MENU
icon label
image label
blacklogo

Merasakan Sensasi Berkendara Dengan Sedan Legendaris Honda

OCT 05, 2012@15:00 WIB | 1,113 Views

Sejak diluncurkan pertama kali di Indonesia pada tahun 1996, Honda City langsung memikat hati masyarakat. Hingga kinipun imej yang ditawarkan sang sedan legendaris Honda tersebut telah melekat di hati para pemiliknya. Sejumlah pembaharuan terus dilakukan pihak Honda untuk menjadikan mobil ini tampil lebih segar dan tidak ketiggalan dalam hal penempatan teknologi. Versi terbaru dari Honda City telah meluncur akhir Mei lalu. Mengusung konsep "Expect Nothing Less", New Honda City hadir dengan tambahan aura kemewahan dan tentu saja jauh lebih nyaman.

Untuk melampiaskan rasa penasaran, tim blackxperience.com lantas meminjam satu unit New Honda City. Bagian pertama yang langsung menjadi fokus perhatian tim adalah sektor ekterior. New Honda City kini hadir dengan desain lebih menawan ditopang gari-garis pada body yang lebih tegas. Gril depan tampak sama seperti pendahulunya masih dihias krom seperti halnya pada tuas pintu. Bemper depan tampak lebih segar dengan desain baru, sementara pada bemper belakang baru sudah tertanam reflector. Melengkapi tampilan eksterior dibenamkalah satu set velg sporty ring 16 inci.

Masuk kebagian interior, sedan yang memiliki panjang sekitar 4.410 mm ini tampak begitu lapang. Hal tersebut terbukti dari bangku baris kedua yang memiliki ruang kaki cukup luas sehingga sangat nyaman untuk orang dengan tinggi badan sekitar 170 cm. Kenyamanan ruang kabin juga makin terasa berkat aplikasi jok berbalut bahan fabric yang mempunyai desain sporty sehingga membantu menjaga postur tubuh tetap nyaman dan tidak mudah lelah. Beralih ke dashboard, tampilannya cukup unik seperti tangga seakan menunjukkan ciri khas dari hampir semua model Honda. Didashboard juga, tertanam sebuah head unit lengkap dengan fitur pengatur suara dan didukung oleh speaker  berkualitas yang mampu memanjakan telinga. Untuk menambah kesan mewah, pada bagian kabin Honda juga turut menambahkan sentuhan krom pada handel pintu dalam, dan tuas pengatur AC.

Belum cukup sampai disitu, tim coba merasakan peforma dari mesin 1.5 liter i-VTEC yang sudah dikawinkan oleh transmisi otomatis 5 percepatan. Honda mengklaim tenaga yang bisa dihasilkan New Honda City mencapai 120 PS pada putaran 6.600 rpm dan mampu menghasilkan torsi 145 Nm pada putaran 4.800 rpm. Saat mulai berjalan, mesin mobil terdengar cukup halus ke dalam kabin namun, agak sedikit terganggu dengan suara ban pada saat mobil melaju dalam kecepatan cukup tinggi. Nah kebetulan transmisi New Honda City dilengkapi dengan modus sport yang diklaim bisa memberikan sensasi berkendara yang lebih bertenaga. Yups, benar saja ketika tuas transmisi kami pindahkan ke "S" laju kendaraan terasa semakin cepat, meski cukup disayangkan ketika penggunaan modus ini suara mesin sedikit lebih bising hingga masuk ke dalam kabin. Tak hanya pada bagian transmisi saja, sensasi berkendara yang sporty layaknya mengendarai mobil balap bisa dirasakan dimobil ini melalui Paddle Shift yang terletak tepat di belakang lingkar kemudi.

Lanjut kebagian lain tim tertarik untuk menguji gaya berkendara hemat bahan bakar yang ditawarkan New Honda City. Setelah dilakukan pengujian ternyata Lampu ECO sebagai petunjuk hemat bahan bakar akan menyala jika pengemudi menginjak pedal gas secara konstan artinya tetap tidak berubah, selain itu informasi konsumsi bahan bakar bisa dipantau melalui layar kecil di Multi Information LCD Display (MIL). Harga yang ditawarkan untuk satu unit New Honda City E A/T sekitar Rp. 286 juta. Dengan bandrol tersebut cukup disayangkan juka mobil ini tidak dilengkapi oleh fitur parking sensor, padahal beberapa mobil lain yang harganya dibawah 200 jutaan justru sudah dilengkapi dengan parking sensor.[san/timBX] 

Spesifikasi Honda New City E A/T

Mesin : 1.5 SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW + Torque Boost Resonator.
Power : 120 ps/6,600 rpm.
Torsi : 145 Nm/4,800 rpm.
Transmisi : 5 Speed.
Suspensi Depan/belakang : MacPherson sturt/H-Shape Torsion beam.
Rem depan/belakang : Ventilated Disc/Disc.
Ban dan velg : 185/55 R16.
P x L x T : 4.410 mm X 1.715 mm X 1.470 mm.
Fitur-fitur Liannya : New Stylish Chrome Front Grille, New Bold Front Bumper Design, New Elegant Rear Bumper Design with Reflector, Door Handle Full Chrome, Audio Double Din AM/FM Single Disc + USB Port + AUX Input + Made for iPod, New Seat Fabric Pattern, Multi Information LCD Display, Paddle Shift, New Exclusive Chrome Ventilation Adjuster & AC Knob, Dual SRS Airbag, ECO Lamp, ABS+EBD, 7 Cup Holder.

Tags :

#
bx closer look automotive
#
new honda city
#
honda