MENU
icon label
image label
blacklogo

Porsche Bisa Kembali Ke Formula One, Jika Teknologi Ini Menjadi Kenyataan

MAR 08, 2021@18:00 WIB | 404 Views

Pekan ini, Aston Martin kembali ke arena Formula One setelah absen selama 61 tahun. Menariknya, tidak semua orang terus menggelontorkan uang ke F1, dengan Honda akan keluar dari balap tersebut pada akhir musim ini. Akhir tahun lalu, Volkswagen juga mengumumkan bahwa mereka menyerah pada motorsport. Namun sekarang salah satu perusahaan di bawah payungnya, yaitu Porsche, sedang mempertimbangkan untuk melanjutkan usaha motorsport, terutama di Formula Satu.

Kendati demikian, tidak ada yang pasti, dan regulasi mesin F1 yang rewel akan berperan dalam proses pengambilan keputusan. Jika mereknya benar-benar masuk F1, pasti akan sangat mengasyikkan, tetapi F1 adalah balapan yang sangat berbeda dengan Le Mans, di mana Porsche telah menunjukkan kehebatannya di masa lalu.

Menurut BBC Sport, wakil presiden Porsche Motorsport Fritz Enzinger mengatakan, akan sangat menarik jika aspek keberlanjutan, misalnya, penerapan bahan bakar elektronik berperan dalam [regulasi mesin baru F1]." Peraturan baru tersebut akan diterapkan pada tahun 2025, dan dengan Stuttgart sudah mengembangkan bahan bakar elektroniknya sendiri. Peraturan yang tepat dan waktu yang tepat dapat menciptakan badai yang sempurna bagi Porsche untuk memasuki seri balap utama motorsport. Enzinger melanjutkan, mengatakan bahwa jika bahan bakar sintetis dikonfirmasi.

“Kami akan mengevaluasinya secara rinci di dalam VW Group dan membahas langkah-langkah lebih lanjut. F1 telah berkomitmen untuk bahan bakar elektronik pada tahun 2025, jadi ini hanya masalah bagaimana hal itu menjadi perhatian Porsche,” paparnya.

Laporan lebih lanjut bahwa "tokoh senior F1 mengatakan Porsche telah terlibat dalam diskusi seputar aturan mesin baru." Tentu saja, masuknya Porsche ke F1 akan bermanfaat bagi kedua belah pihak, dengan pabrikan mobil mendapatkan kredibilitas dan prestise motorsport tambahan, sementara F1 akan mampu menarik lebih banyak penonton.

Jika merek memutuskan untuk terlibat, tidak jelas apakah Porsche akan memulai tim kerjanya sendiri, mengambil alih dari tim yang ada, atau bermitra dengan satu tim. Rumor mengatakan bahwa Grup VW telah melakukan pembicaraan eksplorasi awal dengan Red Bull, McLaren, dan Williams. Porsche memiliki atau memiliki hubungan dengan ketiga tim, tetapi Red Bull adalah satu-satunya tim yang mengomentari rumor ini. Red Bull mengatakan bahwa mereka akan mempertimbangkan semua mitra potensial dengan sangat serius. Williams menolak berkomentar, sementara McLaren hanya berkata, "Kami tidak pernah mengomentari spekulasi." [ibd/timBX]

Tags :

#
porsche,
#
formula one,
#
f1,
#
volkswagen