MENU
icon label
image label
blacklogo

All New Honda CBR1000RR SP – Fire Up Your Ride

NOV 01, 2018@14:00 WIB | 1,568 Views

Di kelas big bike premium PT Astra Honda Motor (AHM) punya Honda CBR1000RR SP. Motor ini merupakan generasi ke 12 dari motor sport legendaris Honda. Generasi baru Honda CBR1000RR SP ini merupakan penerus Honda CBR1000RR Fireblade yang dirilis pada 2014 lalu.

Secara garis besar, semua Honda CBR1000RR 2018 berubah total baik segi desain, mesin, chassis, dan suspensi. Honda meracik moge (motor gede) barunya ini dengan sistem aerodinamis sempurna dan tetap memperhatikan sisi ergonominya.

Nampak depan, Honda CBR1000RR SP terlihat gagah dengan desain Dual Keen Eyes pada headlight-nya. Lampu utama pada motor ini juga menggunakan proyektor LED. Selain itu, Honda juga menempatkan lampu sein pada kedua kaca spion Honda CBR1000RR SP yang akan membuatnya nampak stylish.

Desainer Honda rupanya ingin membentuk proporsi kompak yang padat serta fairing pada bagian atas dan tengah telah dikurangi ukurannya. Garis karakter yang menjorok ke depan melambangkan gaya agresif serta fokus pada fungsi mekanis, detail dan kualitas saat finishing.

Desain yang dimiliki juga sangat aerodinamis sehingga menjaga kestabilan berkendara saat kecepatan tinggi. Pada sirkuit balapan posisi pengendara terlindungi dari arus angin, sementara pada posisi berkendara normal tekanan udara terdistribusi merata pada bagian tubuh pengendara. Aksen atletis ditonjolkan pada bentuk cover tangki bensin dan dudukan motor.

Semakin sporty berkat penggunaan setang model jepit berjenis Under Yorke. Kesan sporty juga nampak pada spesifikasi Honda CBR1000RR SP di bagian buritan dengan model tail dan lampu belakang runcing dan minimalis.

All New Honda CBR1000RR Fireblade mempunyai mesin berkapasitas mesin 1.000cc terbaru ini memiliki desain yang lebih kompak, ergonomis, aerodinamis, dan bobot lebih ringan dibandingkan dengan model sebelumnya. Model ini juga dikembangkan dengan penyempurnaan power unit serta penyematan kontrol elektronik canggih.

Dengan konstruksi 4 cylinder segaris DOHC ,16 katup dengan begitu ia sanggup memuntahkan tenaga 178 HP di rpm 13.000, dengan torsi puncak 116 Nm pada rpm 11.000. Bore dan stroke tetap 76 x 55.1mm akan tetapi rasio kompresi naik menjadi 13:1. Mesin ini benar-benar diatur dengan sangat tinggi, crankshaft, valve train dan transmisi semuanya menggunakan spesifikasi material yang lebih baik dari model sebelumnya.

Piston memiliki dinding yang ketebalannya sudah dioptimalkan dan desain crown untuk menaikkan kompresi; permukaan dari piston-ring grooves juga telah disesuaikan untuk meningkatkan performa sealing dan efesiensi, Valve lift dan cam timing juga telah disesuaikan untuk rpm yang lebih tinggi dan performa mesin yang lebih baik.

Tiap Honda CBR1000RR Fireblade juga memiliki Power Selector yang dapat diakses melalui Riding Mode Select System (RMSS). Sistem ini menawarkan 5 level karakter output. Level 1 memberikan output puncak di keseluruhan 6 gigi; Level 2 output dikontrol di setiap gigi untuk mencapai bukaan gas yang halus pada akselerasi maupun deselerasi; Level 5 memiliki kontrol output terkuat untuk respon gas di tingkat sedang. Semua level memiliki respon gas yang sama pada bukaan pertama.

Mode riding (1) menggunakan Level 1 sebagai aturan utamanya. Mode (2) menggunakan Level 2 dan cocok untuk jalanan berkelok, sementara Mode (3) menggunakan Level 5 untuk keamanan maksimal. Aturan preferensi ini dapat dimasukkan kedalam USER 1 dan 2 interface yang akan memudahkan pengendara dalam memilih.

HSTC yang disematkan pada mode ini mengatur torsi mesin melalui dua metode sensor. Pertama dengan menggunakan sensor kecepatan roda untuk mengukur kecepatan roda depan dan belakang. Sensor kedua menggunakan penghitungan sudut putaran mesin untuk mengatur torsi mesin, menjaga traksi roda belakang di level yang dibutuhkan. Sembilan level intervensi (plus off) ditawarkan oleh HSTC sesuai dengan preferensi pengendara.

Terdapat juga sistem Selectable Engine Brake (SEB) yang dapat mengatur karakter pengereman mesin sesuai dengan preferensi pengendara dengan rentang kondisi yang beragam, Level 1 menawarkan gaya pengereman paling tinggi dan Level 3 paling rendah. Pada settingan awal Mode 1, 2, dan 3 menggunakan pengaturan yang direkomendasikan, akan tetapi melalui USER 1 dan 2 pengendara dapat melakukan penyetelan lebih secara tersendiri.

Bertugas sebagai penyalur sisa pembakaran dalam mesin, dipercayakan knalpot berbahan titanium irregular cross-section yang 2.8kg lebih ringan dan meminimalkan perubahan pusat gravitasi; knalpot ini juga menghasilkan suara khas saat melakukan bukaan gas. Knalpot ini dikembangkan khusus dari supplier knalpot dari tim Repsol Honda MotoGP dan menghasilkan desain 4-2-1 double-skinned downpipes yang mengagumkan.

Honda CBR1000RR Fireblade hadir dengan 2 tipe atau varian yakni Honda CBR1000RR STD dan Honda CBR1000RR SP,perbedaannya ialah kalau Honda CBR1000RR SP memiliki performa yang lebih buas dan juga dijejali dengan fitur fitur lebih advance seperti Suspensi Ohlins, rem Brembo, Quickshifter, Downshift Assist, dan tangki bensin berbahan titanium yang membuat varian SP lebih ringan 1 kg.

Menariknya lagi, superbike ini memiliki peranti Suspension Control Unit (SCU) mengumpulkan informasi terkait kecepatan roda, rpm mesin, input pengereman serta sudut throttle dari FI-ECU serta memberikan kompresi optimal dan gaya peredam selama berkendara normal, akselerasi keras, pengereman dan cornering, tergantung pada mode suspensi yang dipilih oleh pengendara.

Untuk model Honda CBR1000RR Fireblade menggunakan caliper rem depan Tokico four-piston opposed radial terbaru yang sangat keras, lebih ringan 150 gr dan dapat digunakan tanpa hanger pins. Sementara untuk Honda CBR1000RR Fireblade SP menggunakan Brembo four-piston monoblok radial mount. Keduanya menggunakan bantalan rem pengembangan terbaru dengan mu tinggi. Velg yang digunakan berbahan alumunium memiliki desain berbentuk lima Y. Ukuran ban depan 120/70 R17 dan ban belakang 190/50 R17. [bil/timBX]

Spesifikasi All New Honda CBR1000RR SP

  • Dimensi           2.080 mm x 720 mm x 1.141 mm
  • Sumbu roda     1.410 mm
  • Mesin              16-Valve, DOHC Inline 4-Cylinder
  • Kapasitas         999.8 cc
  • Tenaga             178 HP/12,250 rpm
  • Torsi                114 Nm/10,500 rpm
  • Transmisi         6-speed w/ Quick Shifter
  • Berat               210 kg
  • Suspensi          Telescopic Inverted Fork with an Inner Tube Diameter of 43 mm and a NIX30 (OHLINS) Front Fork with Preload & Unit Pro-Kink with Gas-Charged TTX36 (OHLINS) Damper (depan & belakang)
  • Ban                  120/70 – ZR17 & 190/70 – ZR17 (depan & belakang)
  • Harga              Rp 575,250,000

Tags :

#
all new honda cbr1000rr,
#
honda,
#
honda big bike,
#
cbr1000rr sp