veloz sudah menggunakan platform baru, sasis baru, mesin baru, body baru serta tambahan teknologi Toyota Safety Sense (TTS)  dirasa paling mengejutkan pada generasi ke tiga. Tim Blackxperience.com berkesempatan untuk mereview All New Veloz type Q CVT TSS, sebagai tipe tertingginya. 


Berkode 2NR-VE mesin Veloz memiliki spesifikasi 4 silinder inline,  16 Valve DOHC, dengan dual VVT-i  menghasilkan tenaga  104,55 hp di rentang putar 6000 rpm serta torsi puncak 4200 rpm sebesar 137,2 NM. Sistem keselamatan seperti Pre Collision System, Lane Departure Assist,Blind Spot Monitoring, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, dan Rear Cross Traffic Alert menjadi bagian penting kemajuan All New Veloz 2022. Perkawinan 4 kamera depan, samping dibawah spion dan belakang menjadi pelengkap teknologi Toyota Safety Sense (TSS) bekerja di sektor keamanan.


Desain lebih maco, dan lebh berani mixing desain tajam ala muscular pada bonnet depan yang mengikuti gaya kompetitor yang sempat saling menyalip  dengan Avanza Veloz generasi kedua. Ya Mitsubishi Xpander,  pada kesempatan yang sama meluncurkan edisi facelift.

 Gaya grille yang trapezoid cukup mewah, sementara All New Avanza 2022 masih menggunakan grille garis bertingkat. All New Veloz sudah diberikan sentuhan list chrome mulai dari lampu depan, rumah fog lamp.  Sedangkan pada bagian bumper, juga dilengkapi dengan air ventilation dua garis, dan aksen grey pada bumper seperti alumunium.

Mengapa All New Toyota Veloz  2022 menjadi lebih kekar, karena desain eksterior yang baru ditambah dengan pilihan velg 17 inci.  Gaya velg 10 palang cukup stylish dual tone hitam dan silver, ukuran pangkal velg yang besar diikuti dengan ujung yang mengecil,menambah gaya makin elegan namun sedikit sporty.  

https://assets.blackxperience.com/content/blackauto/autoreviews/e-dsc00045.jpg

Sementara secara dimensi mobil juga berubah, panjang  bertambah hampir 100 mm, lebar bertambah 30 mm, sementara tinggi tetap di 1700 mm. Terkesan lebih tinggi dan makin ganteng karena velg lama dengan ukuran 15 inci, bertambah menjadi 17 inci di All New Veloz 2022.

Tambahan notch fender juga makin muscle.  Hebatnya, ground clearance cuman naik 5 mm, rupanya ini yang membuat All New Veloz masih menjadi irisan Low MPV di market otomotif.
Garnish chrome kecil memanjang dari kap mesin depan hingga ke pilar D. Bagian atas sudah dilengkapi dengan dua roofrail yang kokoh. Sepertinya didesain untuk mobil keluarga yang siap bereksplorasi di berbagai medan meski hanya berpenggerak depan. 

Sistem pengereman sudah Ventilated Disc di roda depan, hanya di pada roda belakang masih mengusung disc.  Toyota memang pantas mengawali produksi sendiri All New Veloz dibanding saudaranya All New Avanza  dan All New Veloz, karena dinamika pengembangan terasa lebih cepat untuk beradaptasi dengan pasar otomotif yang semakin kompleks. Pada suspensi depan mengadopsi  MacPherson Strut dan suspensi belakang  Torsion Beam.


Sektor buritan memang lebih keren.  Tampilan rear lamp dipadukan back door lamp menambahkan aura sporty abis. Sebuah kamera mundur, dan dua sensor belakang membantu driver yang lebih mudah parkir dan mengawasi obyek di belakang. Kompartemen bagasi menjadi lebih luas dengan melipat third row.  Posisi ban serep digantung dibawah, menambah ruang bagasi lebih besar.

Ruang interior didesain cukup mewah secara look, dual tone  with and grey.  Kombinasi warna yang cukup menyatu, antara door trim, konsol tengah dan dashboard.  Sudah dilengkapi wireless charging, seperti fitur mobil mewah di kelas SUV.  Sudah dilengkapi dengan electric parking brake dan auto hold dipasang berjajar dan minimalis, dengan finishing glossy memadukan alumunium brushes pada beberapa kompartemen. 

Menggunakan AC single zone pada ruang kemudi (first row), namun sudah dilengkapi dengan dual blower untuk wilayah second row. Beberapa titik power  outlet dipersiapkan memanjakan customer. Duduk di kursi passenger juga cukup nyaman, dengan room leg lebih lebar, namun dengan posisi jok yang tidak terlalu tinggi, untuk postur tubuh 180 cm.  All New Toyota Veloz sudah dilengkapi material fabric tidak dilengkapi dengan leather seperti di posisi pengemudi. Tambahan arm rest, di second row bisa difungsikan dan itu cukup menarik untuk sebuah 7 seater.

Khusus All New Toyota Veloz, memiliki dua mode berkendara yakni power mode dan Eco Mode di sebelah kanan bawah setir. Dengan menekan tombol tersebut komputer akan mengatur output mesin via mapping ECU sesuai dengan mode yang dipilih. Bahkan tak hanya mapping saja, mode berkendara ini turut serta mengintervensi AC agar lebih optimal sesuai mode yang dipilih.
Untuk sistem hiburan Toyota mengandalkan head unit baru dengan bentang layar 9 inci pada All New Veloz 2022 ini. Head unit ini memiliki kemampuan mengakomodir beragam konektivitas seperti Android Auto maupun Apple CarPlay® yang kekinian.


Kualitas reproduksi suaranya juga terbilang memadai dari keenam speaker (termasuk dua buah tweeter di pilar A) yang ada pada mobil ini. Dan juga jangan lupa, mengatur audio juga kian mudah dengan adanya audio steering switch pada lingkar kemudinya. Kualitas audio cukup baik, dengan distribusi 6 speaker, staging dan imaging terasa kental dengan komposisi musik yang diputar. 
Salah satu keistimewaan All New Veloz bila dibandingkan dengan All New Avanza adalah pada panel instrumen yang diusungnya. Di All New Veloz 2022 ini sudah full digital yang tampilannya bisa dipilih via tombol di setir dan tentunya lebih mudah dipantau.


Banyak sekali informasi yang disajikan oleh panel instrumen berukuran 7 inci ini, di antaranya ada outside temperature, odometer, tripmeter, jam digital, speedometer bahkan inclinometer dan juga mampu menyajikan informasi mengenai fitur Toyota Safety Sense pada mobil ini.


Saat pengujian melalui test drive kami tidak diberikan kejutan dari mesin 2NR-VE yang berpenggerak roda depan ini. Mungkin karena sistem transmisi yang masih CVT terasa tidak ada power delivery yang instan, meski sudah berpenggerak roda depan.  Kami terhibur dengan ruang  kabin yang begitu dingin dari dua arah AC depan dan belakang.  Sistem kemudi yang sudah elektrik, mudah untuk handling dan lebih predictable, ditambah radius putar yang cukup baik, ringkas dan enak driving di perkotaan.


Dengan trek pengujian lurus 300 meter, kami berhasil menguji satu fitur TSS yaitu pre collision system, dengan kecepatan menuju 60km/jam dan sebuah mobil di depan kami dalam kecepatan lambat. Alert notifikasi berfungsi maksimum memperingatkan pengemudi dan fitur ABS membantu pengereman lebih menggigit.  


Tidak kami temukan body roll yang berlebih, suspensi dibikin smooth, dan power delivery yang lembut membuat All New Veloz raja LMPV  ini cukup nyaman dibuat di perkotaan. Range harga All New Toyota Veloz tipe manual mulai Rp251,2 juta. Tipe Q CVT non TSS dibandrol Rp272,1 juta sementara tipe tertinggi Q CVT TSS di harga Rp291,5 juta. [Ahs/timBX]

Tags :

#
all new toyota veloz 2022,
#
auto review,
#
review all new veloz,
#
toyota safety sense,
#
all new veloz type m,
#
all new veloz type q cvt,
#
all new veloz type q cvt tss,
#
toyota motor monitoring indonesia