MENU
icon label
image label
blacklogo

New Honda Civic Sedan - Terbayar Sudah

AUG 22, 2019@12:00 WIB | 1,959 Views

Ini langkah yang bagus. Civic adalah, dan telah, merupakan mobil terlaris Honda di seluruh dunia, lebih dari bertahun-tahun dari yang pernah Anda bayangkan. Kami sebenarnya sempat menguji Civic Turbo Hatchback generasi ke-10 setahun yang lalu dan ketika PT. Honda Prospect Motor memutuskan untuk meminjamkan kami versi Sedannya, kami tentu tak menyia-nyiakan kesempatan emas ini.

Kenapa emas? Karena yang Anda lihat di sini adalah versi facelift-nya. Secara kasat mata memang tak kelihatan perbedaannya. Tapi bagi mata yang terlatih, mobil ini semakin elegan. Dinamakan New Honda Civic, dia kini memiliki desain baru pada Front Lower Bumper yang lebih aerodinamis, Rear Chrome Lower Garnish, dan LED Fog Light yang dilengkapi dengan Chrome Garnish. Selain itu, New Honda Civic juga menampilkan New 17” Alloy Wheel with Two-tone Color.

Jika Anda berpikir New Civic Sedan terlihat luar biasa dalam gambar, tunggu sampai Anda melihat aslinya di jalanan. Dibanding veri Hatchback, yang ini jauh lebih panjang, lebih luas, dan yang paling penting lebih rendah dari generasi Civic sebelumnya, berkat peralihan ke platform Compact Global baru Honda.

Bahkan, ketika Civic generasi ke-10 ini sedang dikembangkan, ada kabar dia mengacu pada sedan mewah Jerman yang lebih mahal. Benar atau tidaknya, New Civic tentu saja terlihat menyegarkan di dunia sedan menengah, dengan bagian depan yang merunduk rendah, dan bagian belakang belakang yang melandai.

Pencahayaan di kedua ujungnya sangat unik (dan mencolok), dan Anda tidak akan kesulitan melihatnya dari jauh. Pada posisi macet dan dari sudut tertentu, sepertinya ia duduk agak tinggi diatas velg 17 inci, tetapi suspensi tetap bergerak. Bagian yang keren adalah, tidak akan butuh banyak pernih untuk membuatnya seperti saudara kembarnya yang pemecah rekor Nurburgring, sang Type R.

Kabin benar-benar terasa lebar, dan lapang, dengan pemandangan indah dari kaca depan dengan dasbor yang rendah. Hal kedua yang Anda perhatikan ketika Anda duduk adalah seberapa rendah jok kulit yang bisa dioperasikan secara elektrik 8 arah. Sejauh ini, begitu pula Type-R.

Anda memiliki setir palang-tiga yang indah di depan Anda, dan kluster instrumen digital tiga-pod yang bekerja sangat baik untuk memberi Anda info rpm, kecepatan, dan informasi kendaraan tepat di bagian bawah pengelihatan Anda. Simpel kelihatannya, tapi New Honda Civic sekarang dilengkapi dengan Auto Dimming Rear View Mirror untuk memperjelas visibilitas saat terkena pantulan sinar dari kendaraan di belakang.

Konsol penyimpanan tengah sangat dalam, memiliki dua cup holder (salah satunya dapat dilepas) dan sandaran tangan geser di atasnya. Anda dapat mengatakan bahwa ergonomisasi telah dipikirkan Honda dengan baik, dengan lengan Anda di sandaran tangan, hampir tidak ada peregangan untuk mencapai kenop dan tombol AC yang intuitif.

Sayangnya tampilan dan tata letak infotainment 8-inci bukan yang paling intuitif untuk digunakan saat bepergian, tetapi memang memiliki konektivitas Android untuk menjadikannya lebih mudah. Mengingat bahwa segmen mobil ini sering berakhir dengan pengemudinya, Honda menjadikan bagian belakangnya tempat yang menyenangkan, dengan banyak ruang kaki dan lutut. Jok-jok itu sendiri memiliki bantalan yang empuk, sehingga Anda dapat duduk sedikit merebah dengan nyaman.

Kami pikir garis atap yang rendah mungkin menghalangi ruang kepala tapi kami tidak punya masalah, di masih cukup kalau postur Anda di bawah 180 cm. Tidak ada sandaran kepala untuk penumpang ketiga di sini, tetapi tiga orang di bangku belakang tidak akan terasa sesak.

Cuma sayang slot charging tidak ditawarkan untuk penumpang belakang, atau tirai kaca belakang, dalam hal ini. Jika tidak, New Civic Sedan makin lengkap speknya dengan Remote Engine Start, keyless entry dan auto segalanya, 6 airbag, dan lainnya.

New Honda Civic hanya tersedia menggunakan mesin 1.5L dengan Earth Dreams Technology. Mesin diklaim menghasilkan peningkatan besar pada tenaga dan torsi dengan tenaga maksimal 173 PS pada 5.500 rpm. Itu memang mendapatkan revisi intake dan exhaust untuk meningkatkan drivability, bahkan jika angka-angka terlihat perkasa ketimbang generasi sebelumnya yang mengusung mesin 2.0L, pada 6.500 rpm.

Ini dikawinkan dengan transmisi CVT, dengan paddleshifters untuk membawa Anda melalui 7 langkah dari transmisi variabel. Kelincahan dan stabilitas berkendara dalam berbagai kecepatan terasa berkat penambahan fitur Dual Pinion Electric Steering Power (EPS). Sejauh ini cukup praktis.

Menyalakan mesin bensin VTEC Turbo-nya terasa halus, senyap, dan sangat, sangat mulus hingga Anda mencapai angka 4.500 rpm, baru Anda mulai terasa raungan yang ditakuti - CVT mengambil alih begitu antusias. Untuk sebagian besar jalan raya yang kami lalui, New Civic Sedan performanya lebih dari cukup untuk mempercepat lajunya, meskipun pijakan kaki yang tergesa-gesa, dengan kecepatan yang mulus.

Menggunakan paddleshifters memang da jeda sedikit di setiap kenaikan, dan saya cepat memutuskan yang terbaik adalah membiarkan mobil memutuskan sendiri. Transmisi melaju ketika Anda mematikan throttle, dalam mode D, dan ini semakin meningkatkan sifat santai mesin ini. Sebaliknya, pada throttle memberi Anda kekuatan untuk menyalip, dan semuanya terjadi dengan tenang dengn sendirinya.

Coba-coba setidaknya melenggak-lenggok di tikungan (Sentul, bisa juga), dan kedamaian itu hancur seperti yang saya duga. CVT kesulitan lebih dari setengah dari pijakan throttle penuh dan saya segera menemukan bahwa saya lebih baik mempertahankan momentum mobil melalui tikungan, sesuatu yang New Civic lakukan dengan sangat baik.

Di sinilah platform baru benar-benar bersinar. Rasanya kaku, dengan input yang tepat dari suspensi untuk membuatnya nyaman di sebagian besar situasi, kecuali bunyi gedebuk di tiap gelombang aspal saat kecepatan tinggi. New Civic Sedan beralihk ke pengaturan belakang multi-link yang membantunya menentukan batas antara kualitas mewah di kecepatan rendah, dan handling. Ini adalah perjalanan yang nyaman di kursi belakang, dan itu sudah jaminan.

Adapun handling-nya, bahkan ketika membawa kecepatan terlalu kencang di tikungan, New Civic tetap setia pada jalurnya dengan percaya diri dan hampir tidak ada body roll, dengan hanya beberapa decit dari ban Bridgestone jauh gejala understeer terasa.

Kemudi dibantu tenaga listrik dengan kecepatan rack variabel, dan meski sangat membantu dan ringan pada kecepatan rendah, dan perasaan mantap pada kecepatan jalan raya, hanya saja feedback-nya tidak cukup di tikungan agar Anda dapat memaksimalkan potensi sasis briliannya lebih jauh.

Kami ragu sebagian besar pemilik New Civic Sedan akan mencoba mendaki bukit di keseharian mereka, tetapi kemudi yang tepat, tempat duduk yang rendah, dan sasis yang kaku cukup membuat pengendaraan normal cukup menyenangkan. Remnya tajam, tanpa terlalu lengket, dan dengan cakram di semua roda, keseimbangan mobil tidak dikorbankan saat pengereman di kecepatan tinggi.

Pada akhirnya, di sinilah letak kesulitan terbesar bagi seseorang yang mengincar sedan di rentang harga setengah miliar Rupiah lebih. Sebagian besar akan memilih kepraktisan ekstra dari sebuah SUV, tetapi masih ada suatu kebanggaan jika ada yang mengumumkan kedatangan Anda dengan sebuah sedan yang mencolok - dia hanya lebih baik.

Dan faktanya, New Civic Sedan tepat seperti itu, dengan kenyamanan dan dinamika berkendara yang baik, meskipun jika dia tidak memiliki opsi teknologi paling menarik di luar sana. Tapi setidaknya, bagi yang setia menunggu, mobil ini tidak mengecewakan. [bil/timBX]

Tags :

#
honda,
#
honda prospect motor,
#
civic,
#
sedan,
#
new honda civic sedan,
#
earth dreams technology,
#
vtec turbo,
#
cvt,
#
1.500 cc,
#
auto review