MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips: Pentingnya Pemeriksaan Berkala pada Ban

MAR 12, 2017@14:00 WIB | 1,774 Views

Ban bisa dibilang merupakan komponen terpenting yang melekat pada kendaraan Anda. Bagaimana tidak? Ban merupakan satu-satunya yang menghubungkan kendaraan Anda dengan jalanan. Oleh karena itu sangat penting untuk rutin memeriksa kondisi ban sebelum bepergian.

Hal yang bisa Anda lakukan sendiri adalah:

  • Pemeriksaan tekanan angin

Pastikan tekanan angin pada ban sesuai dengan kondisi muatan. Anda dapat melihat rekomendasi tekanan angin dari pabrikan yang berada di pilar dekat pintu pengemudi.

Pemeriksaan ini harus dilakukan dalam kondisi ban dingin, ban dalam kondisi panas akan menghasilkan angka yang berbeda. Anda disarankan untuk mengecek tekanan angin setidaknya sebulan sekali. Jangan lupa untuk mengecek tekanan ban pada ban cadangan, dan tekanan pada ban cadangan harus di atas tekanan standarnya.

  • Pemeriksaan benda asing

Ban seringkali dihinggapi oleh benda asing, seperti bebatuan, paku, dan benda asing lainnya yang berpotensi merusak kondisi ban.

  • Perhatikan kondisi fisik ban

Jika ban menunjukkan kerusakan fisik yang jelas. Sebaiknya Anda membawa mobil ke toko ban terdekat dan menggantinya dengan ban baru. Dan jangan lupa juga untuk mengecek tingkat keausan pada ban mobil.

[aag/timBX]

Tags :

#
tips,
#
autotips,
#
tips ban,
#
blackauto