MENU
icon label
image label
blacklogo

Perancis Bikin Larangan Menggunakan Ponsel Bahkan Saat Berhenti

FEB 10, 2018@17:00 WIB | 346 Views

Putusan pengadilan tinggi di Perancis sekarang telah memutuskan adalah ilegal memegang telepon Anda ketika sedang berkendara di jalanan umum, bahkan ketika menepi dan dengan mesin dimatikan.

Mengutip laporan Le Figaro bahwa dalam upaya untuk mengurangi jumlah kematian akibat jalan di negara itu, sebuah keputusan baru telah mengubah undang-undang saat ini soal menyatakan makna 'berkendara di lalu lintas'. Akibatnya, pengemudi tidak bisa lagi menepi untuk mengecek ponsel mereka. Sebagai gantinya, mereka harus diparkir di tempat yang ditunjuk.

Satu-satunya pengecualian terhadap undang-undang ini adalah jika seseorang mengalami kecelakaan atau kerusakan dan perlu melakukan panggilan atau mengirim teks. Mereka yang diketahui melanggar undang-undang yang telah diubah tersebut dapat dikenakan denda poin pada lisensi SIM mereka dan denda 135 euro.

Putusan ini diberlakukan setelah sebelumnya upaya terbaru dari pihak berwenang Prancis untuk mengurangi kemacetan di jalan tol. Baru-baru ini, sebuah keputusan juga dibuat untuk mengurangi batas kecepatan pada jalur dua jalur dari 90 jadi 80 km/jam. Seperti yang diharapkan, tidak semua orang senang dengan hukum telepon genggam yang baru itu.

Berbicara kepada Le Figaro, juru bicara Yves Carras, sebuah lembaga negara yang setara dengan AAA mengindikasikan bahwa undang-undang tersebut tidak dipikirkan secara matang. "Saya pikir kita harusnya lebih mendorong pengendara untuk berhenti saja saat mereka menggunakan ponsel mereka," katanya. Hmm, kalau di sana saja menerima banyak kecaman, bagaimana bila diterpkan di Indonesia, ya? [bil/timBX]

Tags :

#
auto news,
#
larangan nelpon,
#
driving ethics