MENU
icon label
image label
blacklogo

Bikin Toyota Voxy Makin Sporty Dengan Setir Innova Build Up

NOV 21, 2018@15:00 WIB | 874 Views

Toyota Voxy  memang direspon cukup baik oleh market, maka pintu modifikasinya dipastikan terbuka lebar. Salah satunya disektor mesin yang telah menggunakan mesin 2000 cc, 4 silinder, dengan transmisi otomatis enam percepatan  serta power steering elektronik.  Di posisi depan terlihat fitur mewah minivan Toyota ini, karena kami menilainya sebagai baby Alphard yang sudah mendahului di segmen premium.

Lihat bagian konsol tengah yang dipenuhi dengan fitur pintar, menggabungkan panel control air conditioner, heater, dan lubang ventilasi, bersanding dengan panel shifter otomatis dan sebuah layar infotainment yang sudah lumayan canggih.  Tachometer gaya klasik yang dikemas dengan fitur modern, dan panel steer yang sudah terintegrasi dengan control volume dan smartphone yang siap terkoneksi pada head unitnya. Namun disisi kanan steer tidak kami dapati fitur control tambahan, alias dibiarkan kosong.

Auto Jurnal kali ini, kami mencoba untuk memanfaatkan peluang transmisi sequential dan hal tersebut menjadi peluang untuk tim Blackxperience.com untuk mencari peluang modifikasi setir yang lebih ciamik, dan tetap fungsional. Apalagi bila diintegrasikan dengan sebuah paddle shift yang fungsional, seperti halnya mobil lainnya. Dengan berkunjung ke Boby dari bengkel Specrareitem, yang berpusat di lantai 6 MGK Kemayoran.  

Kami coba mendiskusikan opportunity upgrade setir Toyota Voxy dengan Toyota Innova Reborn Build-Up atau Toyota Fortuner Build-Up, seperti yang ditawarkan Mohammad Bobby dari Specrareitem. Kedua setir build up tersebut telah diujicobakan diinstal ke Toyota Voxy dan semua tombol fiturnya berfungsi dengan baik.

“Toyota Voxy memang belum memiliki fitur paddle shift. Kemudian fitur MID ada hanya untuk audio steering, dan itu terbatas hanya volume up dan down. Bila dibandingkan dengan Toyota Innova Reborn versi build up, telah difungsikan untuk navigasi pada head unit, termasuk penerimaan telefon, volume up and down, ganti channel, mode, mute smartphone. Singkatnya, pada bagian kanan sudah memfungsikan audio steering pada head unit bawaan pabriknya,” buka Bobby kepada tim Blackxperience.com.

Jangan khawatir Black Pals, fitur cruise control yang sudah pada Toyota Voxy tetap berfungsi seperti bawaan pabrikan.  Termasuk modul air bag bawaan Toyota Voxy. “Kami telah berpengalaman untuk membongkar dan memasang setir lebih dari 5  unit setir yang kami pasang ke toyota Voxy dan itu berhasil. Modul air bag bisa dibuka dan dipasang kembali pada setir yang bakal dipasang,” cetus Bobby seraya menjelaskan kesamaan modul airbag antara Voxy, Fortuner dan Innova Reborn.

Berapa lama install sebuah setir upgrade? Bobby menjelaskan hanya membutuhkan waktu 1-2 jam saja. Selain itu, selama pemasangan tersebut, Bobby menjamin bahwa garansi mobil tidak hangus. Budget yang ditawarkan untuk upgrade setir dengan fitur tambahan paddle shift dan tombol navigasi head unit Toyota Voxy hanya Rp6-7 jutaan, untuk yang biasa. Sedangkan untuk finishing carbon bisa mencapai Rp8 jutaan. 

Bobby telah ikut menggeluti bisnis tersebut sejak tahun 2011.  Menurut Bobby, instalasi setir dengan paddle shift harus didukung oleh mobil yang memiliki transmisi sequential atau semi matic yang didukung ECU yang mendukung. “Tidak semua mobil dengan transmisi matic bisa menggunakan setir ber-paddle shift, contohnya seperti Mitsubishi Expander. Minimal kita perlu bongkar terlebih dahulu untuk melihat model transmisinya seperti fitur model D-M. Kita juga melihat apakah ada jalur khusus untuk memfungsikan  paddle shift ada atau tidak. Sedangkan ECU lebih mendukung untuk fitur cruise control,” tutup Bobby. [Ahs/timBX]

Tags :

#
toyota voxy,
#
auto jurnal,
#
paddle shift,
#
specrareitem,
#
toyota,
#
modifikasi