MENU
icon label
image label
blacklogo

F1 GP Tiongkok: Kualifikasi Seru, Max Verstappen Rebut Pole Position

APR 21, 2024@10:00 WIB | 148 Views

Setelah menenangi balapan Sprint Race di Sabtu pagi (20/4/2024), Max Verstappen melanjutkan dominasinya dalam gelaran F1 GP Tiongkok. Pembalap Red Bull ini berhasil merebut pole position dalam sesi kualifikasi yang seru dan menengangkan ini.

Pembalap Belanda ini berhasil mengalahkan rekan setimnya sendiri, Sergio Perez dan Fernando Alonso dan pembalap Aston Martin, Fernando Alonso yang start nomor dua dan tiga. Dalam kulaifikasi yang berlangsung Sabtu sore tersebut, ada beberapa kejadian menarik yang membuat sesi ini menjadi seru untuk disimak.

Dimuali dari segmen Q1, salah satu kejutan terbesar adalah tereliminasinya Lewis Hamilton. Yap, pembalap tim Mercedes hanya berhasil menempati posisi 18. Selain Hamilton, jagoan tuan rumah, Zhou Guanyu juga harus out di Q1 dan start di posisi 16.

Pembalap lainnya yang juga tereliminasi di Q1 adalah Kevin Magnussen yang akan start di posisi 17 diantara Zhou dan Hamilton. Sedangkan dua pembalap yang start di posisi 19 dan 20 yaitu Yuki Tsunoda dan Logan Sargeant.

Lanjut ke segmen Q2 yang ternyata juga memberikan sebuah drama yang cukup seru. Carlos Sainz yang sedang mencatatkan hot lap melintir di tikungan terakhir. Sayap depan mobil pembalap Ferrari ini mengalami kerusakan. Meski begitu, ia masih bisa melajukan mobilnya untuk masuk ke pit stop.

Akibat insiden ini membuat segmen Q2 sempat dihentikan sementara. Meski terlihat ada kerusakan, ternyata efeknya tidak begitu buruk bagi Carlos Sainz dan dirinya masih bisa melanjutkan sesi kualifikasi. Dan juga ia berhasil lolos ke segmen Q3 dan masuk lima besar di Q2.

Di segmen Q2 ini, lima pembalap dengan catatan waktu terlambat tereleminasi. Mereka adalah Lance Stroll, Daniel Ricciardo, Esteban Ocon, Alex Albon, serta Pierre Gasly yang akan start di posisi 11 hingga 15.

Lanjut ke segmen penentuan alias Q3, barulah persaingan sengit terjadi. Meski begitu, Max Verstappen dominan dengan merebut pole position dengan catatan waktu 1 menit, 33,660 detik. Ia unggul hingga 0,3 detik atas rekan setimnya, Sergioe Perez yang start nomor dua dan 0,5 detik atas Fernando Alonso yang start ketiga.

Duo Mclaren, Lando Norris dan Oscar Piastri tampil impresif dengan merebut posisi start empat dan lima. Keduanya berhasil mengalahkan duo Ferrari, Charles Leclerc dan Carlos Sainz yang start nomor enam dan tujuh. George Russell akan start nomor delapan diikuti Nico Hulkenberg dan Valtteri Bottas yang akan start sembilan dan sepuluh pada balapan sore nanti. [edo/timBX]

Tags :

#
max verstappen,
#
f1,
#
gp tiongkok,
#
kualifikasi,
#
pole position

X