MENU
icon label
image label
blacklogo

Duel Legend JDM! Komparasi Mesin 2JZ Vs RB26 Dari Berbagai Sektor

FEB 15, 2023@17:00 WIB | 4,317 Views

Hay sobat petrolhead! Pastinya kedua kode mesin pada judul artikel ini bagi kalian bukanlah hal baru atau asing lagi ya, yups kedua mesin dari mobil legendaris JDM tersebut yaitu 2JZ dan RB26.Kedua mesin ini menggerakkan beberapa mobil sport dan ikon budaya paling sukses dan terjangkau dari era nostalgia tahun 90-an.

Toyota Supra Mk4 yang perkasa dengan 2JZ dan saingannya Nissan Skyline R32 GT-R dengan RB26 mendapatkan garis mereka terutama untuk pembangkit tenaga mereka. Kedua mesin inline-6 ​​adalah binatang buas 

Sama-sama memiliki enam silinder segaris, kedua mesin yang terkenal dan berprestasi dalam berbagai ajang balap di dunia ini memiliki potensi dan pecinta yang sangat banyak. Sampai-sampai, kedua mesin ini sering kali dijadikan donor untuk penggantian mesin alias swap engine.

Nah biar makin banyak informasi dan pengetahuan dari kedua mesin tersebut, tim BX punya sedikit info nih komparasi mesin 2JZ Vs RB26 dari beberapa sektor.

1. Sejarah didunia motorsport
Beberapa mesin telah mendapatkan prestasi dan pengakuan yang terbaik di jalur balap. Mesin 2JZ dan RB26 memiliki sejarah yang kuat dalam olahraga motor, dengan 2JZ digunakan dalam berbagai bentuk olahraga motor, seperti balap drag, time attack, dan balap drift.

RB26 memiliki pengikut yang solid di dunia balap sirkuit dan menawarkan silsilah balap yang tepat. R32 Nissan Skyline GT-R Godzilla membantu menentukan dominasi balap merek Jepang dengan memenangkan 29 balapan dalam 29 balapan, yang meningkat menjadi 50 kemenangan bersama dengan penggantinya, R33.


2. Ketangguhan dan awet
Kedua mesinJDM ini dapat dengan mudah dan andal menghasilkan tenaga yang besar. Mereka tidak diragukan lagi adalah dua legenda mekanis yang mengalami penyalahgunaan dalam jumlah yang tak terbayangkan dan terus menjadi sasaran para modifikator pecinta kecepatan. Sementara masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahannya, 2JZ sedikit mengungguli RB26 dalam hal ketangguhan dan umur panjang.

Blok 2JZ lebih potensial untuk mendapatkan tenaga besar, dan desainnya yang lebih sederhana membuatnya lebih mudah dirawat daripada RB26, yang memiliki reputasi agak rumit. Juga, RB26 adalah mesin interferensi, sehingga timing belt putus dapat mengakibatkan katup bersentuhan dengan piston, menyebabkan kerusakan parah pada mesin.

3. Power output

Mesin 2JZ dan RB26 memiliki banyak kesamaan, setidaknya di atas kertas. Keduanya segaris enam pabrik, tetapi 2JZ-GTE turbocharged dengan kepala silinder performa dan injeksi bahan bakar elektronik hadir dengan perpindahan 3 liter yang mendorong torsi 320hp dan 333lb-ft untuk versi pasar Amerika Utara.

Sementara mesin Nissan Skyline R32 GT-R yang berkode RB26DETT ganas dengan mesin berkapasias 2.600cc 6 silinder segaris yang menghasilkan 276hp dan torsi 260lb-ft.
 

4. Performa Dan Kekuatan:

2JZ dan RB26 adalah mesin legendaris dengan performa tinggi plus konstruksi keseluruhan yang serupa. Formula lurus mereka memberikan keseimbangan mesin yang luar biasa dengan penyaluran tenaga dan respons yang lebih halus dibandingkan dengan pengaturan V.

Menyebarkan induksi paksa menambahkan lebih banyak kuda dan kinerja, dengan kedua mesin ini memberikan output daya spesifik yang serupa. Tetapi ada perbedaan nyata dalam kinerjanya.

Selain mendorong lebih banyak angka output daya, 2JZ dikenal memiliki performa low-end dan mid-range yang kuat, sedangkan RB26 menghasilkan tenaga dengan lancar dan progresif dengan fokus pada performa saat RPM tinggi.

5. Potensi upgrade performa

Para speedfreak sangat menghargai mesin 2JZ-GTE dan RB26DETT untuk potensi kinerjanya. Kedua mesin mobil JDM legend ini dapat engekstraksi tenaga hingga 400hp bahkan hingga 600hp dengan mod minor dan remap yang bagus pada internal stok.

Toyota over-engineering 2JZ, dan dalam bentuk stok, dapat dengan aman meningkatkan ke tingkat tenaga gila sekitar 800hp dengan ubahan yang tak terlalu banyak. Bahkan ada pula yang mengupgrade hingga  1.000hp tanpa merusak blok mesin original

6. Suara
Konfigurasi Inline-six bisa dibilang menghasilkan salah satu nada knalpot paling indah dan serasi di dunia otomotif. Raungan mesin enam silinder ini akan makin terdengar merdu ketika berada diputaran mesin tinggi alias RPM tinggi.

2JZ dan RB26 memiliki nada knalpot yang berbeda, dengan 2JZ memiliki suara agresif, garang dan nyaring sedangkan RB26 memiliki nada knalpot dengan karakter lebih bulat, dalam dan terdengar lebih halus.

Jika suara kedua mesin ini didengarkan lebih dekat, tentu akan mengungkapkan penyempurnaan dan kualitas yang lebih baik di RB26, yang diuntungkan dari memiliki enam badan throttle dibandingkan dengan 2JZ dengan satu unit yang lebih besar.


7. Ketersediaan Suku Cadang
Sementara Skyline R32, R33, atau R34 termasuk di antara mobil tercepat pada masanya, Nissan tidak pernah membawanya ke Amerika Serikat. Tidak ada kendaraan yang memenuhi pedoman emisi Federal dan keselamatan kecelakaan. Namun setelah 2014, peminat bisa mendatangkan R32 setelah memenuhi syarat, berkat aturan 25 tahun.

Di sisi lain, Toyota menjual Supra dengan mesin 2JZ sebelum dihentikan dari pasar AS pada 1998. Terbukti, 2JZ memiliki jangkauan suku cadang performa aftermarket yang lebih luas yang tersedia di AS, membuatnya lebih mudah untuk membuat mesin berperforma tinggi. Sebaliknya, suku cadang untuk RB26 mungkin lebih sulit ditemukan, terutama di luar Jepang.


8. Biaya
Mesin 2JZ dan RB26 keduanya dianggap sebagai mesin premium dan mahal untuk dibeli, terutama dalam kondisi baik dan prima. Membangun kedua mesin berperforma tinggi ini juga bisa mahal karena biaya suku cadang dan tenaga kerja. Harganya bisa bervariasi tergantung kondisi, tapi motor 2JZ cenderung lebih murah.

Pencarian cepat di eBay menunjukkan mesin 2JZ yang disetel dan diselesaikan mendorong dari mana saja dari 500hp hingga 3000hp dengan label harga mulai dari $10.000 hingga $127.000. RB26 menceritakan kisah serupa, dan beberapa pabrikan aftermarket seperti HKS menjual mesin peti RB26 lengkap seharga $44.000, [Aziz/timBX/berbagaisumber].

Tags :

#
toyota,
#
toyota supra mk4,
#
nissan,
#
nissan skyline r32,
#
rb26,
#
2jz,
#
mesin,
#
jdm,
#
mobil,
#
blackxperience.com

X