MENU
icon label
image label
blacklogo

BMW Motorrad Targetkan Masuk MotoGP Di Tahun 2027?

APR 09, 2024@10:00 WIB | 254 Views

Salah satu brand motor yang digadang-gadang bakal masuk MotoGP adalah BMW Motorrad. Yang terbaru, pabrikan asal Jerman ini sudah berancang-ancang akan masuk ke ajang balap paling bergengsi ini setidaknya pada tahun 2027 mendatang.

Melansir Motorsport.com baru-baru ini, CEO BMW Motorrad, Markus Flasch menyebut tahun 2027 dipilih sesuai dengan rekomendasi Dorna. Diketahui di tahun tersebut, MotoGP akan melakukan perubahan regulasi secara radikal. Sehingga BMW Motorrad punya waktu yang cukup untuk pengembangan motor yang bisa kompetitif.

“Ini merupakan salah satu ide yang menarik untuk kami bisa ikut terlibat lebih optimal saat masuk ke MotoGP. Kami membutuhkan analisis strategi yang tepat seperti transfer teknologi serta hal lainnya agar bisa meyakinkan kami bahwa MotoGP ini punya potensi yang sangat besar”, ungkap Flasch.

Sebelumnya, BMW Motorrad seperti ogah-ogahan untuk masuk ke balap MotoGP selama beberapa tahun terakhir. Namun setelah melihat kemenangan Toprak Razgatlioglu bersama BMW Motorrad di seri World Superbike Catalunya seolah memberi keyakinan bagi BMW Motorrad untuk melebarkan sayap ke MotoGP.

Berbicara mengenai regulasi MotoGP 2027, bakal hadir dengan beberapa ubahan yang sangat signifikan. Salah satu diantaranya adalah perubahan kapasitas mesin dari sebelumnya 1.000cc kini diturunkan menjadi 850cc.

Diketahui alasan penurunan kapasitas mesin ini karena top speed motor MotoGP sekarang terlampau kencang yang justru cukup membahayakan. Terlebih dengan berbagai perangkat Aero serta beberapa perangkat elektronik lainnya membuat kemampuan pembalap secara alami seperti diragukan.

Karena ditargetkan masuk di tahun 2027 membuat BMW Motorrad setidaknya punya waktu tiga tahun untuk pengembangan motor prototipe MotoGP mereka. Karena saat itu, semua pabrikan bakal memulai semua pengembangan motor 850cc ini dari nol dengan tujuan membuat balapan bisa lebih kompetitif lagi. [edo/timBX]

Tags :

#
bmw,
#
bmw motorrad,
#
motogp,
#
balap motor

X