MENU
icon label
image label
blacklogo

Alasan Zuckerberg Munculkan Tombol Dislike di Facebook

SEP 22, 2015@15:18 WIB | 642 Views

Facebook akhirnya mengembangkan tombol dislike setelah sejak lama fitur tersebut diminta pengguna Facebook. Kenapa setelah 12 tahun, baru kali ini Facebook menciptakan tombol tersebut? Zuckerberg menjelaskan bahwa hal ini terjadi karena perubahan tren yang terjadi pada media sosial tersebut. Peminat Facebook kini adalah orang dewasa. 62 persen pengguna Facebook berumur 25 tahun ke atas.

Zuckerberg menganggap dengan jumlah pengguna dewasa yang makin mendominasi, sudah saatnya tombol dislike digunakan, karena orang dewasa lebih matang dan lebih bijak menggunakan tombol dislike. Ditakutkan, jika sejak awal Facebook mengeluarkan tombol dislike, saat Facebook didominasi pengguna 18-22 tahun, maka tombol tersebut bisa digunakan secara kurang bijak oleh para remaja. Tren pengguna Facebook kini memang lebih mengedepankan diskusi dan berbagi konten-konten serius seputar isu politik dan sosial.

Dirasa perlu untuk menghadirkan tombol dislike di Facebook saat ini, untuk mengakomodasi ekspresi komunikasi yang lebih baik lagi. Misalnya saja pada berita sedih, berita diskriminasi, berita kekerasan, dan ketidak adilan, tak baik jika kita mengekspresikannya dengan memberi like.

Tombol like merupakan ekspresi komunikasi digital yang cukup ikonik sejak era Facebook berjaya. Dengan hadirnya tombol dislike di Facebook, diharapkan ekspresi komunikasi virtual semakin berimbang, dan tombol dislike akan sama populernya seperti tombol like. [Lalu/timBX]

Tags :

#
Mark Zuckerberg
#
Facebook