MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Cal Crutchlow Terima Torrens Trophy

JAN 25, 2017@18:30 WIB | 308 Views

Sebuah penghargaan bergengsi dari Royal Automobile Club (RAC) bernama Torrens Trophy diberikan kepada pebalap Honda Cal Crutchlow dari LCR Honda di ClubHouse Pall Mall. Penghargaan tersebut diberikan kepada pebalap tersebut karena telah memenangkan kejuaraan Dunia Motorcycle Grand Prix di kelas premier dalam 35 tahun.  Trophy tersebut hanya diberikan 9 kali dalam sejarah.

“Saya merasa sangat istimewa bahwa TAC menganggap layak mendapatkan trophy tersebut,” tutur Crutchlow 31 tahun. “Kurun waktu pemberian trophy tersebut cukup lama dan banyak kerja keras, jadi sangat menjadi kehormatan oleh tokoh industri,” lanjutnya.

Chairman dari Torrens Trophy Nominations Committee, Barrie Baxter menegaskan,”Cal Crutchlow salah satu pebalap yang tak kenal rasa takut di MotoGP. Tahun lalu, kemenangan dia menjadi pebalap Inggris yang pertama di kelas Premier MotoGP, sejak Barry Sheene tahun 1981 di Grand Prix Brno Ceko.”

Karir balap Cal Crutchlow dimulai sejak masih berusia 11 tahun. Dengan Memenangkan  UK Junior Challenge tahun 1999. Pada 2001 dia mendapatkan mahkota Aprilia RS125 Challenge, kemudian lolos menjadi Supersport Championship Inggris dan menjadi juara pada 2006. Kemudian pindah ke kelas British Super Bike (BSB) dengan tim Rizla Suzuki dan di tim HM Plant Honda dengan 2 kemenangan.

Tahun 2009 dia kembali memenangkan World Supersport Championship dengan skuad Yamaha.  Di kelas berikutnya dia mengambil 3 kemenangan di kelas World Superbikes.  Tepat pada tahun 2011, ia lulus di kelas MotoGP dengan Rookie of The Year.  Tahun 2016 kemarin, Cal Crutchlow memenangkan Grand Prix Ceko dan meraih kedua pada Grand Prix Australia.

Prestasi panjang Crutchlow menyingkirkan beberapa pebalap dari Inggris lainnya, seperti Jonathan Rea dan Michael Dunlop. Jonathan Rea menjadi juara 2 kali World Superbike di tahun 2015 dan 2016, sedangkan Dunlop  memenangkan dua balapan di Isle of Man TT pada Juni lalu dengan rekor  Mountain Circuit  dengan kecepatan 215,6 kph.

Torrens Trophy pertama kali diberikan tahun 1978, guna mengenang Arthur Bourne, seorang wartawan otomotif yang menulis kolom dengan nama samaran Torrens.  Arthur Bourne juga Wakil Ketua Royal Automobile Club.[Ahs/TimBx]

Tags :

#
cal crutchlow,
#
motogp,
#
motogp 2017