MENU
icon label
image label
blacklogo

Kaleidoskop Mobil Terfavorit 2018 Versi Blackxperience

JAN 04, 2019@12:00 WIB | 114 Views

Pada 2018 kemarin merupakan salah satu tahun yang menarik dalam pasar mobil, baik di Tanah Air maupun di seluruh dunia. Pasar otomotif di Indonesia masih memiliki potensi yang sangar besar untuk berkembang. Desain yang menarik, teknologi yang mumpuni serta kabin yang luas menjadi alasan konsumen membelinya. Harga terjangkau belum tentu menjamin dia akan laris atau diminati masyarakat.

Ada banyak pula mobil baru yang diluncurkan, dan tim dari Blackxperience, turut mencoba sejumlah mobil anyar tersebut. Dari mulai mobil konvensional dan mewah, hingga SUV dan Sportscar. Berikut rangkuman ulasan 3 mobil-mobil terfavorit dari rubrik Autoreview kami di tahun 2018 lalu.

3. Peugeot 3008 GT Line

Di peringkat ke-3, ada pemain lama yang kembali. Peugeot punya reputasi menyiptakan mobil-mobil yang bagaikan langit dan bumi. Kebanyakan SUV tidak begitu menantang ketika dikemudikan. Tapi di sini ada pengecualian, Peugeot 3008 GT Line terbaru yang kami uji mendobrak segalanya dengan pakem macho sport design - SUV yang pantas.

Dimulai dengan eksterior menggugah selera, membuktikan kalau crossover tidak harus membosankan, dan sekaligus berkarakter sporti, fun-to-drive dan banyak fitur premium. Dia akan meninggalkan kesan pertama yang mendalam karena eksterior yang menyolok.

Mengimbangi tampilan eksterior mahalnya, interior 3008 GT Line terasa futuristik dan ergonomis. Kebanyakan anggota tim Blackxperience mengatakan bahwa suasana interior i-Cockpit nya seperti berada dalam sebuah simulator mengemudi. Mulai dari cara memegang setirnya yang mungil hingga tuas gearbox yang melandai.

Untuk saat ini, 3008 GT Line ini menangani segalanya lebih baik dari pendahulunya, punya banyak semangat di dalamnya dan menawarkan gimmick yang membuatnya enak dipakai sehari-hari. Tidak, 3008 bukanlah crossover atau SUV kompak paling menantang di Tanah Air, namun dia salah satu yang ternyaman.

Itu mungkin terdengar seperti pujian, tapi ini adalah kendaraan niche. Peugeot tidak akan menjual 3008 mereka begitu saja kali ini, tetapi konsumennya akan mendapatkan mobil yang memberikan sensasi mengemudi mobil masa depan setiap saat.

2. All New BMW X3

Biasanya kalau ada mobil baru, rasanya sama seperti yang dulu, meski hanya berbeda baju dan pernak-perniknya. Namun kali ini, hal tersebut tidak saya temui di BMW X3 generasi ketiga ini, karena DNA Serie 7 dan Serie 5 anyar telah mengalir dalam tubuhnya.

Jangan heran dia menganut kode bodi G (G01) yang serupa dengan kedua mobil tersebut. Menandainya bagaimana? Pertama Anda akan disuguhkan dengan kunci keyless model Display Key. Kedua sistem entertainment-nya juga sudah mengusung iDrive 6.0 dengan gesture control. Dan ketiga, ketika Anda membuka kap mesinnya, dia sudah mengadopsi mesin bensin terbaru berkode B48 dengan turbo ganda.

X3 terbaru ini bukan jip, atau hatchback, atau sebuah MPV atau station wagon. Sebaliknya, ini merupakan penggabungan dari semua ke-empat itu. Anda tidak duduk setinggi layaknya jip 4x4, yang artinya pusat gravitasi mobil lebih rendah dan biasanya menghadapi tikungan lebih baik.

Firasat saya mengatakan driving dynamics di X3 terbaru ini lebih dipikirkan ketimbang di X1. Pengendaraannya juga brilian. Melewati lubang atau jalanan rata, semuanya dapat diredam dengan baik. Dan, itu sangat, sangat, langka untuk sebuah SUV yang ‘sporty’ dan besar seperti ini.

Pengendaraannya memberi kesan kalau anda benar-benar mengendarai sebuah BMW. Ini karena orang-orang pintar di Munich memberi perhatian ekstra besar dalam soal noise, vibration dan harshness. Jadi, meski dia sudah rakitan lokal, 'quiet-ride' akan menjadi alasan pertama kenapa orang harus membeli mobil mewah, terutama pemilik SUV BMW yang ada sekarang.

1. New Toyota Voxy

Dan inilah peringkat pertama mobil favorit kami. Salah satu kunci popularitas New Toyota Voxy adalah rekam jejaknya yang sudah terbukti, belum lagi fakta bahwa saat ini dia adalah satu-satunya minivan kelas menengah dengan dual sunroof.

Meski pun munculnya SUV dan crossover sebagai transportasi keluarga telah menjadi fenomena pada dekade ini, New Toyota Voxy sudah berada di jalur yang tepat untuk memenuhi atau melampaui total penjualan versi pendahulunya tahun lalu. Bahkan, meskipun image mereka bukan sebagai pemuas hasrat mengemudi, minivan seperti ini terus menarik ribuan pembeli mobil setiap tahunnya di Tanah Air.

Mobil ini sukses tampil cakep dan mewah. Sentuhan elegan dan dinamis, dapat dilihat pada desain Engine Hood sampai ke bagian bawah grille. Dipadu dengan desain Majestic Square pada lampu depan (head lamp), membuat tampilan All New Voxy terlihat mempesona dan harmoni. Mobil ini juga dilengkapi LED Clearance Lamp yang terpisah dengan lampu utama, serta Foglamp yang juga menggunakan teknologi LED seperti pada Alphard dan Vellfire.

Dari sisi samping, tampilan eksterior All New Voxy juga sangat menarik. Dalam tema Awe-Inspring Belt-Line, karakter garis window grafik All New Voxy mencuatkan garis yang sangat dinamis mengalir dari depan ke belakang sehingga semakin memperkuat karakter elegannya.

Toyota telah memperkuat struktur dasar Voxy yang baru. Untuk nilai plusnya, kabinnya sangat tenang dan perjalanannya sangat mulus, rasanya seperti mengemudi di atas awan. Jadi, jika Anda telah menjadi bagian dari keluarga yang punya mobilitas tinggi, senang berkendara, gemar mengangkut banyak barang bawaan, jangan takut dengan label minivan yang diusungnya. New Toyota Voxy adalah pilihan yang sangat masuk akal dan aman. [bil/timBX]

Tags :

#
peugeot 3008 gt line,
#
all new bmw x3,
#
new toyota voxy