MENU
icon label
image label
blacklogo

New Honda City Hatchback, Makin Sporty, Akselerasi Smooth dengan Effisiensi Maksimum

NOV 26, 2021@20:22 WIB | 5,759 Views

Honda Prospect Motor akhirnya meluncurkan  New City Hatchback RS triwulan pertama 2021, menyusul tidak diteruskannya Honda Jazz  di market.  Secara engine mesin L15ZF 1.5 L DOHC I-VTEC adalah mesin yang benar-benar baru, bila dibanding mesin Honda Jazz L15A yang masih SOHC. Mesin 4 silinder ini tidak cukup agresif, dengan torsi 145 Nm di @4300 rpm, dan tenaga maksimum 119 Hp. 

Sudah dilengkapi paddle shift melengkapi aura sporty, power band rpm tidak terlalu agresif. Namun untuk  ngurut throttle   sudah dibekali engine dengan teknologi Drive by Wire (DBW)  berderungan  nyaring ala  teknologi i-VTEC cukup menghibur, dengan handling yang ringan, serta efisiensi bahan bakar yang maksimal.  

Lampu depan yang sudah LED, mulai dari head lamp, DRL hingga foglamp. Splitter depan sudah mengusung accent karbon, lebih membuatnya sporty.

Secara penampilan, gaya JDM kental dengan kurva landai setiap panel bodynya. Titik aerodinamika bodi yang disempurnakan oleh Honda Research and Development di Sakura Jepang. Pilar yang melandai, timeless, dan diimbangi bonnet depan yang agresif memadukan desain lampu LED, grille dua tingkat, garnish beremblem RS, serta accent rumah foglamp yang cukup agresif.     

Tampilan body samping simple, masih mewakili garis desain Honda Jazz generasi terakhir. Tidak banyak pembaharuan dan tampilan sleeker. Ruang fender yang besar membuat velg dan ban 16 inci terlihat kecil.  Dengan dimensi tinggi 1488mm, rupanya didedikasikan untuk downforce lebih baik.   Di kelas hatchback, New City Hatchback RS punya ukuran 4349mm atau terpaut hampir 10 cm dari versi sedan City. Sedangkan lebarnya1694 mm menopang cukup luas untuk penumpang. Ukuran Hatchback paling besar di kelasnya.

Tampilan buritan New City Hatchback RS ini mewakili citra mobil eropa, terutama pada gaya stoplamp, mirip  Mercedes A 35 atau Audi A3 Sportback.  Diffuser belakang cukup sporty dengan accent karbon serta fake honney comb. Stoplamp miliknya menyebutnya sebagai Led Light Bars dengan combi lamp. Lupakan  lampu sein dan reverse lamp, yang masih menggunakan bohlamp, serta 4 sensor mundur membantu sisi reverse camera.

Cargo area menampung 289 liter, cukup luas untuk sebuah hatchback. Dilengkapi emergency kit dan ban serep yang full size.  Kelebihan dari City  Hatchback ini cukup nyaman dan mewah.  Room leg lega, di row kedua, dan ruang kemudi yang nyaman.

Jok depan cukup sporty,  dengan kombinasi material leather, fabric dan suede ini yang menjadi cukup mewah. Desain dashboard yang sporty mengkombinasikan bahan soft touch dan stitching merah yang sporty, bahan aksen jok warna merah.  

Varian transmisi CVT ini sudah dilengkapi remote engine start  sementara model manual belum diberikan fitur ini. Sistem in car entertainment  dilengkapi head unit 8 inci yang sudah touchscreen, USB Port, Bluetooth, Hands free telephone, Smartphone connection dan weblink. 

Kejernihan Audio dilengkapi 2 tweeter depan dan belakang  speaker di bagian pintu, serta sistem AC  dengan sistem rotari.  Sistem transmisi CVT dengan knop shift berbalut kulit dan hand brake manual.  Tambahan fitur eco mode diinstal disebelah transmisi. Untuk adaptasi tinggi dan rendah, kursi bisa dilakukan secara manual.

Ruang second row punya  leg room  yang cukup lega, untuk tiga orang dewasa namun mengorbankan bangku tengah yang tidak nyaman. Fitur paling melegakan karena kursi belakang bisa dilipat, baik dilipat ke atas ataupun ke bawah, dan itu menambah ruang kargo semakin besar. Nah New City Hatchback RS punya menu ultra seat, yang membuat kabin belakang lebih besar, dengan floor yang rata dengan bagasi.  Total kargo menjadi 841 liter untuk sebuah hatchback.

Kami mencoba berakselerasi di jalan raya. Dengan mesin gearbox CVT, perpindahan gigi otomatisnya cukup smooth.  Sepertinya gearbox tidak memberikan tenaga maksimum meski engine sudah menggerung, karena throttle sudah mentok. 

"Ketika kami bejeg dalam, ada jeda (lagging) antara mesin yang sudah menggerung, namun gearbox tidak mendelivery secara cepat ke as roda depan.  CVT seperti membatasi power mesin untuk berakselerasi secara cepat, " ungkap Yoggie host Blackxperience.com.

Performa handling cukup koperatif dengan adaptive steering, ketika speed lebih tinggi, steer berasa lebih berat, namun saat low speed akan terasa ringan. Termasuk rasio putar (turning radius) juga cukup baik, saat untuk membelok. 

"Perbandingan rpm dan speed seperti ada jeda. Putaran mesin (rpm) stuck di titik tertentu,  namun speed terus bertambah.  Bila dibanding dengan transmisi matic lain, cukup berbeda dan berbanding terbalik, sisi agresif mobil ini," tutup Yoggie.

Dengan power mesin yang cukup baik, New City Hatchback ini tidak disupport dengan transmisi yang baik. Dengan delivery power yang smooth, namun mencapai 4300 rpm torsi jadi cukup responsif. Kecepatan bakal narik di putaran mesin 6600 rpm. 

Pilihan warna ada  6, mulai dari Phoenix Orange Pearl, Rallye Red, Crystal Black Pearl, Meteroid Grey Metallic, Lunar Silver Metallic, serta Platinum White Pearl. Honda Prospect Motor membandrol New City Hatchback RS dengan harga Rp299 juta (matic) dengan PPnBM. [Ahs/timBX]

Tags :

#
drive it review,
#
auto review,
#
new honda city hatchback rs,
#
honda prospect motor