MENU
icon label
image label
blacklogo

Kaleidoskop BX Modification Journal 2013

JAN 06, 2014@11:33 WIB | 1,404 Views

Hi Autolovers, Happy New Year 2014. Memasuki awal tahun 2014 ini, BX Modification Journal tidak menyajikan tema modifikasi dari sebuah bengkel. Melainkan sebagai hadiah tahun baru bagi para penggila modifikasi, BX Modification Journal hadir dengan edisi spesial. Kilas balik dari sejumlah bengkel modifikasi dengan karyanya yang cukup fantastis di tahun 2013 lalu.

Sepanjang tahun 2013 lalu, catatan modifikasi yang BX Modification Journal sajikan memiliki ragam karya terbaik dari bengkel-bengkel pilihan Redaksi. Kaleidoskop BX Modification Journal 2013 diawali dari roda dua dengan berbagai style modifikasi. Ada The Katros Garage, dengan karyanya Suzuki Thunder125 diubah menjadi motor bergaya tracker. Style yang lebih dikenal dengan istilah JAP style di Indonesia ini cukup banyak diminati di tahun 2013 lalu. Dan The Katros mejawab rasa penasaran para penggemar motor bergaya klasik tentang bagaimana proses modifikasinya.

Di kelas extreme ada dua nama bengkel yang mencatat kiprahnya di BX Modification Journal, yakni BMS dan Jail Auto Bodiworks. Dua bengkel yang memiliki pondasi hampir serupa, yaitu sama-sama bermain kaki-kaki moge ini turut meramaikan ragam modifikasi yang telah disajikan di tahun lalu. BMS bermain dengan Honda Tiger2000 yang dimodifikasi menjadi Honda CBR1000. Tentu dimensi frame dan bodi motor berkapasitas 200 CC berbeda jauh dengan 1000 CC. Sehingga diperlukan kecermatan dan ketelitian dalam mengubah dimensi motor untuk dapat "menggendong" kaki-kaki dan bodi motor 1000 CC tersebut.  Inilah salah satu alasan masuknya BMS menjadi salah satu bengkel yang layak masuk dalam Kaleidoskop BX Modification Journal 2013. Sementara Jail Auto Body Works bermain dengan konsep transgender. Honda CS1 habis dipreteli menjadi "motor laki" berwujud Honda CBR400. Perubahan frame guna menyesuaikan dimensi motor jelas menunut custom bracket untuk menempatkan bodi dan bagian kaki-kaki moge-nya.

Masih dari roda dua, bengkel yang satu ini ini tenar di kancah supermoto, yakni Caos Custom Bike. Bengkel besutan Lerry tersebut, ikut mengisi daftar sejumlah bengkel yang diliput BX Modification Journal 2013. Melalui Yamaha Scorpio, Lerry dan crew-nya mengubah tampilan sang Scorpio menjadi supermoto. Sejumlah aksi wheelie, stoppie, dan jump menjadi sajian penutup dari tema Scorpio Supermoto by Caos Custom Bike lalu.

Tak lengkap bila hanya roda dua saja. Dari roda empat tercatat ada style elegant, racing bahkan extreme. Bengkel modifikasi mobil yang menorehkan karyanya bergaya elegant ada LMNT Modification yang mewakili. Toyota Vellfire semakin kental tampil elegant dengan bodykit sporty berkat sejumlah ubahan mulai dari eksterior hingga ruang dalam kabinnya.

Bicara racing, Racetech Performance mengirimkan karyanya berupa Nissan Cefiro yang di-upgrade kilat untuk mengejar event balap di Pondok Cabe, kala itu. Bodi kembali diperbarui hingga mobil tampak lebih segar. Poin pekerjaan yang disuguhkan dalam tema tersebut berupa proses engine swap menggunakan mesin SR20 milik Nissan Silvia. Alasannya, karena bobot lebih ringan 100 kilogram ketimbang mesin Cefiro dan eksplorasi tenaga torsi juga lebih besar. Bahkan potensial tenaganya bisa meningkat antara 300 hingga 600 horsepower. Aksi drifting yang dilakukan oleh Lucky, sang owner mobil menjadi suguhan seru di tema Nissan Cefiro Drift by Racetech Performance di bulan Mei hingga Juni 2013 lalu.

Dua catatan kategori mobil modifikasi extreem datang dari dua bengkel "senior" di Tanah Air. Ada Tomi Airbrush, Jakarta dan Signal Kustom Built, Bandung. Tomi membuat karya dengan "bahan" Toyota Kijang Capsul double cabin menjadi bertampang Range Rover Evoque. Seluruh bodi dan frame di custom. Bentuk kotak frame depan Kijang harus dipapras guna mengejar desain bulet alias elips serupa Range Rover Evoque. Seluruh pekerjaan menuntut kreativitas tinggi hingga proses finishing yakni lis striping airbrush di bodi mobil tersebut.

Akhir tahun 2013 lalu, ada Behind Project Max-R by Signal Kustom Built. Ini "format beda" dari BX Modification Journal yang kami hadirkan di akhir tahun 2013 kemarin. Tak lagi menyajikan proses, melainkan dibalik pembuatan mobil Max-R yang pada Oktober lalu diluncurkan di ajang Final Battle ABT 2013. Jelas tergambar betapa rumitnya proses pembuatan mobil yang memiliki dimensi wheelbase 7,5 meter dengan total dari bumper depan ke belakang mencapai 10 meter. Dalam cuplikan video tersebut, terlihat detail seluruh proses penggarapan hingga finishing interior dan entertainment-nya. Autolovers, semoga edisi Kaleidoskop BX Modification Journal 2013 ini bermanfaat untuk menambah ide-ide modifikasi mobil dan motor bagi kalian semua setelah liburan panjang akhir tahun. Salam otomotif! [nus/timBX]

Tags :

#
BX Modification Journal
#
Mobil
#
Motor
#
Kaleidoskop
#
Elegant
#
Racing
#
Extreem
#
Vintage Style
#
Tracker
#
Transgender
#
Sport
#
Jap style
#
Honda
#
CBR400
#
CBR1000
#
Yamaha
#
Yamaha Scorpio
#
Toyota
#
Toyota Kijang
#
Max-R
#
Vellfire
#
Opel
#
Modifikasi