MENU
icon label
image label
blacklogo

Proses Dibalik Layar Bagaimana Sebuah Velg Karbon Dibuat?

AUG 09, 2019@19:00 WIB | 206 Views

BlackPals mungkin sudah pernah bagaimana sebuah velg mobil dibuat. Kali ini kami membeberkan beberapa proses pembuatan velg berbahan carbon fibre, dengan teknik one piece yang cukup inovatif.  Semua proses pembuatan ini dilakukan oleh Carbon Revolution (CR) sebuah brand Australia yang memasok velg karbon untuk mobil Ferrari. Sebelumnya pihak Ford menggunakan velg CR untuk Mustang Shelby GT350R.

Secara proses, design sebuah velg digambar melalui CAD drawing. Kemudian bahan carbon fibre yang masih dalam bentuk lembaran, dipotong sesuai bentuk dan kebutuhan. Kemudian diinjeksi dan ditekan hingga 20 ribu, merangkum 19,982 lembar carbon (filament per strad) mnenjadi satu bagian utuh, yang kemudian disebut sebagai one piece.

Setelah menjadi satu kesatuan, dilanjutkan menuju proses resin sample mengawinkan ribuan lapis yang telah dipress, agar tidak mudah pecah. Prototype velg kemudian diuji melalui dengan high pressure leak, alias mengukur tingkat kebocoran tiap lapisan dengan suhu 12 celcius dan tekanan angin 25 psi. Tujuannya adalah sebuah velg mampu melawan udara, menahan sekaligus mampu menahan beban selama penggunaan di jalan raya atau sirkuit sekalipun.

Sebenarnya telah sempurna pembuatan velg ini. Namun pihak CR masih melakukan CT Scan, dan mengukur toleransi setiap lekukan hingga 0,15 mm. Proses ini menunjukkan bahwa velg CR cukup presisi. Robot dan komputer bekerja memastikan ukuran velg sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan   yakni 4.2 mm x 5,5 mm x 8,1 mm dan dites melalui mesin presisi.

Velg kemudian dimasukkan pada mesin Curing,  dengan suhu open yang cukup tinggi, sebelum diberikan pelapisan. Orisinalitas velg dilakukan dengan menanam chip RFID agar bisa dilacak melalui komputer.  Velg kemudian ditimbang dan diuji putarannya, guna memverifikasi rasio kekuatan terhadap rasio berat hingga 4300 mpa. 

Sebelum packing, dilakukan pemeriksaan setiap velg, kemudian dipoles pada bagian akhir. Velg Carbon Revolution hanya 7,2 kg, dan itu cukup membantu supercar melaju dengan kecepatan tinggi, dan rasio kecepatan terbantu dengan bahan velg yang ringan. Perbandingan velg berbahan carbon fiber dan aluminium diangka 7-8 kg berbanding 14 kg, atau setengah lebih ringan dari bahan aluminium. [Ahs/timBX]

Tags :

#
velg karbon,
#
velg,
#
wheel,
#
carbon fiber,
#
carbon revolution,
#
velg supercar