MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP Resmi Menunda Balapan di Jerez

MAR 29, 2020@12:00 WIB | 146 Views

Grand Prix MotoGP Spanyol di Jerez yang akan berjalan pada awal bulan Mei telah ditunda karena pandemi virus Corona.

Wabah COVID-19 sekarang berpusat di Eropa membuat Formula 1 baru-baru ini menunda balapan di Belanda dan Spanyol dan membatalkan GP Monaco.

MotoGP membatalkan balapan pembuka musim di Qatar, dan balapan di Thailand, Austin dan Argentina ditunda hingga akhir tahun karena situasi virus Corona.

Diharapkan balapan Jerez pada tanggal 3 Mei bisa menjadi pembuka resmi musim 2020, tetapi itu pupus pada hari Kamis (26/3/2020) promotor MotoGP Dorna Sports dan badan pengelola FIM resmi menunda balapan tersebut.

Menyusul hilangnya empat balapan terakhir, kalender baru segera dikeluarkan oleh FIM. Namun, tanggal baru untuk GP Spanyol tidak akan diumumkan sampai situasi virus Corona di seluruh dunia menjadi lebih jelas dan pasti.

Pernyataan lengkap FIM berbunyi, "FIM, IRTA dan Dorna Sports menyesal harus mengumumkan penundaan Red Bull Gran Premio de España, yang akan diadakan di Circuito de Jerez-Angel Nieto pada tanggal 1-3 Mei 2020.”

"Wabah virus Corona yang sedang berlangsung telah mewajibkan acara tersebut dijadwal ulang.”

"Karena situasinya tetap dalam evolusi konstan, tanggal baru untuk GP Spanyol tidak dapat dikonfirmasi sampai menjadi lebih jelas kapan tepatnya akan dimungkinkan untuk mengadakan acara tersebut.”

"Kalender yang direvisi akan diterbitkan segera setelah tersedia."

Diharapkan Grand Prix Prancis dan Italia di Le Mans dan Mugello masing-masing juga akan diasingkan dari slot mereka saat ini, dengan keputusan tentang yang sebelumnya diharapkan ada pada awal April, menurut promotor Gramd Prix Prancis.

Penundaan di Jerez juga berarti uji coba pra-musim terakhir dan putaran pembuka kejuaraan dunia MotoE 2020 tidak akan terjadi.

Dorna sebelumnya menyatakan harapannya untuk tetap dapat menjalankan 19 balapan yang tersisa setelah pembatalan Qatar.

Kalender yang direvisi terbaru dikeluarkan menunjukkan adanya 8 balapan dalam 10 minggu, dengan musim tidak mungkin berakhir pada 29 November 2020 di Valencia.

Namun, Dorna dan FIM tidak mengesampingkan menjalankan periode lebih lama jika dibutuhkan, sementara dua balapan akhir pekan dan balapan di balik pintu tertutup juga telah diperdebatkan.[Ade/Hsn/timBX]

Tags :

#
spanyol,
#
jerez,
#
covid-19,
#
motogp