MENU
icon label
image label
blacklogo

Liberty Media Selangkah Lagi Membeli Saham Dorna, MotoGP Makin Berasa F1

MAR 28, 2024@14:00 WIB | 220 Views

Liberty Media diketahui menjadi pemilik dari ajang balap mobil paling bergengsi, Formula 1. Perusahaan asal Amerika Serikat ini bakal melebarkan sayapnya ke ajang balap motor MotoGP dengan membeli saham dari pemilik ajang balap tersebut, Dorna.

Melansir Financial Times, Rabu (27/3/2024), Liberty Media bahkan tinggal selangkah lagi bakal resmi membeli saham Dorna tersebut. Gak tanggung-tanggung, Liberty Media menggelontorkan uang hingga 4 miliar Dolar Amerika untuk membeli saham perusahaan asal Spanyol tersebut.

Diketahui Dorna memang tengah membuka tender untuk penjualan saham mereka ke pihak lain. Selain Liberty Media, ada tawaran dari TKO yang saat ini mengelola kompetisi gulat bergengsi UFC dan WWE. 

Lalu ada juga Qatar Investment Fund yang dimiliki oleh pemerintah Qatar dan saat ini memiliki beberapa klub sepakbola seperti Paris-Saint Germain. Serta ada juga Bridgepoint yang masih punya afiliasi dengan Dorna dan MotoGP.

Meski hampir pasti membeli saham Dorna, Liberty Media justru dihadapkan dengan masalah legalitas di Eropa. Diketahui, Uni Eropa melarang satu perusahaan mengelola dua entiti yang berbeda yang dalam kasus ini adalah ajang balap F1 dan MotoGP.

Andai pembelian saham ini berjalan mulus, kemungkinan beberapa gimmick yang hadir di F1 juga bakal dibawa Liberty Media ke MotoGP. Seperti contohnya yaitu bakal hadir yaitu seri dokumenter seperti Drive To Drive namun dengan latar balap MotoGP.

Kemudian Liberty Media juga bakal membawa unsur entertainment yang lebih besar saat gelaran race weekend MotoGP berlangsung. Di ajang F1, strategi seperti ini terbilang sangat ampuh menarik banyak penonton untuk datang langsung ke sirkuit. [edo/timBX]

Tags :

#
f1,
#
motogp,
#
liberty media,
#
dorna,
#
akuisisi

X