MENU
icon label
image label
blacklogo

10 Buku Sejarah Terbaik yang Pernah atau Untuk Anda Baca (Part 2)

SEP 12, 2020@09:00 WIB | 154 Views

Sejarah adalah sesuatu yang berantakan, tetapi banyak diantaranya menjadi kenyataan yang tidak buruk dan tidak terlalu sulit diproses. Semakin banyak mengetahuinya, semakin banyak kekacauan yang masuk akal, baik dalam konteks historis maupun modern. Berikut 5 dari 10 buku sejarah hebat yang memberikan pengetahuan cemerlang.

6. 1491 oleh Charles C. Mann

Seperti yang kita semua pelajari di sekolah, Columbus mengarungi samudra biru pada tahun 1492. Tapi ada sejarah yang terjadi di Amerika sebelum tahun itu. Jika Anda ingin belajar tentang sejarah pra-Columbus, 1491: New Revelations of the Americas Before Columbus adalah tempat yang baik untuk memulai. Charles Mann mengungkapkan peradaban yang jauh lebih maju daripada kebanyakan. Ini adalah sebuah fakta yang disebabkan oleh pemusnahan komunitas yang hampir lengkap yang dihubungi oleh “penjelajah” Eropa pada abad ke-16. Dia menghidupkan ibu kota Aztec di Tenochtitlan, kota yang lebih besar daripada kota mana pun di Eropa pada saat orang Eropa mencapainya. Dia mengungkapkan masyarakat dengan organisasi yang kompleks dan kecakapan pertanian yang maju tetapi sama kerasnya dengan peradaban lainnya. Bacaannya padat, tapi bermanfaat.

7. 1776 oleh David McCullough

David McCullough, memberikan pengetahuan pada kita selama beberapa dekade. Seperti biasa dengan buku-bukunya, 1776 mengungkap hampir semua yang perlu Anda ketahui tentang subjeknya - dalam hal ini, kita berbicara tentang pembentukan Amerika Serikat, sebuah negara yang ditempa dalam api perang tetapi dibuat oleh cita-cita. Dalam halaman-halaman ini, Jenderal George Washington bukanlah sosok mistis, dia adalah darah dan daging, tetapi tidak kalah mengesankannya. Komandan Inggris, Sir William Howe juga bukan penjahat, tapi musuh yang tangguh. Tulisan McCullough berwibawa namun dapat dibaca.

Baca: 10 Buku Sejarah Terbaik yang Pernah atau Untuk Anda Baca (Part 1)

8. Battle Cry of Freedom oleh James McPherson

Penting bagi Anda untuk memperhatikan subjudul buku James McPherson, Battle Cry of Freedom: The Civil War Era. Untuk sementara buku tebal terkenal ini mencakup semua pertempuran besar dan menampilkan semua perwira utama di kedua sisi perang, itu juga menyebarkan politik secara lebih luas dalam tahun-tahun perang. Peristiwa-peristiwa yang mendahului pecahnya permusuhan pada tahun 1861, dan konsekuensi dari konflik paling mematikan di Amerika. Ini adalah salah satu sejarah volume tunggal terbaik yang pernah ditulis tentang Perang Saudara dan mungkin menjadi salah satu sejarah volume tunggal terbaik tentang topik apa pun dalam skala yang begitu besar.

9. The Guns of August oleh Barbara Tuchman

Bencana alam mengerikan yang dulunya dikenal sebagai Perang Besar, sekarang Perang Dunia I, meninggalkan bekas luka yang begitu dalam hingga hampir tidak bisa disembuhkan. Itu menghancurkan kekaisaran dan bangsa, merobek tanah, dan menyebabkan sekitar 17 juta orang tewas dan puluhan juta dengan luka-luka yang mengubah hidup mereka. Konyolnya itu terjadi. Untuk meliput keseluruhan perang, Anda perlu membaca beberapa buku. Tetapi untuk mendapatkan apresiasi tentang bagaimana dan mengapa konflik dimulai, Anda perlu membaca karya seminal Barbara Tuchman, The Guns of August. Judul tersebut mengacu pada Agustus 1914, bulan di mana permusuhan aktif dimulai.

10. The Liberation Trilogy oleh Rick Atkinson

Rick Atkinson tidak menulis buku tentang Perang Dunia II. Tetapi dia yang menulis seri tiga jilidnya, An Army at Dawn: The War in North Africa (1942-1943), The Day of the Battle: The War in Sicily and Italy (1943-1944), dan The Guns at Last Light: The War in Western Europe (1944-1945). Ketiga seri adalah sumber daya terbaik yang Anda butuhkan ketika berbicara tentang peran Amerika secara komprehensif dalam keseluruhan Western Theater WWII. Saat membaca buku-buku itu, sungguh mengejutkan untuk mengetahui pada awalnya betapa tidak siapnya Amerika untuk perang, dan menakjubkan betapa bagusnya mreka melancarkannya dalam waktu kurang dari setengah dekade. Sepanjang buku, Anda mengikuti para jenderal dan GI yang perlahan tapi pasti, memunculkan gelombang perubahan dari pertarungan defensif yang mengerikan melawan pasukan Axis menjadi kemenangan pasti dan total. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
buku sejarah terbaik,
#
rekomendasi buku,
#
buku recomended