MENU
icon label
image label
blacklogo

6 Pilihan Sportscar untuk Pecinta Performance di 2020

DEC 26, 2019@16:05 WIB | 1,090 Views

Tahun 2019 menjadi tahun yang paling menarik bagi manufaktur untuk saling berlomba memproduksi mobil sports terbaik. Mulai dari manufaktur Korea, Jepang, Jerman, masing-masing dipilih oleh media otomotif motorauthority.com, sebagai atas dasar penilaian internal, terhadap 20 mobil yang launching tahun 2019, termasuk SUV, Coupe, dan hatchback. Beberapa diantara terlempar dari penilaian karena timing yang belum sesuai.

Beberapa penilaian mencakup kinerja mesin, sektor penggerak, desain, value, passion dan teknik engineeringnya termasuk pembaharuan pada sektor yang dilakukan secara signifikan. Diskusi ini melibatkan debat yang berjam-jam, dan akhirnya merumuskan pada 6 model terbaik.

1. BMW 8-Series

Sedan 8 Series dari BMW merupakan kelanjutan dari 6 series. BMW telah menyempurnakan formasi turbo 6 dan turbo 8, dikembangkan dalam model coupe, convertible, grand coupe dan M8. Dengan desain body yang panjang dan ramping terbuat dari bahan baja disektor tenaga juga cukup melimpah antara 320 hp dan 530 hp. Sektor interior juga dibekali dengan kabin yang mewah. Belum ada jawaban yang pasti mengapa seri-8 dilakukan pemangkasan jumlahnya tahun ini, atau BMW sendiri sedang mempersiapkan varian GT?

2. BMW Z4

Keterkaitan sosok penerus BMW Z4 cukup dekat dengan kelahiran Supra terbaru. BMW Z4 menyediakan dua pilihan mesin 2.0 dengan turbo-6 penyempurnaan dari dari sebelumnya turbo-4. Kedua seri mesin ini memiliki kurva torsi yang cukup datar, dengan exhaust yang disempurnakan sedangkan desai bonnet menyerupai desain hiu.  Dengan kehadiran Z4 ini, BMW akhirnya memperpanjang keistimewaan BMW Z3 dengan sedikit amibisius.

3. Hyundai Veloster N

Hyundai Veloster generasi kedua lahir dengan desain lebih sporty dari generasi pertama, terutama pada model N dengan aerodinamika yang sporty.  Hyundai membekali Veloster N dengan suspensi setingkat  kemampuan sirkuit, dan dibekali rasio kemudi yang lebih cepat.  Menggunakan mesin 2.0, turbo 4 dengan tenaga supernya 260 hp. Veloster N membangkitkan lini bisnis Hyundai yang agak lesu.  Tersedia juga pilihan transmisi manual 6 percepatan, dan sektor performance tidak serta merta mengalahkan fitur lainnya, karena Veloster N juga menanamkan kenyamanan yang baik, dengan kata lain Veloster N merupakan kelas tersendiri dan misinya tercapai.

4. Mercedes-AMG GT 4 Door Coupe

 

Yang dimaksud dengan redaksi bukan AMG GT coupe dengan 4 pintu, melainkan  secara teknis adalah versi hatchback dari CLS, sekaligus menjadi versi fastback dari E-Class. Big Hatchback ini dibekali dengan mesin AMG, twin turbo inline 6 silinder, atau versi twin turbo V-8 yang cukup bertenaga lebih. Karena performance yang lebih membuat akselerasinya cukup mumpuni di saat ditikungan, belokan patah di puncak, serta mampu melahap di trek lurus. Ini semua berkat sentuhan AMG yang head to head dengan pabrikan Jerman lain Panamera.

5. Porsche 911

Porsche 911 juga melaunching versi terbaru di 2019. Cukup mirip dengan versi terakhir 911 dan 911 sebelumnya.  Evolusinya cukup indah dan menggembirakan. Pasalnya Porsche 992 911 memiliki interior yang baru, performance lebih tinggi, teknologi yang baru dan sasis yang unflappable. Masih banyak tolok ukur sports car, termasuk versi Porsche 911 2019 ini.  Soal powertrain, 911 dengan name code 992 menggunakan mesin berkapasitas 3.0 liter, twin turbochargers, flat 6 engine.

6. Toyota Supra 

Legenda Supra akhirnya kembali setelah penantian selama 13 tahun sebagai generasi ke-5. Secara komposisi sentuhan gaya Toyota cukup sedikit, dan lebih banyak sentuhan Z4 generasi ketiga. Bukan tidak mungkin Toyota memproduksinya sendiri, namun kenyataannya adalah setiap panel body menggunakan nomor komponen milik BMW, bahkan badge Toyota sendiri memiliki bagian nomor dari komponen BMW. Interiornya dipasang langsung di tempat komponen BMW dirakit, dan sudah dilengkapi dengan sistem infotainment versi iDrive yang lebih lengkap. Setidaknya mesin 2000 cc V-6 segaris ini telah dibekali turbocharged dengan dengungan suara yang luar biasa, dan benar-benar baru bukan lanjutan dari 2JZ yang cukup diburu para petrolhead tersebut. [Ahs/timBX]
 

Tags :

#
sports car,
#
bmw 8-series,
#
bmw z4,
#
hyundai veloster n,
#
mercedes-amg gt 4 door coupe,
#
porsche 911,
#
toyota supra