MENU
icon label
image label
blacklogo

Kelas FFA Pecahkan Record, EVO 4 dari Engine Plus Libas Dominasi GTR dengan 797,5 HP

OCT 07, 2019@10:00 WIB | 369 Views

Todd Lewis, Technical Director dari Mainline Dynolog menyambut bahagia keikutsertaan 3 supercar Jepang Nissan GTR Nissan R35, Mitsubishi EVO IV dan Toyota Hilux Biturbo. Dengan mesin dyno yang kredibel, Mr.Todd juga didaulat untuk mengemudikan semua mobil peserta diatas mesin dynolog. Dan itu menjadi kehormatan juga bagi para owner peserta Dyno Test tentunya.

Setelah terjadi pemecahan record di BlackAuto Dyno Test, Todd mengaku ini sebagai momen yang cukup bagus."Banyak angka hp yang dihasilkan mobil peserta, dan peserta lumayan banyak. Pemecahan record ini cukup baik, setiap mobil saya bejek throttle secara baik dan mesinnya juga proper untuk menghasilkan tenaga yang besar," buka Mr. Todd yang menilai GTR dan EVO yang cukup impresive.

Todd cukup menyukai generasi EVO dan GTR, apalagi EVO IV yang memecahkan record hingga 797,5 whp hampir 800whp. Record sebelumnya tercatat untuk 749,5 hp yang dihasilkan dari EVO 8 dari tim BKRT. Cukup disayangkan Mr.Todd tidak bisa datang di final BlackAuto Battle di Yogyakarta nanti.

Victor dari XS Automotive juga memberikan apresiasi kepada Engine +, yang telah berhasil membangun EVO IV untuk kompetisi drag, dengan tenaga hampir 800hp. "Cukup bagus saya kira, EVO memang bisa untuk mengejar itu. Saya lihat secara building machine juga bagus, meski itu sebagai mobil drag. Sedangkan R35 masih standar mobil jalanan dan performanya cukup segitu," aku Victor yang juga sudah membangun R35 dengan tenaga 800hp tapi sengaja tidak turun di battle arena Dyno Test.

Terkait cukup mesin Mainline Dynolog yang digunakan BlackAuto Battle  Victor mengaku sudah cukup bagus dan akurat. "Menurut saya mesin Dyno Mainlog yang patut dipakai oleh para tuner-tuner, karena bagus. Saya sendiri menggunakan mesin dynocom, buatan USA. Yang membedakan adalah cara melihat hp, dengan cara kerja yang kurang lebih sama. Kalau di BlackAuto Battle hasilnya kurang 800 hp, jika didyno dimesin saya sudah mencapai diangka 1000hp. Salah satu GTR R35 pernah kami tes diangka 900hp, namun turun di BlackAuto Battle menjadi 700 kecil dan itu sama cara pandangnya," jelas Victor yang selalu mengetes di gigi empat dan itu paling benar. Tapi bila menggunakan gigi tiga, mungkin dengan transmisi matic, bahkan untuk BMW bisa menggunakan gigi 5.

Menurut sang owner EVO IV, Sigit yang juga peserta kejurnas drag di Sentul, mengaku mobil EVO miliknya benar-benar baru jadi. Sektor ECU, mesin dan girbox dan kaki-kaki. Untuk bagian mesin sudah memenuhi spek kompetisi. Mesin Tomei, girbox dog box, shifter squential, dan turbo. Sigit mempersiapkan untuk kompetisi drag secara penuh 4 seri pada  2020 di kelas FFA. EVO IV miliknya dibangun satu tahun lebih. 

"Alhamdulillah, senang sekali memecahkan record. Dalam pribadi kita, tidak ada saling kalah mengalahkan. Kita sadar ini mobil track, namun kita beradu dengan mobil daily seperti R35. Cukup gembira dengan hasilnya, diluar ekspektasi, hanya perlu pengujian traksi di sirkuit dan catatan waktu juga lebih baik," ujar Sigit yang mendapatkan torsi 600 Nm lebih.

Yudistira dari bengkel engine plus menjelaskan pengalamannya membangun Mitsubishi EVO. Namun setiap EVO memiliki karakter tersendiri. Sama-sama membangun mobil drag berbasis EVO, tenaganya tidak sebesar yang saat ini turun di BlackAuto Dyno Test. 

"Mesin EVO ini sebenarnya adalah crack engine dari Tomei. Namun masih kita sempurnakan lagi, sehingga menghasilkan tenaga lebih besar. Dengan merubah piston CP USA, conrod dari Karilo USA, dan spek khusus yang telah diukur kebutuhannya. Engine ini dibangun oleh brand Tomei dengan tipe mesin Genesis. Terbilang rare di Indonesia, saya pesan dengan email," jelas Yudis, yang mengaku hasil ini diluar ekspektasi dan cukup mengagetkan.[Ahs/timBX]

Hasil BlackAuto Dyno Test 2019 Kelas FFA :

1. Evan - XS Automotive - Nissan GTR 2012 (white) - 639hp (R1), 579 hp (R2)
2. Frangky - XS Automotive - Nissan GTR 2012 (Black) - 599,4hp
3. Autokids - The Bardie FT Engine Plus - Evolution IV - 631,4 hp (R1) 797,5 hp (R2)
4. Davide - XS Automotive - Nissan GTR 2008 - 709,4 hp
5. Marco - Toyota Hilux - 283,8 hp

Tags :

#
mitsubishi evolution 4,
#
tomei genesis,
#
blackauto dyno test,
#
ffa class,
#
xs automotive,
#
engine plus,
#
nissan gtr r35,
#
toyota hilux biturbo