MENU
icon label
image label
blacklogo

Honda Memperkenalkan Jajaran Ye EV di China

APR 17, 2024@11:30 WIB | 133 Views

Dapat dikatakan bahwa Honda tertinggal dalam hal kendaraan listrik, namun perusahaan tersebut tengah melakukan comeback. Awal tahun ini, mereka mengumumkan kendaraan listrik seri 0 (Nol) baru untuk pasar global, namun untuk Tiongkok, produsen mobil Jepang tersebut justru mengembangkan rangkaian model listrik baru yang diberi nama Ye.

Tidak ada hubungannya dengan nama rapper yang sebelumnya dikenal sebagai Kanye West, sub-merek Ye (karakter Mandarin yang berarti "bersinar cemerlang") yang baru akan memulai debutnya di Auto China di Beijing minggu depan, terdiri dari SUV P7 dan S7 serta sedan Konsep GT.

Ketiga mobil tersebut terlihat jauh lebih siap produksi dibandingkan konsep 0 Space Hub dan Saloon. Tidak mengherankan, mengingat P7 dan S7 akan mulai dijual pada akhir tahun. Kedua crossover tersebut tampak hampir identik, menampilkan desain kaca depan wraparound, kaca belakang miring, dan pilar D tebal yang mengingatkan pada Avancier dan UR-V yang hanya ada di China.

Perbedaannya terletak pada tampilan depan dan belakang, khususnya lampu depan dan belakang yang lebar penuh – P7 memiliki item berbentuk C konvensional, sedangkan S7 memiliki grafis X dan H yang khas di bagian depan dan belakang. Kita dapat berasumsi bahwa setiap model akan dibuat dan dijual secara eksklusif melalui dua perusahaan patungan lokal Honda, yaitu GAC Honda dan Dongfeng Honda.

Yang umum pada kedua model ini adalah fitur-fitur yang pertama kali terlihat pada Honda e, seperti gagang pintu pop-out dan kamera tampak samping. Mereka juga menampilkan branding Honda baru yang memulai debutnya pada seri 0, terdiri dari logo H gaya lama tanpa batas di bagian depan dan tulisan Honda dengan spasi di bagian belakang; branding Honda juga ditampilkan di pintu depan. Berbeda dengan Honda EV sebelumnya, port pengisian daya terletak di spatbor depan, bukan di bagian muka.

Bagian dalam, P7 dan S7 melanjutkan template yang ditetapkan oleh e:N1 berbasis HR-V, dilengkapi dengan layar sentuh format portrait besar di tengah dan tampilan instrumen digital layar lebar di depan pengemudi. Berbeda dengan e:N1, layar instrumen diposisikan lebih tinggi di dashboard dekat garis pandang pengemudi, sehingga memerlukan pemasangan roda kemudi yang rata dengan tulisan Honda.

Fitur lainnya termasuk sistem kontrol suara berbasis AI dan dasbor serta deck card yang menyala berdasarkan fungsi tertentu. Belum ada detail mekanisnya, namun telah dipastikan bahwa P7 dan S7 akan ditawarkan dalam bentuk penggerak belakang dan semua roda.

Sementara itu, GT Concept, memperlihatkan sedan baru yang akan mulai dijual pada akhir tahun 2025. Model ini menampilkan desain yang jauh lebih sporty, dengan grafis kepala dan lampu belakang berbentuk X yang sama dengan S7, spatbor yang dalam. ventilasi udara, lampu kabut belakang ala Formula 1, dan kaca depan belakang yang tampak terbelah – mirip dengan CR-Z dan Insight lama.

Honda mengatakan bahwa mereka berencana untuk memperkenalkan enam model Ye pada tahun 2027, dan jika digabungkan dengan e:NP1 dan e:NS1 (versi e:N1 untuk pasar Tiongkok), perusahaan tersebut akan meluncurkan sepuluh kendaraan listrik di Tiongkok pada saat itu. Belum ada info model EV lainnya, namun perusahaan tersebut bertujuan untuk menjadi merek khusus kendaraan listrik di Asia Tengah pada tahun 2035. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
honda ye,
#
honda,
#
ev

X