MENU
icon label
image label
blacklogo

Paten Honda Bocor, Indikasikan Superbike Baru dalam Daftar

NOV 12, 2021@17:00 WIB | 156 Views

Sudah lebih dari 35 tahun sejak Suzuki GSX-R750 meletakkan template yang masih diikuti oleh hampir setiap superbike Jepang.

Honda telah bekerja keras menciptakan mesin yang dapat menggulingkan beam frame dan kombinasi inline-four. Sudah 30 tahun lamanya Honda merilis superbike Fireblade dan era dominasi perusahaan di segmen ini sudah lama berlalu.

Akan tetapi, tahun ini sedikit berbeda bagi Honda karena gambar paten terbarunya bocor ke publik. Paten yang diajukan di Jepang tersebut mengungkapkan tingkat detail yang mengejutkan, menunjukkan bahwa ini lebih dari sekedar latihan teoretis. Ya, itu menunjukkan deskripsi dan gambar sasis radikal serta bagian tambahan seperti instrumen, cermin, kontrol batang dan bahkan suku cadang.

Baca juga: Honda Perkenalkan Compact SUV Beremblem RS, Futuristik dan Cadas

Inti dari desainnya adalah mesin empat silinder segaris DOHC konvensional. Mesin empat silinder ini melintang, digunakan sebagai anggota struktural rangka, dengan bagian sasis dibaut ke casing. Di sini, mesin bertindak sebagai unit yang tertekan penuh. Jadi, tidak ada balok untuk menghubungkan kepala kemudi ke poros lengan ayun.

Meski belum diketahui secara pasti, paten ini mengindikasikan mode superbike. Desainnya menampilkan bagian depan monocoque dibaut ke bagian atas mesin dan menahan headstock. Dengan bagian berlubang tepat di belakang jeruji yang berisi baterai dan elektronik untuk menjaga massa tetap terpusat.

Di bagian belakang, dua bagian paduan menjepit transmisi dan menahan poros lengan ayun dan dudukan atas shock belakang. Shock belakang remote-reservoir menempel pada swingarm satu sisi melalui linkage tingkat naik. Keduanya dipasang ke bagian sasis belakang paduan cor yang dibaut ke transmisi.

Fairing yang pas di bagian depan adalah satu-satunya bodywork yang terpisah, karena seluruh ekornya adalah monocoque. Itu terbuat dari bahan komposit yang dibaut ke bagian depan, dan berfungsi sebagai tangki bahan bakar dan unit kursi mandiri. Airbox dibuat di bagian berongga, tempat baut tangki ke sasis depan.

Baca juga: Honda Kembali Produksi S660 Hanya Untuk Pasar Jepang

Semakin menawan karena paten menampilkan tacho 14.000 rpm dengan mesin unit 1000cc. Ini cocok dengan garis merah Fireblade, tampak kontrol standar, dan ada layat TFT lainnya di samping.

Spion, braket plat nomor, sidestand dan bahkan catalytic converter muncul di paten. Ini menunjukkan bahwa terlepas dari sasis yang tidak konvensional, model baru dapat segera muncul di ruang pameran.[yub/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
honda,
#
superbike honda,
#
paten honda bocor,
#
superbike baru