MENU
icon label
image label
blacklogo

New Honda Mobilio, Mode Baru Makin Gaya

JUN 20, 2019@13:00 WIB | 543 Views

Honda pertama kali meluncurkan Mobilio pada tahun 2013 lalu, dan langsung mendapatkan banyak perhatian, khususnya dari kalangan keluarga yang ingin memiliki mobil terbaru. Di tahun 2018 hingga tahun 2019, para kompetitornya mulai menunjukkan kendaraan MPV, baik terbaru maupun versi facelift, yang memiliki beberapa peningkatan. Nah, tak ingin kalah dengan pesaingnya, PT Honda Prospect Motor kini merilis Honda Mobilio terbaru, dengan beberapa peningkatan yang diberikan. Mengenai first impression kami, bisa dilihat di link ini.

Pada kesempatan ini, kami juga diperbolehkan mencoba unit terbaru dari MPV Honda ini selama hampir satu minggu. Kita lihat bagian luarnya dahulu BlackPals.

Nah, seperti di awal, ada beberapa perubahan yang terjadi, seperti warnanya. Untuk tipe tertinggi seperti RS CVT, memiliki dua warna atau dual tone yaitu hitam dan jingga yang dinamakan phoenix orange pearl oleh Honda. Di line up mobil Honda lainnya seperti Brio pun memakai warna ini di tipe tertingginya. Hm, apakah ini warna maskot Honda?

Pindah ke bagian fasia, bagian grillnya. Grill sama seperti model lama, dengan desain honeycomb. Fungsinya, agar arus angin yang masuk lebih besar untuk mendinginkan radiator. Lebih dari itu, yang kelihatan baru adalah head lampnya yang menggunakan projector headlamp dengan LED daytime running light. Sisanya di bagian depan, tetap sama seperti versi sebelumnya. Menariknya, lampu yang baru ini menarik perhatian jika dihidupkan di malam hari, menampilkan sisi “sexy” nya.

Bagian samping MPV ini juga sama seperti sebelumnya, namun velgnya berubah drastis menggunakan velg “Y” berukuran 15” Sporty Alloy Design, dengan Ban Dunlop 185/65. Baiknya, warna jingga yang di mix dengan warna velg berwarna krom dan hitam ini membuat kesan menarik, plus agresivitasnya.

Agar tidak tersentuh batas atas garasi, ternyata Honda Indonesia sudah mengganti antenna lama menjadi model shark fin, agar lebih kokoh dan tidak bergeser ketika tersentuh, dan sekilas terlihat lebih modern. Selain itu sedikit tampilan bagian belakang yang berubah adalah lampunya, yang sedikit gelap. Sedikit informasi, jika lampu belakang yang digunakan ini sengaja sedikit digelapkan agar ketika malam hari, lampu rem New Honda Mobilio tidak terlalu silau bagi pengendara belakang. Sentuhan yang tidak terlalu kelihatan, namun penting.

Masuk ke bagian dalam, kita akan menemukan beberapa list warna eksterior, yaitu jingga di bagian dashboardnya dan juga door trimnya. Selain itu, cluster meter pun sudah berubah, seperti aksen jingga, dan tripmeter serta fuelmeter yang sudah digital.

Selain itu yang baru di bagian dashboardnya adalah headunitnya yang sudah berubah, dengan ukuran 8 inci dan juga full touchscreen, bluetooth, hands free telephone, dan smartphone connection. Jadi, kalian tidak akan merasakan tombol apapun di head unitnya BlackPals.

Mengenai tenaga, mesin yang digunakan masih sama dengan pendahulunya, 1.5L SOHC 4 silinder segaris i-VTEC. Mesin ini pun terus membuat saya tercengang dengan hematnya kantong dibuatnya, lantaran bensin yang terserap sangat hemat, sekitar 17-19 km/liter. New Mobilio memang tetap menjadi mobil keluarga yang memiliki kelegaan, seperti head room dan leg roomnya yang luas.

Bagi kami, penambahan-penambahan yang terjadi di New Mobilio 2019 ini cukup menarik perhatian dari sisi penglihatan, ditambah harganya yang tidak berubah dari model lama. Namun, meskipun sudah mengalami facelift, nyatanya masih banyak kekurangan yang terdapat di mobil ini, seperti terletak pada interiornya.

Headunit sendiri tidak terlalu responsif ketika disentuh, namun untuk mengatur volume terbantu dengan tombol yang ada di setirnya. Selain itu, faceliftnya kurang terasa lantaran masih belum memiliki konsol box tengah, untuk tipe tertinggi ini. Kami suka dengan konsol tengah agar kabin depan tidak terasa terlalu kosong, plus bisa jadi tempat sandaran tangan. Sentuhan kecil, namun berguna sekali untuk hal ini. Setir juga belum dibalut kulit. Meskipun tidak masalah dengan bahan balutan setirnya sekarang, karena masih nyaman ketika dipegang.

Selain itu tipe tertinggi mobil ini belum memiliki pemanas kaca belakang, yang sangat berguna jika hujan lebat dan kaca belakang berembun. Untungnya juga, New Honda Mobilio RS CVT sudah memiliki kamera mundur yang besar dengan layarnya 8 inci, meskipun tidak memiliki sensor parkir.

Ada yang kepikiran dari kami untuk dua hal di mobil ini. Pertama, mobil MPV sekarang sudah memiliki fitur keyless, dan kedua colokan yang bagi anak zaman now itu sangat penting. Meskipun tidak memiliki sistem keyless, New Honda Mobilio memiliki kunci immobilizer. Selain itu, “colokan” yang biasanya ada di dalam mobil, hanya ada di bagian depan, untuk baris kedua dan ketiga tidak disediakan. Mungkin ada alasan tersendiri bagi Honda Indonesia untuk meniadakan “colokan listrik” ini.

Untuk rasa menyetir, kami sendiri masih merasakan seperti versi sebelumnya, dengan handling yang baik berkat VSC (Vehicle Stability Control), serta ketika menanjak lebih aman berkat HSA (Hill Start Assist), yang tidak dimiliki kompetitornya.

Oke BlackPals, demikian ulasan kami mengenai New Honda Mobilio 2019 ini. Untuk part kekurangannya, kalian bisa beli ke bengkel aftermarket langganan kalian yang menyediakan aftermarket yang proper buat MPV ini. Buat yang lebih penasaran akan mobil ini, kalian bisa langsung kunjungi diler Honda terdekat ya![prm/timBX]

Tags :

#
autoreview,
#
honda,
#
honda indonesia,
#
pt honda prospect motor,
#
new honda mobilio,
#
facelift,
#
warna baru,
#
mpv,
#
mobil keluarga