MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Mengendarai Mobil Ketika Hujan

MAR 06, 2018@17:00 WIB | 304 Views

Musim hujan tidak selamanya menjengkelkan bagi pengendara mobil. Biasanya pengendara yang hanya tahu cara memakai kendaraan namun tidak tahu perawatan, justru akan jengkel dengan hujan yang sering muncul jika ia akan berkendara dengan mobil kesayangannya. Untuk itu, ada beberapa tips yang wajib anda lakukan sebelum berkendara ditengah guyuran hujan.

Pertama, cek mengenai kondisi wiper mobil. Biasanya, kondisi wiper yang keras dan kaku jika dipegang, justru akan membuat goresan pada kaca mobil dan sapuan wiper terhadap air berkurang, sehingga membuat kaca kabus jika menggunakan wiper yang usang tersebut. Maka dari itu, perlu menggunakan wiper baru.

Kedua, pengemudi wajib mengecek kondisi rem. Biasanya, jika hujan lebat dan jalan menjadi licin atau tergenang, mobil membutuhkan kondisi rem yang baik, yang memiliki daya cengkram yang bagus. Lebih baik cek kondisi kampas rem, dan minyak rem apabila terjadi kebocoran atau level tangki minyak yang sudah rendah.

Ketiga, perhatikan kondisi kaca depan juga tidak luput dari pantauan. Biasanya, bagi yang sering memakai sabun untuk membersihkan kaca depan, dapat menyebabkan jamur, sehingga menyebabkan visibilitas rendah. Oleh karena itu sebaiknya bersihkan kaca depan yang menjamur, dan ganti tangki air wiper dengan air biasa tanpa campuran apapun, sehingga tidak merusak kaca depan dan tidak menyebabkan lumut yang mengendap di selang wiper.[pram/timBX]

Tags :

#
auto tips,
#
hujan,
#
berkendara mobil