MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Audio Toyota Voxy, Kualitas Audio Lebih Bagus dengan Upgrade Standar

DEC 05, 2018@12:00 WIB | 101 Views

Sistem Audio pada Toyota Voxy dirasakan oleh user masih kurang memberikan efek sound yang enak, termasuk diantaranya kualitas suaranya yang masih mendem karena kurangnya power.  Kemudian posisi speaker yang dibawah tidak mendukung performa audionya terdengar perfect di telinga user. Selain itu head unit  standart tidak bisa mirroring ke iphone. Hal itulah yang menjadi masalah kecil pada mobil keluaran Toyota seharga hampir 1/2 miliar tersebut.

Tim Blackxperience.com, mencoba untuk menggali informasi bagaimana celah modifikasi di sektor audionya tersebut. Kami singgah ke Varia Motor yang berlokasi di ITC Fatmawati untuk menggali arah modifikasi audionya. Joko dari Varia Motor menganjurkan untuk mengganti menggunakan head unit. Dengan mengganti Pioneer AVH x595bt sudah bisa mirroring ke android dan iphone, khusus iphone dibantu dengan menggunakan alat mirroring khusus, Asuka Acast mirroring box. Head unit Pioneer AVH x595bt memiliki 16 band equalizer yang lebih kaya dari standarnya.

"Head unit Pioneer lebih mudah digunakan oleh kalangan awam dibandingkan brand lain seperti Kenwood. Kekurangannya masih membutuhkan dongle seperti Asuka Acast untuk memutar Youtube dan Iphone. HU Pioneer lebih bagus kualitas suaranya dan gampang di setting," tutur Joko dari Varia Motor.

Nah untuk sektor speaker yang masih mendem, dibutuhkan sebuah speaker depan menggunakan Morel Maxximo 2 speaker mid range, 2 tweeter dan 2 crossover yang mendukung pola two way. Instalasi crossover berfungsi untuk memecah suara twitter ke atas dan bass ke bawah melalui subwoofer aktif. Pola penginstalannya dengan main pasif, didukung head unit yang memiliki band equalizer sebanyak 16 parametrik.

https://assets.blackxperience.com/content/blackauto/automods/dsc05544.jpg

"Setingan audionya tetap standart, meski sudah diupgrade, jadi kalangan awam bisa mengfungsikan secara gamblang. Karena karakter musik yang berbeda, head unit ini telah dibekali memori yang mampu men-save tiap settingan aliran musik. User bisa mensetting sendiri setingan favoritnya agar sesuai dengan irama musiknya," jelas Joko dari Varia Motor, ITC Fatmawati.

Tidak mendukung untuk 3 way karena positioning yang sedikit merubah interior aslinya. Kemudian dengan tidak mengaktifkan speaker bawaan yang posisinya diatas, dengan pertimbangan tweeter dan vokal yang cenderung berisik tidak mendukung fungsional sourround yang terlalu dekat dengan telinga pengemudi. Jika tetap memfungsikan speaker atas akibantya suara menjadi acak-acakan.

"Untuk penikmat audio, kehadiran fitur speaker atas malah mengganggu disebabkan tidak adanya surround, jadinya saat kondisinya sudah diupgrade malah mengganggu. Karena tidak menggunakan processor dan power monoblock, jadi kita cukup bermain di two ways," jelas Joko yang menjelaskan brand Morel yang digunakan diproduksi di Inggris.

Kebutuhan bass juga bisa dimaksimalkan dengan menambahkan subwoofer aktif.  Pilihan menggunakan brand Soundstream. Penempatannya dibagasi belakang  di baris ke dua atau ketiga. "Kebutuhannya tetap mempertahankan interior standar tanpa memakan space yang banyak. Jadi dengan memanfaatkan kolong di bawah jok itu lebih minimalis. Overall dengan paket standart kualitas suara Voxy akan lebih bagus dari standar, antara vokal, bass dan treble bisa dibedakan jelas, dan staging yang lebih real," jelas Joko.

 Biaya yang dibutuhkan hanya membutuhkan budget Rp15 juta, dengan estimasi  pemasangan membutuhkan waktu 4-5 jam saja. Varia Motor yang beralamat ITC Fatmawati akan melayani instalasi pemasangan di Toyota Voxy.[Ahs/timBX]

Detail Spesifikasi 

Head Unit Pioneer AVH x595bt non processor 
Front Speaker Morel Maxximo Swiss
Asuka Acast Mirroring Box
Rear Speaker Morel Maxximo
Peredam Suara Aftermarket
Subwoofer aktif soundstream

Tags :

#
modifikasi,
#
modifikasi toyota voxy,
#
modifikasi audio,
#
varia motor