MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Ubah HU Standar IONIQ 5 Jadi Carplay

MAY 31, 2024@18:00 WIB | 407 Views

Kebutuhan akan Head Unit yang bisa akses via smartphone menjamur. Bahkan ada juga yang berani ubah Head Unit jadi siap pakai buat Android Auto atau Apple Carplay. Namun, Head Unit pada mobil listrik seperti IONIQ 5 sendiri. Sistem mereka sudah terintegrasi jadi satu dengan mobil. Alhasil, apabila ganti HU bisa saja malah mengganggu operasional mobil listrik tersebut. 

Lantas, solusi-nya apa dan cocoknya pakai apa ini? Tenang saja, banyak sekali pilihan menarik buat konsumen yang mengubah Head Unit mobil listrik seperti IONIQ 5 jadi Carplay. Modalnya, cuma Dongle saja lho! Kok bisa bermodalkan dongle harganya cuma Rp900 ribuan saja? 

Jadi, bermodalkan dongle ini biasanya tidak mengubah sistem HU itu sendiri. Malah membantu transmisi sistem hiburan di mobil listrik kalian. Apa saja produknya? Simak dulu deh beberapa pilihan menarik untuk kalian BlackPals. 

Ada Dongle Wireless dan SmartBox 

Keduanya memang punya keunggulan masing-masing. Namun, keduanya bisa jadi solusi buat masalah akses dari handphone jadi wireless seperti Carplay maupun Android Auto. Kalau Dongle Wireless sendiri bentukannya seperti dongle pada umumnya. 

Ada yang gunakan kabel untuk pasang langsung ke USB dan ada juga tanam langsung di dalam dashboard mobil. Mereka pun ada kekurangan dan kelebihan tersendiri. Sebenarnya tergantung kebutuhan serta harga juga. 

Kalau Dongle Wireless seperti Carlinkit sendiri memang tergolong mudah untuk pemasangannya. Hanya tinggal colok dan lakukan penyesuaian sedikit. Sudah bisa gunakan untuk ubah HU mobil listrik kalian jadi Carplay atau Android Auto. 

Sebenarnya mencari dongle seperti ini agak waspada, terutama dongle wireless sendiri saja. Sedangkan Smartbox sendiri bisa mengubah HU jadi Android Auto dan Carplay dengan catatan sudah tersedia slot untuk Carplay dan Android Auto. 

Gunakan Smartbox bawaan dari Mobil 

Sebenarnya sih banyak sekali dongle bawaan HU dari ATPM. Biasanya ini tersedia sekali di beberapa ecommerce dan harganya pun juga sedikit sama. Tidak ada ubahan sama sekali, justru menambah fitur dengan harga yang affordable. 

Untuk harga sendiri, Dongle Wireless Android Auto/Apple Carplay sendiri harganya mulai dar Rp800 ribu sampai Rp1,5 Jutaan saja. 

Tags :

#
ioniq 5,
#
carplay,
#
android auto

X