MENU
icon label
image label
blacklogo

XS Automotive, Referensi Modifikasi Sportscar Kasta Tertinggi

APR 19, 2021@21:29 WIB | 1,531 Views

XS Automotive sebuah workshop dengan modifikasi mesin sportcar terbaik di kelasnya. Mulai dari Nissan R32, R34 dan R35, Nissan Silvia, Mitsubishi Evo, Honda NSX, Mazda RX7. Mobil tersebut dimodifikasi mulai dari internal engine, turbo kit hingga swap engine varian tertinggi di kelasnya. Beyond the Garage membahasnya secara ekslusif, bagaimana sportscar dibangun untuk mobil harian, trek balap, bahkan untuk keduanya. Di BlackAuto Dyno Test 2019,  Tiga unit Nissan R35 turun, masing-masing mencatatkan angka fantastis terendah 599,4 whp dan tertinggi 709,4 whp.

Project pertama yang tergolong spesial bagi Victor Joe, Owner XS Automotive adalah Mazda RX7 yang sudah swap engine menjadi 4 rotor N/A. Dirinya mengklaim ini adalah mobil dengan modifikasi yang rare. "Rare Selain rare karena  sourcing partnya ga gampang. Ditambah dengan assembling yang lumayan ribet, dengan proses yang sedikit lama. Target diatas kertas 500 hp," ungkap Victor Joe yang menegaskan mesin 4 rotor memang sedang hype di luar negeri.

Tak hanya swap engine, Mazda RX-7 juga dimodifikasi kaki-kakinya dengan air suspensi 4 titik."Selain air suspensi juga dilakukan pergantian per suspensi yang sudah in house. Kami ingin mematahkan isu bahwa pemakaian air suspensi bisa digunakan untuk sportcar," tambah Victor Joe yang mengabarkan mesinnya sudah siap jalan.

Fokus kedua proyek spesial lainnya ada Mitsubishi Lancer EVO dengan warna ungu. Warna tersebut mengkombinasikan warna corporate dari HKS sehingga semua eksterior mengikuti gaya purple. Lancer EVO ditargetkan on engine 500 HP dengan bahan bakar Pertamax Turbo. Sementara VP Racing bisa mencapai 800 hp on engine dengan boosth 3 bar.

"Internal mesin sudah HKS 2.3L, filter Intake Hypertune, serta GSC Power Division Camshaft. Dengan turbo HKS, dan welding titanium yang sudah dicustom," jelas Victor.

Kemampuan drag EVO Purple ini menurut Victor bergantung penggunaan ban, driver dan bahan bakar. Dengan boost 2 bar dan ban radial biasa bisa tembus 11 detik di 402 meter. 

Dari pengalaman XS Automotive paling seru adalah pengadaan mesin rare RB26. Victor cukup lihai mendapatkan mesin limited RB26 yang sudah dituning oleh Nismo. Generasinya Nismo Fine Spec Engine terbaru didapatkan sebagai versi terakhir. 

"Kubikasi mesin masih 2600cc, namun internal mesin sudah mengadopsi Nismo M1 parts yang memang digunakan untuk durabilitas ala balap di Nurburgring," ungkap Victor. 

Mesin Nismo Fine Spec Engine menurutnya tidak diperuntukkan untuk boost tinggi lebih pada durabilitas. Modifikasinya mencakup pipping Custom dengan Turbo HKS GT II Series, ECU Add on, Tenaga Pertamax Plus 450 hp dan VP Racing tembus 700 hp on engine.

Mobil pribadi Victor Joe tak kalah garang dari mobil customernya. Dirinya mengoleksi Skyline R32 dengan mesin Genesis RB30, yang itu artinya kubikasi bloknya sudah 3000 cc. Tak cukup dengan mesin bawaan, Victor menstroke up menjadi 3200cc. 

"Mesin 3.2 L ini dibangun oleh tuner TOMEI Jepang. Meski kami datangkan dari Jepang, semua mesin kami periksa semua,  untuk memastikan clearance dan adjusting dengan kondisi cuaca di Indonesia. Dengan tambahan single turbo GARRETT GT45, paling canggih untuk respon. Tenaga on engine dengan pertamax Turbo diklaim 700 hp dengan boost 3 bar.  Dengan tekanan yang sama bahan bakar VP Racing mencapai 900 hp," tutup Victor.  Dengan mesin 3200 sudah dikombinasikan dengan gearbox OS Giken USDM untuk keperluan trek dan drag.

Project secret, XS Automotive sedang merancang Honda Estilo 4 WD, K-24 2,4 L dengan tenaga 700 hp. Paling mencengangkan mesin R35 full HKS, 4300cc, gearbox HKS ditargetkan tenaga on engine 1200 hp. [Ahs/timBX]


 

Tags :

#
xs automotive,
#
modifikasi mobil,
#
beyond d garage,
#
victor joe,
#
nissan r34,
#
nissan r35,
#
mazda rx7,
#
wangkel engine,
#
tomei,
#
hks,
#
nismo n1 racing