MENU
icon label
image label
blacklogo

Peranan Kabel Dalam Car Audio, Blind Test Harmonic Harmony

JUL 23, 2020@11:00 WIB | 998 Views

Audio mobil seperti banyak umum tahu terdiri atas komponen inti seperti head unit, speaker, amplifier dan crossover. Tapi lepas dari itu, banyak yang tidak menyadari jika ada sebuah komponen audio yang tak kalah penting dalam mencipta sistem audio yang solid, kabel.

Guna memberikan edukasi kepada pemain audio awam, Audio Plus Indonesia menghadirkan Harmonic Harmony Experience di mana media dapat mendengarkan secara langsung perbedaan kualitas ketika menggunakan kabel yang proper.

“Ibarat berkendara, mobil adalah sebagai komponen audio utama dan jalan adalah kabel, jadi percuma jika kita menggunakan mobil yang kencang jika jalanan yang kita lalui kurang mendukung. Perangkat audio utama tentu akan lebih maksimal dan mantap dengan kualitas kabel yang baik juga.” Ungkap  Andreas Tjahjadi, CEO PT Audio Plus Indonesia.

Benar saja saat tim BlackXperience mencoba dalam blind test, kualitas audio yang dihantarkan kabel Harmonic Harmony memang berbeda. Pengujian pertama menggunakan full kabel Hamonic Harmony mulai dari power, RCA, dan speaker, lalu bertahap masing-masing diganti dengan kabel biasa. Hasilnya?

Terdengar dari treble agak menurun tidak lagi crisp, vokal kurang solid, dan tekanan bas yang tidak terkontrol. Bisa disimpulkan jika komponen kabel memang memegang peranan yang tidak dapat diremehkan.

Harmonic Harmony adalah salah satu brand yang cukup terpecaya dengan kontruksi internal yang berbeda dari komponen kabel standar, di mana ia terdiri dari beragam kabel yang berbeda dalam satu rangkaian. Seperti contoh, Harmonic Harmony Acapella terdiri dari 4 kabel 20 AWG OFC solid core dengan twisted structure yang cocok untuk penyuka warna suara natural. Sedangkan Concerto terdiri atas 2 buah batang tembaga 20 AWG OCC solid rectangular.

Kesemuanya bertugas untuk menghantar kualitas audio ke tingkat yang lebih maksimal. Dalam pengujian, kita juga menggunakan speaker Ground Zero GZRC 165 edisi Anniversary-25, dan subwoofer Ground Zero GZRB 16SPL, sebuah subwoofer dengan vented box bertenaga 500 Watts RMS. [leo/timBX]

Tags :

#
harmonic harmony,
#
car audio,
#
audio mobil,
#
auto news