MENU
icon label
image label
blacklogo

Upgrade Velg Toyota Voxy Biar Tambah Gaya dan Nyaman

DEC 12, 2018@13:00 WIB | 2,701 Views

BlackPals, Auto Jurnal kali ini masih membahas tentang modifikasi All New Toyota Voxy sebagai senjata PT Toyota Astra berperang di segmen MPV, lebih sebagai minivan kelas menengah. Modifikasi kali ini lebih fokus kepada sektor kaki-kaki dari All New Toyota Voxy. Dengan body yang  bongsor dan ruang vender yang besar, pabrikan hanya menggunakan velg standar 16 inci, dipadukan dengan ban Toyo Proxes T1R yang menonjolkan kemewahan eksteriornya dan itu menjadi laik dipasarkan di harga Rp458 jutaan.

Celah itulah yang bisa dimanfaatkan agar mempercantik penampilan All New Toyota Voxy. Bersama bengkel Autostyle Indonesia yang digawangi oleh Amin Sutiono, tim Blackxperience.com mencoba peluang memodifikasi kaki-kaki sehingga bisa tampil maksimal dan tetap proper berjalan di berbagai kondisi medan. Sebagai mobil keluarga, tentunya Black Pals tidak ingin tampilan mobilnya hanya standar, dan permasalahannya jika tetap standar, sepertinya kesulitan untuk medan yang lebih ekstrim, mengingat ground clearance-nya cukup rendah.

Seorang customer menceritakan kepada Amin, bahwa Toyota Voxy miliknya tidak bisa masuk parkiran rumah, karena mentok di bemper.  Dan minivan yang secara bodywork sudah stylish ini, terlihat mendem, dengan tampilan velg standarnya. Bro Amin kemudian menyarakan ke temannya, agar upgrade velg ke ukuran 18 inci.

“Ganti dengan ukuran velg 18 inci, efeknya ground clearance naik 2 inci, itu lebih aman, dan dikombinasikan dengan ban ukuran 50. Saran saya diragukan oleh customer, namun saya menyarankan untuk fitting, layaknya kita membikin baju. Awalnya kita gunakan ukuran 45 terlihat kekecilan, kemudian diganti dengan 225/50-18, dengan ban Continental, dipadukan velg 18 inci, lebar 8 inci dan offset 45, itu menjadi rekomendasi saya,” jelas Amin kepada tim Blackxperience.com,  bahwa setelah modifikasi velg terlihat lebih gaya dan nyaman untuk family car.

Ukuran ban 50 inci, menurutnya cukup aman untuk pergi keluar kota, menghindari velg bengkok dan bantingan keras. Secara fungsional sudah bisa menaikkan ground, dan lebih stylish. Ada banyak varian ukuran 18 velg yang mendukung tampilan All New Voxy, pertama merek Sparco Trofeo 5 ET 38, yang dikembangkan dari OZ Racing, memiliki warna yang kontras dari warna All New Voxy. Kedua merek Helo, yang merupakan line product dari brand KMC yang terkenal di dunia off-road.  Gaya Helo lebih ke face spoke, pola jari-jari dengan offset 38.

“Pola yang kita terapkan, ketika warna body mobil gelap, maka modifikasinya gunakan velg yang warna terang. Begitu juga sebaliknya body terang, maka gunakan velg warna gelap,” jelas Bro Amin. Ukuran yang dianjurkan Autosytle Indonesia juga telah mengantisipasi sliding door tidak mentok dengan permukaan ban. Perhatikan mobil dengan gaya sliding door perlu kehati-hatian,  butuh ukuran yang pas agar tidak menyentuh permukaan ban.

“Ukuran offset harus pas, antara velg depan dan belakang, untuk mendukung safety. Offset velg standarnya sebenarnya diangka 45-50, namun dengan size 16x6.5 terlihat kecil. Dengan mengganti size menjadi 18x8.0 maksimal  dengan offset 45, itu tidak lagi memerlukan otak-atik fender dalam, dan itu aman disemua kondisi, seperti tanjakan  sekalipun,” kilah bro Amin yang cukup menyenangkan dengan All New Voxy ini.

Untuk paket pertama ban Continental dengan velg Sparco dihargai Rp18,5 juta. Sedangkan paket  kedua antara velg Helo dengan ban continental, dikisaran Rp19,5 jutaan. Jadi Black Pals, tunggu apalagi, kenyamanan All New Voxy bakal lebih terjamin, di semua kondisi medan baik kota atau luar kota. [Ahs/timBX]

Paket Pertama  Sparco Trofeo 18x8.0 ET 38 dengan Ban Continental 225/50-18 Rp18,5 jutaan

Paket Kedua  Helo HE894 18x8.0 ET 38 dengan Ban Continental 225/50-18 Rp19,5 jutaan

Tags :

#
auto jurnal,
#
modifikasi,
#
kaki-kaki,
#
all new toyota voxy,
#
autostyle indonesia