MENU
icon label
image label
blacklogo

Berani Memimpin Lewat Buku Brene Brown, “Dare to Lead”

DEC 21, 2020@07:30 WIB | 215 Views

Sifat kepemiminan dibutuhkan dalam semua aspek kehidupan. Tidak harus memiliki level atau kekuasaan tertentu dalam organisasi atau perusahaan, tetapi Anda secara tidak langsung menjadi pemimpin, ketika mampu mengambil langkah berani menghadapi berbagai situasi.

Membantu Anda mengembangkan potensi kepemimpinan yang berani, buku Dare to Lead : Brave Work. Tough Conversations. Whole Hearts adalah pendukung yang tepat. Ini merupakan buku karya Brene Brown yang menuai banyak respon positif, sekaligus buku terlaris #1 sang penulis dari New York TImes, yang sangat membangkitkan, kuat, dan berani.

Brene Brown menulisnya berdasarkan penelitian baru yang dilakukan dengan para pemimpin, pembuat perubahan, dan pengubah budaya. Dalam tulisannya, dia menunjukkan kepada kita cara menerapkan ide-ide tersebut sehingga kita dapat maju dan memimpin.

Kepemimpinan bukanlah tentang gelar, status, dan kekuasaan atas orang. Pemimpin adalah orang yang menganggap dirinya bertanggung jawab untuk mengenali potensi dalam diri orang lain. Selain itu, pemimpin adalah sosok yang kaya ide dan memiliki kapabilitas untuk mengembangkan potensi itu. Ini adalah buku untuk semua orang yang siap memilih keberanian dan bergerak dari kenyamanan. Berani membuat perbedaan dan maju memimpin.

Kita tahu bahwa kekuatan pemimpin itu menjadi tidak terbatas ketika kita membagikannya, dan bekerja untuk menyelaraskan otoritas dan akuntabilitas. Kami tidak menghindari percakapan dan situasi yang sulit, justru mengandalkan kerentanan yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan yang baik. Menjadi pemimpin membutuhkan pengembangan keterampilan keberanian, yang secara unik bersifat manusiawi.

Brene Brown menghabiskan dua dekade terakir untuk meneliti emosi yang memberi makna pada hidup kita. Selama tujuh tahun terakhir, dia menemukan bahwa para pemimpin dalam organisasi mulai dari perusahaan rintisan wirausaha kecil, bisnis milik keluarga, nirlaba, organisasi sipil, dan perusahaan Fortune 50, menanyakan pertanyaan yang sama : “Bagaimana Anda memupuk pemimpin yang lebih berani dan lebih berani? Dan bagaimana Anda menanamkan nilai keberanian dalam budaya Anda?”

Dare to Lead : Brave Work. Tough Conversations. Whole Hearts hadir untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dan memberi strategi yang dapat ditindaklanjuti. Buku ini dilengkapi contoh nyata dari program pengembangan keberanian berbasis penelitian barunya.

Brene menulis, ‘salah satu temuan terpenting dalam karier saya adalah keberanian dapat diajarkan, dikembangkan, dan diukur. Keberanian adalah kumpulan empat rangkaian keterampilan yang didukung oleh dua puluh delapan perilaku’.

‘Yang dibutuhkan hanyalah komitmen untuk melakukan pekerjaan yang berani, melakukan percakapan yang sulit, dan muncul dengan sepenuh hati. Mudah? Tidak. Memilih keberanian daripada kenyamanan tidaklah mudah,’ lanjutnya.

Jadi, sudah siapkah Anda untuk mengukur keberanian dan bertranformasi menjadi sosok pemimpin yang berani? Ubah pola pikir Anda dan sadari bahwa pemimpin adalah mereka yang mau dibentuk. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
book dare to lead,
#
buku brene brown,
#
rekomendasi buku,
#
buku pilihan