MENU
icon label
image label
blacklogo

Ingin Menghapus Secara Massal Postingan Lama di Facebook? Bisa!

JUL 16, 2020@17:30 WIB | 156 Views

Pengin menyingkirkan semua posting yang memalukan di Facebook? Tenang, sekarang sudah ada cara praktisnya.

Jika kamu telah berada di Facebook untuk jangka waktu lama, kemungkinan kamu telah mengumpulkan banyak posting. Beberapa di antaranya mungkin kamu anggap bukan posting yang baik, dan sekarang kamu ingin menyembunyikannya dari calon atasan atau agar kamu lolos masuk perguruan tinggi, atau untuk meningkatkan keamanan pribadimu.

Awal Juni lalu, Facebook mengumumkan fitur penghapusan massal baru untuk aplikasi seluler yang disebutnya “Mengelola Aktivitas”, dan yang membuatnya lebih mudah untuk menyingkirkan semua posting sebelumnya. Idenya adalah bahwa saat ini kamu akan memiliki kemampuan untuk memilih beberapa atau semua posting dan menghapusnya sekaligus. Namun, jika kamu benar-benar ingin membersihkan simpanan Facebook, maka versi fitur ini akan menyisakan sesuatu yang kamu inginkan.

Cara Kerja

Penasaran? Beginilah cara kerjanya fitur itu:

# Pada halaman Profil kamu, ketuk pada tiga titik di samping "Add to Story"

# Pilih “Log Aktivitas”

# Sekarang kamu akan berada di halaman Log Aktivitas. Di bagian atas, ketuk tombol berlabel "Kelola Aktivitas"

# Kamu akan mendapatkan pop-up "Kelola Aktivitas"; lalu ketuk "Posting Anda"

# Sekarang kamu akan berada di halaman "Kelola Kiriman Anda". Di bagian atas halaman, ada tiga tombol: Filter, Archive, dan Trash.

# Tombol Filter memungkinkan kamu menyaring posting mana yang kamu pilih (dengan asumsi kamu tidak ingin menghapus semuanya). Selanjutnya, kamu dapat memilih berdasarkan Kategori (seperti pembaruan teks, foto dan video, atau posting dari aplikasi lain), Tanggal, atau Orang. Setelah memilih filter, kamu bisa klik setiap posting yang disaring. Setelah itu, klik Arsipkan atau Sampah di bagian bawah layar. Menurut Facebook, kamu akan dapat mengambil entri sampah apa pun selama 30 hari, setelah itu baru akan dihapus secara permanen.

# Selain itu, di bagian atas daftar, ada kotak centang; yang jika kamu mengetuk itu, itu akan memilih semua posting yang saat ini ada di daftarmu, sehingga kamu dapat menghapus semuanya sekaligus.

# Meski begitu, inilah tujuannya: Facebook hanya akan menghapus posting yang ada dalam daftar yang terlihat - dan itu hanya akan muncul saat kamu scroll ke bawah. Jadi, misalnya, kamu memiliki banyak posting Facebook yang ada foto di dalamnya, ketika kamu memfilter daftar untuk "Foto dan Video," maka kmu hanya dapat memilih posting hingga Mei 2016 - sejauh yang kamu gulirkan (scroll). Jika kamu memiliki postingan Facebook beberapa tahun dan ingin dihapus, maka akan banyak sekali scrolling - dan harus menunggu. (Di ponsel, aplikasi akan berhenti untuk menarik data lagi setelah setiap 10 posting.)

# Bagaimanapun juga setelah kamu memilih semua posting untuk dihapus, tekan tombol "Sampah" (atau tombol "Arsipkan” untuk yang ingin kamu simpan).

# Jika kamu benar-benar ingin menghancurkan semua posting, tetapi tiba-tiba berubah pikiran, maka pilih tombol "Trash" di bagian atas halaman untuk melihat semua posting yang akan kamu buang. Kemudian klik pada tiga titik di sebelah kanan untuk melihat entri, lalu mengembalikannya, mengarsipkannya, atau menghapusnya secara permanen.

Sangat mungkin bahwa ini hanyalah iterasi pertama dari fitur Manage Activity yang baru, dan pembaruan yang memberikan solusi lebih praktis di masa depan. Menurut Facebook, Manage Activities hanya akan tersedia di aplikasi seluler untuk saat ini. Nantinya juga akan muncul pada versi desktop. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
facebook,
#
black tips,
#
tips facebook