MENU
icon label
image label
blacklogo

New Toyota Voxy - Baby Alphard You Can Buy

NOV 15, 2018@17:18 WIB | 1,621 Views

Meski pun munculnya SUV dan crossover sebagai transportasi keluarga telah menjadi fenomena pada dekade ini, New Toyota Voxy sudah berada di jalur yang tepat untuk memenuhi atau melampaui total penjualan versi pendahulunya tahun lalu. Bahkan, meskipun image mereka bukan sebagai pemuas hasrat mengemudi, minivan seperti ini terus menarik ribuan pembeli mobil setiap tahunnya di Tanah Air.

Salah satu kunci popularitas New Toyota Voxy adalah rekam jejaknya yang sudah terbukti, belum lagi fakta bahwa saat ini dia adalah satu-satunya minivan kelas menengah dengan dual sunroof. Bahkan, baru-baru ini, saya menemani teman saat dia melakukan eksplorasi dadakan untuk "mobil baru apa berikutnya?"

Dia berakhir dengan memilih New Voxy, khususnya karena ia memiliki dua anak. Pintu geser kembar dan kabin yang luas juga membantunya mengangkut orang tuanya dengan mudah.

Apa yang tidak dimiliki Voxy - yang merupakan skor besar untuk dua rival utamanya, Nissan Serena dan Mazda Biante. Kursi baris kedua Voxy melipat ke depan atau keluar, tergantung pada ruang kargo yang dibutuhkan. Tetapi mereka berat untuk digeser, dan tidak menawarkan pergerakan yang sama seperti ditawarkan oleh duo Nissan dan Mazda.

Seperti yang telah kami sebutkan, untuk Voxy mendapatkan penyegaran all-out. Itu berarti Toyota telah menambahkan beberapa pernak-pernik dan fitur untuk memperbarui gaya, tetapi nyali potensi mesin transmisi, suspensi dan rem - belum berubah dari Nav1.

Sama seperti Nav1, Toyota Voxy pakai mesin 2.000 cc 4 silinder yang sudah dipasangi Valvematic. Kodenya 3ZR-FAE, dan berdasarkan data dari PT Toyota Astra Motor, mesin ini bisa menghasilkan 150 hp pada 6100 rpm dan torsi maksimal 193 Nm pada 3800 rpm. Semua dipasangkan dengan transmisi otomatis enam kecepatan dan power steering elektronik.

Selama saya berkendara dengan Voxy, konsumsi bahan bakar rata-rata dalam kota hanya berhasil mencapai angka 10 km untuk seliter Pertamax. Itu pun dengan mengaktifkan tombol Eco Mode-nya.

Namun demikian, kemudi elektroniknya tidak banyak yang saya bisa mainkan atau inputnya. Sejujurnya, ini terasa mati, terlepas dari fakta bahwa Toyota telah memperkuat struktur dasar Voxy yang baru. Untuk kreditnya, kabinnya sangat tenang dan perjalanannya sangat mulus, rasanya seperti mengemudi di atas awan.

Voxy memiliki banyak solusi penyimpanan yang baik, termasuk kotak konsol ganda, lantai yang datar dan rendah, dan pintu belakang lebar serta pintu samping geser yang membuat pemuatan objek besar menjadi mudah. Konfigurasi pintar bangku baris kedua ini mampu memberikan kelegaan yang ekstra luar biasa. Jok captain seat tersebut bisa disetel berjarak untuk memberikan akses bagi penumpang ke baris ketiga dan bisa diatur rapat dan dimundurkan hingga 30 cm kebelakang untuk memberikan keleluasaan bagi ruang kaki.

Sistem pemanasan dan pendinginan sekarang memiliki tiga zona, yang dikendalikan oleh tombol tunggal di dekat pengemudi. Meskipun panel instrumen dirancang dengan baik dan konsol tengah pintar  yang menggabungkan kontrol HVAC, shifter, dan layar infotainment, van ini tetap menjadi mobil pekerja keras. Kapasitas kargo yang ditawarkan, bisa menampung hingga 4 kopor ukuran besar. Saat hanya jok depan diduduki, saya bisa memasukkan 2 unit sepeda jika jok baris tiga dan dua dilipat.

Mobil ini sukses tampil cakep dan mewah. Sentuhan elegan dan dinamis, dapat dilihat pada desain Engine Hood sampai ke bagian bawah grille. Dipadu dengan desain Majestic Square pada lampu depan (head lamp), membuat tampilan All New Voxy terlihat mempesona dan harmoni. Mobil ini juga dilengkapi LED Clearance Lamp yang terpisah dengan lampu utama, serta Foglamp yang juga menggunakan teknologi LED seperti pada Alphard dan Vellfire.

Dari sisi samping, tampilan eksterior All New Voxy juga sangat menarik. Dalam tema Awe-Inspring Belt-Line, karakter garis window grafik All New Voxy mencuatkan garis yang sangat dinamis mengalir dari depan ke belakang sehingga semakin memperkuat karakter elegannya. All New Voxy juga menggunakan 16-inch Alloy Wheel dengan two-tone yang menggabungkan aksen inovasi dan kemewahan.

Mobil ini didatangkan dengan skema CBU Jepang, maka dari itu bannya pakai Toyo Proxes T1R. Harga bannya juga cukup mahal. Pelek 16 inci two-tone bawaan Voxy sebenarnya bagus, hanya saja kalau ukurannya naik jadi 17 atau 18 inci, rasanya akan lebih pas dengan bodi bongsornya.

Beranjak ke bagian belakang, Toyota Voxy sudah mengaplikasikan lampu rem LED, garnish chrome yang besar berhiaskan tulisan "VOXY" berwarna hitam. Sensor parkir tidak hanya ada di belakang, namun di depan juga ada, hanya saja kamera parkir terpasang di bagian belakang saja. Artinya, mobil ini belum mendukung All Around View seperti mobil lain yang kisaran harganya mirip.

Jadi, jika Anda telah menjadi bagian dari keluarga yang punya mobilitas tinggi, senang berkendara, gemar mengangkut banyak barang bawaan, jangan takut dengan label minivan yang diusungnya. New Toyota Voxy adalah pilihan yang sangat masuk akal dan aman. [bil/timBX]

Tags :

#
toyota voxy,
#
new toyota voxy

RELATED ARTICLE