MENU
icon label
image label
blacklogo

Dilanda Hujan Deras Saat Mudik? Lakukan 5 Hal Ini Agar Selamat Dalam Berkendara

APR 22, 2023@12:00 WIB | 1,196 Views

Halo Blackpals, pastinya dari kalian ada yang sudah sampai di kampung halaman atau bahkan baru berencana mudik di beberapa hari kedepan. So khususnya mudik naik mobil terkadang cuaca tiba-tiba bisa berubah, hujan deras misalnya.

Turun ujan terkadang memberikan potensi kecelakaan lebih besar. Baik hujan ringan atau hujan deras yang disertai angin kencang, membuat jalanan basah yang pada akhirnya membuat grip ban jadi berkurang. 

Mengemudi dalam kondisi hujan juga mengurangi jarak pandang. Berkurangnya jarak pandang ini bisa berakibat pada kejadian yang tidak diinginkan.

Dengan musim hujan yang diprediksi akan terus mengguyur Indonesia sampai akhir tahun, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengendarai mobil saat sedang hujan:

1. Atur kecepatan hindari ngebut

Kemudikan mobil sepelan mungkin selama hujan. Ini membantu untuk menghindari hydroplaning, selip, dan lain-lain. Waktu yang paling berbahaya adalah pada saat hujan mulai turun karena menyebabkan minyak yang tumpah di jalan naik ke permukaan. Ini membuat seluruh kondisi jalan licin dan dengan demikian, meningkatkan kemungkinan kecelakaan.

2. Nyalakan lampu depan

Jarak pandang menjadi tantangan serius saat hujan. Menyalakan lampu depan saat hujan membantu meningkatkan visibilitas. Selain itu, jangan hidupkan lampu hazard pada saat hujan karena dapat membahayakan pengemudi mobil yang berada di belakang. Hal mengenai lampu hazard ini sudah tertuang dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

3. Jaga jarak dengan kendaraan di depan

Selama hujan, ada baiknya jaga jarak aman kendaraan yang dikendarai dengan kendaraan yang berada di depan. Pasalnya, risiko tabrakan meningkat saat hujan karena jalanan licin, jarak pandang yang berkurang, bahkan rem basah. Dengan lebih banyak ruang di antara kendaraan, risiko terjadinya tabrakan dengan kendaraan di depan dapat dikurangi.

4. Hindari genangan air

Risiko hydroplaning meningkat saat berkendara melewati genangan air. Ini meningkatkan kemungkinan selip dan mobil akan kehilangan traksi. Sebisa mungkin, hindari genangan air atau bila terpaksa, kemudikan mobil dengan pelan ketika melewati genangan air.

5. Matikan fitur Cruise Control

Cruise control adalah fitur luar biasa untuk digunakan dalam kondisi kering, tetapi meningkatkan risiko kehilangan kendali atas mobil dalam kondisi jalanan basah.

Dengan aktifnya fitur cruise control, mobil akan tetap melaju meski kaki sudah tidak menginjak pedal gas. Mematikan fitur ini membuat pengemudi mengontrol penuh kendaraannya dan dengan demikian akan membantu memaksimalkan keselamatan. [Aziz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
mudik,
#
mudik 2023,
#
hujan,
#
berkendara,
#
mobil,
#
hujan deras

X