MENU
icon label
image label
blacklogo

Bugatti Mengklaim, Bolide Bertenaga 1.600 HP Dapat Menandingi Mobil Formula 1

APR 13, 2024@15:30 WIB | 169 Views

Bugatti akhirnya menyelesaikan pengujian pada Bolide spesifikasi produksi. Hypercar bersayap liar yang hanya ada di trek balap ini terlihat sama ekstremnya dengan konsep yang memulai debutnya empat tahun lalu, dan setelah evaluasi menyeluruh di sejumlah trek balap, pengiriman ke pelanggan akan segera dimulai. Jika beberapa pembeli itu benar-benar membawa Bolide mereka ke trek, mereka akan bisa merasakan bagaimana rasanya mengendarai mobil Formula 1.

Bolide produksi memiliki 1.578 tenaga kuda dari mesin W-16-nya dan jauh lebih ringan, beratnya sekitar 3.200 pon (1.451 kg) dibandingkan 4.300 (1.950 kg) untuk Chiron. Rata-rata mobil Formula 1 saat ini diperkirakan memiliki tenaga sekitar 1.000 hp, sehingga Bolide tentu memiliki keunggulan tenaga. Tapi bobotnya lebih menguntungkan mobil F1 dengan selisih yang signifikan.

Tapi tampaknya jaraknya cukup dekat untuk memberikan Bolide "hak untuk menyombongkan diri". Driver Bugatti, Andy Wallace mengatakan performanya berada pada level yang sangat berbeda dari mobil lain yang pernah dikendarainya, sangat mumpuni namun tetap mudah dikendalikan pada batas maksimal.

Baca juga: Bugatti Mistral, Hypercar Terakhir Bugatti Yang Gunakan Mesin Legendaris W16

Model produksi Bolide sedikit lebih "jinak" dibandingkan konsepnya. Awalnya model ini akan mengemas 1.826 hp dengan kecepatan tertinggi teoritis lebih dari 300 mph (485 km/jam), namun versi yang dapat dibeli hanya memiliki kecepatan tertinggi 236 mph (380 km/jam). Tetap berpegang pada perbandingan F1, Bugatti menunjukkan bahwa itu lebih cepat dari rekor kecepatan F1 saat ini (231 mph / 370 km/jam), tetapi seperti kita semua tahu, balap bukan hanya tentang daya dorong yang besar.

Tetap saja, Bolide seharusnya menjadi mesin yang hebat di lintasan dengan banderol harga $4 juta (Rp 64 miliaran), dan hanya 40 unit yang dijadwalkan untuk diproduksi. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
bugatti bolide,
#
bugatti,
#
f1

X