MENU
icon label
image label
blacklogo

Ingin Laptop Awet? Jangan Lakukan Kebiasaan Ini (Bagian 2)

APR 30, 2019@11:03 WIB | 68 Views

Pada artikel yang lalu telah dikemukakan beberapa kebiasaan buruk yang membuat laptop mudah rusak atau tidak awet. Berikut kebiasaan-kebiasaan lainnya yang patut Blackpals hindari agar laptop Blackpals berumur panjang.

Menggunakan fasilitas ‘maintenance’ yang tidak perlu

Dulu, saat Windows XP populer, saat kapasitas hard disk terbatas sehingga kinerja komputer menjadi lambat, fasilitas ‘maintenance’ PC (PC cleaner) cukup membantu. Tapi saat ini, sebaiknya Blackpals tidak lagi menggunakannya, apalagi jika PC cleaner belum terbukti dapat peningkatan kecepatan kinerja laptop Blackpals. Manfaat yang digembar-gemborkan oleh  PC cleaner, sebagian besar hanya untuk membuat calon konsumen membeli produk mereka. Selain itu, beberapa fasilitas ‘maintenance’ PC sebenarnya bisa berbahaya. Besar kemungkinan terdapat malware di aplikasi tersebut. Selain itu, aplikasi PC cleaner menambah penggunaan memory laptop yang justru dapat membuat kinerja laptop lambat. Beberapa masalah fitur yang terdapat pada sistem operasi banyak yang disebabkan karena aplikasi maintenance PC.

Jika Blackpals merasa kinerja laptop lambat dan Blackpals merasa harus membersihkan hard drive, sebaiknya gunakan Disk Cleanup bawaan Windows. Jangan lupa juga hapus semua film, musik, dan file yang tidak Blackpals perlukan. Jika kinerja laptop Blackpals tetap lambat, cobalah hapus program startup atau setting ulang laptop Blackpals — jika belum juga berhasil, mungkin telah tiba saatnya Blackpals meng-upgrade perangkat keras Blackpals, seperti RAM atau harddisk.

Berselancar tanpa proteksi

Blackpals perlu melindungi laptop Blackpals dari malware. Saat ini, bahkan beberapa situs terinfeksi malware dan sangat besar kemungkinan malware itu akan menjangkiti laptop Blackpals, jika kebetulan Blackpals mengunjunginya. Berselancar tanpa proteksi, sangat berisiko. So, Blackpals perlu menggunakan antivirus di laptop Blackpals.

Saat ini Blackpals tak perlu terlalu khawatir karena fitur Windows Defender bawaan Microsoft sudah cukup baik untuk mendeteksi malware. Namun, jika Blackpals tetap khawatir dan ingin menggunakan proteksi yang ketat, Blackpals dapat memasang Malwarebytes Anti-Malware di laptop Blackpals. Menurut banyak pengalaman, antivirus yang satu ini mampu menangkap malware yang terlewatkan oleh Windows Defender. Blackpals dapat menggunakan versi gratisnya jika Blackpals hanya ingin scan virus sekali atau dua kali. Jika Blackpals merasa perlu, versi berbayarnya menyediakan fitur anti-exploit yang selalu memblokir situs-situs yang berpotensi berbahaya. Laptop Blackpals telah terproteksi dengan baik jika Blackpls menggunakan anti virus ini bersama dengan Windows Defender.

Jangan lupa juga selalu update perangkat lunak Anda, seperti Windows dan program yang Blackpals gunakan di laptop Blackpals. Gunakan pengelola kata sandi yang baik, dan kenali penipuan phishing.

Jaga laptop Blackpals dengan menjauhi kebiasaan-kebiasaan buruk di atas, agar laptop Blackpals awet.

[hsn/timBX]

Tags :

#
tips laptop awet,
#
black tips