MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Memilih Jam Tangan Berdasarkan Ukurannya

NOV 17, 2021@16:00 WIB | 121 Views

Terbagi untuk berbagai ukuran pergelangan tangan dengan ukuran tali dan diameter dial yang berbeda.

Saat memilih jam tangan, ukurannya menjadi salah satu hal penting untuk diperhatikan. Meski tidak ada aturan tetap untuk memilihnya, tetapi ada beberapa tips yang bisa menjadi pertimbangan BlackPals.

Ukuran jam tangan yang tepat akan nyaman dipakai, cukup ketat agar tidak bergerak-gerak di lengan, dan juga tidak sempit hingga menekan kulit. Beberapa sisi pertimbangan yang bisa diperhatikan antara lain ukuran case atau dial, lebar tali jam tangan, hingga desainnya. Berikut adalah penjelasan mendalamnya berdasarkan TheTrendSpotter.

Mengukur Pergelangan Tangan

Sebelum mulai memilih jam tangan, ada baiknya memastikan dulu ukuran pergelangan Anda. Mulai pergelangan yang kecil hingga tebal, jenis jam tangannya bisa berbeda-beda.

Misalnya bila pergelangan Anda kecil, dress watch adalah pilihan yang lebih cocok. Sedangkan untuk pergelangan yang tebal, memakai sports watch bisa lebih menambah gaya. Mengetahui ukuran pergelangan juga akan sangat membantu saat Anda memilih arloji saat berbelanja online.  

Berikut adalah cara mengukur pergelangan tangan:

1. Ambil meteran fleksibel seperti meteran kain atau kertas.

2. Lingkarkan di pergelangan tempat arloji biasa dipakai.

3. Bila Anda memakai kertas, tandai kertas tempat kedua ujungnya bertemu.

4. Lepas lagi kertasnya dan ukur dengan penggaris.

Bila pergelangan Anda berukuran antara 14-16 cm, artinya sangat kecil. Ukuran 16-17 cm adalah pergelangan yang kurus. Pergelangan ukuran 17-18 cm adalah ukuran pergelangan menengah. Sedangkan pergelangan yang lebih dari 18 cm adalah pergelangan yang tebal.

Tips Memilih Jam tangan Berdasarkan Ukuran Pergelangan

1. Ukuran pergelangan kecil

Bila Anda memiliki pergelangan yang sangat kurus dan kecil, proporsi jam tangan menjadi hal penting untuk diperhatikan. Jadi saat membeli, sebaiknya mencobakan beberapa jam tangan sekaligus dan bandingkan hasilnya di lengan Anda.

Hindari arloji yang terlalu besar dan gemuk karena akan terlihat aneh di lengan. Selain itu, jam tangan yang besar juga tidak akan nyaman dipakai dalam baju lengan panjang. Pilih desain yang kecil dan tipis. Ukuran diameter 38mm akan menjadi pilihan yang pas. Untuk desain, tipe dress watch yang elegan adalah pilihan yang cocok.

2. Ukuran pergelangan kurus

Seperti saran untuk ukuran pergelangan sebelumnya, jam tangan yang tipis juga cocok untuk pergelangan yang kurus. Diameter yang dipilih bisa lebih lebar, sekitar 40mm. Namun ketebalan case sebaiknya tidak lebih dari 8mm.

Ukuran yang lebih besar akan membuatnya terlalu jauh dari lengan dan terlihat gemuk serta tidak cocok. Tali jam tangan pun juga sebaiknya yang tipis, misalnya bahan kulit atau Milanese bracelet. Desain yang disarankan untuk ukuran pergelangan kurus adalah desain dial yang minimalis.

3. Ukuran pergelangan menengah

Untuk BlackPals dengan ukuran pergelangan menengah, artinya pilihan Anda lebih banyak. Karena berada di tengah-tengah spektrum, jam tangan yang dibuat pun ada banyak. Namun tetap ingat, hindari pilihan jam tangan yang terlalu kecil atau besar. Ukuran dial sekitar 42mm akan menjadi pilihan yang cocok.

Anda juga bisa bereksperimen dengan berbagai desain dan pilihan tali. Mulai dari jam tangan yang tebal dengan bracelet besi hingga jam tangan tipis dengan tali kulit. Jadi pilihlah jam tangan yang paling cocok dengan Anda.

4. Ukuran pergelangan tebal

Arloji yang tebal cocok untuk pergelangan yang tebal pula. Namun bukan berarti Anda bisa asal memilih jam tangan terbesar yang ada. Ukuran jam tangan 44-46mm bisa menjadi pilihan awal yang bagus karena proporsional dengan lengan Anda. Jangan lupa perhatikan ketebalan jam tangan.

Pilih juga desain yang Anda sukai. Biasanya sports watch akan menjadi pilihan banyak orang. Desain dial yang terlalu minimalis juga cenderung terlihat kosong. Dial dengan fitur yang banyak dan sejumlah sub-dial bisa terlihat lebih baik.

Itulah tadi tips-tips untuk memilih jam tangan berdasarkan ukuran pergelangan tangan. Selain memperhatikan ukuran, usahakan juga untuk mencobanya agar bisa melihat langsung apakah jam tangan terlihat cocok di lengan atau tidak. Selamat memilih! [eve/shf/timBX]

Tags :

#
jam tangan,
#
arloji,
#
tips,
#
black tips